Setelah sempat digelar di Amerika untuk edisi 2020, ZOZO CHAMPIONSHIP 2021 akan kembali ke Jepang.

PGA TOUR dan ZOZO Inc. secara resmi mengumumkan bahwa ZOZO CHAMPIONSHIP 2021 akan diselenggarakan pada 21-24 Oktober di Accordia Golf Narashino Country Club, di Chiba, Jepang.

Meskipun baru akan memasuki tahun penyelenggaraan ketiga, ajang ini sudah memberikan panggung bersejarah. Edisi perdana yang digelar tahun 2019 lalu menjadikan ajang ini sebagai turnamen resmi PGA TOUR pertama di Jepang. Kala itu Tiger Woods memastikan kemenangan tiga stroke atas Hideki Matsuyama untuk menyamai rekor 82 kemenangan yang selama bertahun-tahun dipegang oleh Sam Snead.

Tahun lalu ajang ini terpaksa dimainkan di Sherwood Country Club, di Thousand Oaks, California lantaran pandemi COVID-19 tidak memungkinkan ajang ini dimainkan di Jepang. Edisi kedua ini berhasil menjadi milik Patrick Cantlay, yang meraih kemenangan satu stroke atas Jon Rahm dan Justin Thomas. Gelar ini sekaligus menjadi kemenangan pertama dari empat gelar yang ia menangkan untuk musim 2020-2021, yang sekaligus membantunya menjuarai FedExCup.

”Setelah memindahkan ZOZO CHAMPIONSHIP ke AS tahun lalu, kami bersemangat untuk kembali ke Jepang pada bulan Oktober mendatang. Keputusan ini sangat tepat karena dianggap sempurna dengan pertumbuhan golf yang terus berlanjut dan meningkatnya partisipasi di Jepang setelah kemenangan bersejarah Hideki Matsuyama pada Masters Tournament bulan April,” ujar Executive Vice President PGA TOUR International Ty Votaw.

”Dengan tulus kami berterima kasih kepda ZOZO untuk kemitraan luar biasa dengan PGA TOUR dan untuk komitmen dan dedikasinya yang begitu kuat untuk sekali lagi menggelar ajang ini di Jepang. PGA TOUR juga ingin mengapresiasi pemerintah Jepang untuk panduan mereka dalam memungkinkan ZOZO CHAMPIONSHIP bisa digelar di Jepang lagi.”

 

Tiger Woods saat menjuarai ZOZO CHAMPIONSHIP 2019.
Tiger Woods menyamai rekor Sam Snead saat menjuarai gelaran perdana ZOZO CHAMPIONSHIP tahun 2019. Foto: Getty Images.

 

Penyelenggara turnamen bakal terus bekerja sama secara intensif bersama pemerintah Jepang dalam hal protokol kesehatan, keamanan, dan pencegahan sehingga para pegolf bisa melakukan perjalanan ke Jepang dan bersaing pada ajang ini. Seluruh aspek turnamen, termasuk keputusan apakah para penonton bisa diperbolehkan hadir di lapangan masih akan terus dipelajari mengikuti konsultasi dengan pemerintah Jepang, prefektur dan pemerintah kota setempat.

”Kami merasa terhormat bisa mengumumkan bahwa kami akan segera menyambut bintang-bintang PGA TOUR kembali ke Jepang dan kami yakin turnamen kami ini akan sekali lagi menampilkan golf kelas dunia. Kami ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kota Inzai, Prefektur Chiba, dan seluruh pihak terkait untuk kerja sama mereka. Kami yakin misi kami untuk menghadirkan kegembiraan dan harapan kepada para atlet dan penggemar dengan memberikan manajemen turnamen yang memperhatikan keselamatan dan keamanan agar mereka bisa benar-benar menikmati ajang ini. Sebagai sponsor utama jangka panjang untuk ajang PGA TOUR, ZOZO CHAMPIONSHIP, yang prestisius kami akan terus menyebarkan kekuatan olahraga golf, yang dicintai oleh lintas generasi, gender, dan kebangsaan, sekaligus bekerja memperkenalkan filosofi perusahaan kami, yaitu ’Menginspirasi dunia. Memberikan sukacita tiap hari’,” ujar Presiden/CEO ZOZO Inc. Kotaro Sawada.

ZOZO CHAMPIONSHIP tahun ini akan menawarkan total hadiah uang senilai US$9,95 juta. Sebanyak 78 peserta akan tampil, termasuk para pemain terkemuka dari FedExCup 2020-2021, para pegolf dari Japan Golf Tour Organization, pemain teratas pada Bridgestone Open, dan undangan-undangan sponsor. Turnamen ini sendiri bakal disiarkan ke 216 negara dan wilayah di seluruh dunia. TV Asahi akan menyiarkannya secara langsung di Jepang melalui kanal BS dan CS mereka selama empat putaran. Adapun GOLFTV powered by PGA TOUR akan menyiarkannya khusus pada platform digital. Dan, seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagian dari hasil pemasukan dari turnamen ini akan disumbangkan untuk kegiatan amal.

Sebagai ajang resmi FedExCup, sang pemenang bakal berhak mendapatkan 500 poin FedExCup dan berhak menyandang keanggotaan penuh PGA TOUR hingga musim 2023-2024. Ajang ini juga akan sekali lagi digelar bersama Japan Golf Tour Organization.