Zhang Xinjun mempertahankan jarak dua stroke dari pimpinan klasemen pada ajang 3M Open.

Bintang golf asal China Zhang Xinjun melanjutkan performa solid hari pertama pada ajang 3M Open dengan membukukan skor 4-under 67.

Zhang, yang mengaku menikmati layout di lapangan TPC Twin Cities, kembali mencatatkan hasil yang solid pada hari kedua kemarin (24/7). Bermain dari hole pertama, Zhang memulai putaran keduanya dengan meyakinkan. Ia langsung mencatatkan birdie setelah putting-nya dari jarak 20 kaki (sekitar 6 meter) berhasil ia masukkan.

Ia sempat mendapat bogey di hole 3 par 4. Di hole ini pukulan approach-nya berakhir di bunker, sebelum kemudian ia terpaksa melakukan dua putt.

Namun, catatan bogey ini tidak menyurutkan irama permainannya. Bahkan bogey tersebut menjadi satu-satunya bogey yang ia peroleh pada hari kedua ini. Ia terus mempertahankan performanya dan berhasil mencatatkan tiga birdie di sembilan hole terakhirnya.

Zhang tampaknya berpeluang untuk menciptakan tren positif. Usai finis T10 pada ajang Memorial Tournament presented by Nationwide pekan lalu, pegolf asal Sanxi, China ini melakoni debut yang sangat positif pada ajang 3M Open.

”Saya sangat menyukai lapangan ini,” ujar Zhang. ”Lapangan ini cocok dengan permainan saya. Ada banyak hole di mana saya bisa memotong atau melakukan pukulan fade, dan persis seperti itulah pukulan saya belakangan ini, jadi benar-benar cocok dengan permainan saya. Saya sangat menyukainya.”

 

 

Skor solid pada hari kedua sekaligus menghapus kenangan buruk ketika ia sempat menjadi salah satu pimpinan klasemen pada ajang Zurich Classic of New Orleans, tapi kemudian harus gagal lolos cut setelah permainan hari keduanya berbanding terbalik dengan hari pertama.

Sejauh ini, finis terbaik Zhang ialah T4 pada ajang Houston Open bulan Oktober 2019 lalu. Dan kini ia mulai membuka peluang untuk menjadi pegolf China pertama yang menjuarai ajang PGA TOUR.

Melihat peringkatnya pada klasemen FedExCup, di mana Zhang kini berada di peringkat 64, ia juga dipastikan menjadi pegolf China Daratan pertama yang akan mengikuti FedExCup Playoff, ketika THE NORTHERN TRUST diadakan pada bulan Agustus.

Apakah Zhang masih akan memperlihatkan akurasi permainan seperti dalam dua hari pertama akan menjadi sesuatu yang menarik untuk kita nantikan, khususnya dalam dua putaran terakhir.

Sementara itu, tiga pegolf Asia lainnya juga mencatatkan hasil yang positif pada putaran kedua ini. Bahkan mereka berhasil memperbaiki catatan permainannya. Juara PLAYERS 2017 Kim Siwoo, yang sempat bermain dengan skor 71 pada hari pertama, menutup hari kedua dengan skor 6-under 65. Adapun K.J. Choi menorehkan skor 67 setelah sebelumnya bermain 71. Adapun bintang golf India Arjun Atwal bangkit dari catatan skor 73 dengan membukukan skor 4-under 67.

Duo Amerika Michael Thompson dan pimpinan klasemen hari pertama Richy Werenski kini menempati posisi teratas. Keduanya mengumpulkan skor total 12-under 130 setelah masing-masing mencatatkan skor 66 dan 67.