Zhang Xinjun mengulangi putaran solid yang ia mainkan dua tahun silam pada ajang Corales Puntacana Resort & Club Championship.

Delapan birdie dengan hanya dua bogey membawa Zhang Xinjun berjarak hanya satu stroke dari empat pemain yang memimpin klasemen sementara pada ajang Corales Puntacana Resort & Club Championship.

Zhang jelas masih membawa momentum yang ia ciptakan ketika finis T14 pada ajang perdananya musim 2020-2021 ini. Dua pekan silam, pada ajang Safeway Open di Silverado, California, Zhang menampilkan permainan terbaiknya selama mengikuti turnamen awal musim pada kancah PGA TOUR.

Musim lalu menjadi musim terbaiknya selama bermain pada PGA TOUR. Ia berhasil menembus FedExCup Playoff dan menjadi pegolf China Daratan pertama yang melakukannya. Meskipun perjalanannya hanya terhenti pada turnamen pertama FedExCup Playoff, yaitu THE NORTHERN TRUST, Zhang mengakhiri musim 2019-2020 itu dengan finis di peringkat 78 pada klasemen akhir FedExCup.

Absen dari dua ajang Playoff terakhir, BMW Championship dan TOUR Championship, pegolf berusia 33 tahun ini tampaknya berhasil membangun permainannya dalam jeda dua pekan tersebut dan membukukan skor 15-under 273 pada Safeway Open dua pekan lalu.

Permainan gemilang kembali ia tampilkan ketika memainkan turnamen keduanya musim ini. Meski sempat mendapat bogey di hole keduanya, Zhang mencatatkan skor 2-under di sembilan hole pertama, yang ia mainkan dari hole 10, sebelum kemudian menorehkan lima birdie, plus satu bogey di sembilan hole terakhir, termasuk tiga birdie berturut-turut di tiga hole terakhirnya.

 

 

Keberadaannya di Corales Golf Club pekan ini memang bukan yang pertama kalinya. Namun, dari penampilan perdananya dua tahun silam, Zhang mencatatkan 5 besar pertamanya pada ajang PGA TOUR lewat turnamen ini. Uniknya, kala itu ia pun memainkan putaran pertama dengan skor 6-under 66.

Zhang kini menempati peringkat 5 bersama pegolf Amerika Joseph Bramlett dengan kuartet Sepp Straka dari Austria dan trio Amerika, Scott Harrington, Hudson Swafford, dan Tyler McCumber yang memimpin klasemen dengan skor 7-under 65.

Sementara itu, pegolf India, Anirban Lahiri, juga memulai turnamen pekan ini dengan cukup solid. Ia mencatatkan skor 3-under 69 dengan kartu skor yang lebih berwarna. Lahiri menunjukkan kemampuannya untuk bangkit setelah mendapat double par di hole 2 par 3 dan bogey di hole 3 dengan mencatatkan eagle di hole 4. Meski terpaksa mengakhiri sembilan hole pertamanya dengan 1-over setelah menambah dua birdie dan satu bogey, Lahiri menutup putaran pertama ini dengan empat birdie untuk memastikan catatan positif yang menempatkannya di peringkat T29.

Satu-satunya wakil Asia Tenggara pada ajang ini, Kiradech Aphibarnrat, berjarak satu stroke dari Lahiri setelah menorehkan lima birdie dengan dua bogey. Skor 3-under 69 itu menempatkannya di posisi T46.

Wakil Asia lainnya, Bae Sangmoon dan C.T. Pan mengawali turnamen ini dengan skor 1-under 71. Adapun Kim Joohyung harus puas bermain even par 72. Arjun Atwal, yang bermain bersama Lahiri membukukan skor 1-over 73. Terakhir Lee Kyounghoon harus puas dengan skor 74.