Zhang Xinjun mempertahankan posisinya di jajaran atas, sementara Anirban Lahiri mencatatkan satu dari dua skor terendah putaran ketiga.

Zhang Xinjun masih mempertahankan penampilan memukaunya di Corales Golf Course pada putaran ketiga Corales Puntacana Resort & Club Championship. Tujuh birdie yang ia bukukan membantunya menorehkan skor 4-under 68 untuk mempertahankan persaingan meraih gelar PGA TOUR pertama dalam kariernya.

Pegolf berusia 33 tahun ini akan memainkan putaran final hari ini dengan berjarak empat stroke di belakang pimpinan klasemen saat ini, Adam Long. Long sendiri membukukan skor 64 untuk mengambil alih puncak klasemen dari Hudson Swafford. Namun, putaran ketiga ini juga menjadi putaran yang sangat positif bagi para penggemar golf Asia lantaran Anirban Lahiri juga menyamai skor Long tersebut, yang otomatis melambungkan posisinya ke peringkat T7, enam stroke di belakang sang pimpinan klasemen.

Zhang melanjutkan momentum yang ia ciptakan setelah menciptakan sejarah pada PGA TOUR musim 2019-2020. Kala itu ia menjadi pegolf China Daratan pertama yang bermain dalam ajang FedExCup Playoff untuk kemudian finis di peringkat 78 pada klasemen akhir. Sepanjang musim lalu ia berhasil tiga kali masuk sepuluh besar dan empat kali masuk 25 besar. Mantan petugas keamanan kini menatap gelar PGA TOUR pertamanya.

 

 

”Saya berada dalam posisi yang sangat baik untuk putaran final besok (hari ini), saya berada dalam posisi bersaing,” ujar Zhang.

Zhang, yang telah mengoleksi dua gelar pada kancah Korn Ferry Tour tahun 2019 ini mencatatkan 11 pukulan ke fairway dan 11 green in regulation, sekaligus menjadi kolektor birdie terbanyak selama tiga putaran dengan membukukan 20 birdie. Zhang sendiri mencatatkan hasil terbaik pertamanya pada ajang PGA TOUR lewat turnamen ini ketika pada tahun 2018 finis di peringkat T5. Ia kemudian memperbaiki prestasi terbaiknya dengan finis T4 pada ajang Houston Open 2019.

Sementara itu, Lahiri menikmati keberhasilannya menembus jajaran sepuluh besar menuju putaran final hari ini. Ia memang menampilkan perjuangan yang luar biasa sejak hari pertama. Sempat bermain double par dan bogey dalam tiga hole pertamanya, Lahiri berhasil bangkit dan mencatatkan skor 69 pada hari pertama. Setelah bermain even par 72 pada putaran kedua, ia akhirnya tampil luar biasa dengan skor 8-under 64. Dan kini ia menjadi yang terbaik untuk kategori Putts per Green in Regulation.

”Luar biasa, rasanya menyenangkan, terutama karena kartu skor saya kali ini bersih (dari bogey). Saya melakukan beberapa kesalahan konyol dalam dua hari pertama dan saya tak melakukan keputusan yang tepat dengan permaina iron dan wedge saya. Kemarin saya kembali berlatih, mengobrol dengan pelatih saya (Vijay Divecha), dan kembali ke hal-hal mendasar sehingga hari ini saya merasa lebih nyaman. Begitu melakukan beberapa pukulan yang bagus, rasanya lebih mudah untuk mendapat irama yang baik. Saya senang bisa mendapatkan peluang, peluang dari luar bagaimana pun itu, dan saya bisa main bagus. Jadi, rasanya saya bisa berbangga dengan permainan saya,” tutur Lahiri.

 

Anirban Lahiri mencatatkan salah satu skor terendah pada putaran ketiga Corales Puntacana Resort & Club Championship dan kini menempati peringkat T7 menuju putaran final. Foto: Getty Images.

 

Skor 64 kali ini menjadi skor terendah bagi Lahiri setelah sempat mencatatkan skor 9-under 61 pada putaran kedua A Military Tribute at The Greenbrier 2018. Kini ia berpeluang untuk meraih sepuluh besar pertamanya sejak mencatatkan prestasi serupa pada Mayakoba Golf Classic di Meksiko tahun 2018 lalu.

Bagaimana Wakil Asia Lainnya?
Hasil positif juga didapatkan oleh remaja sensasional Kim Joohyung. Setelah bermain 72 dan 69 pada dua hari pertama, Kim mencatatkan 4-under 68 dan memperbaiki peringkatnya ke posisi T24 setelah membukukan enam birdie dan dua bogey pada putaran ketiga.

Adapun Arjun Atwal, yang bermain bersama Lahiri dalam dua putaran pertama, ikut memperbaiki peringkatnya. Pada hari ketiga itu, Atwal mencatatkan enam birdie dengan tiga bogey untuk mencatatkan skor total 6-under 210. Ia akan memulai hari terakhir dari peringkat T36.

Sayangnya, hasil positif serupa tak dialami tiga wakil Asia lainnya. Pegolf China Taipei C.T. Pan membukukan skor 1-over 73, sedangkan pemegang dua gelar PGA TOUR Bae Sangmoon mencatatkan 3-over 75. Dengan skor total 2-under 214, keduanya sama-sama menempati peringkat T65. Adapun satu-satunya wakil Asia Tenggara di Corales Golf Course pekan ini, Kiradech Aphibarnrat harus berada di posisi 74 setelah bermain dengan skor 77.