Zach Johnson menerima Payne Stewart Award presented by Southern Company berkat karakter, sportivitas, dan dedikasinya kepada sesama.

Setiap tahun PGA TOUR selalu memberikan penghargaan Payne Stewart Award presented by Southern Company kepada pegolf profesional yang mencerminkan nilai-nilai karakter, sportivitas, dan semangat kedermawanan. Tahun ini pemenang dua gelar Major Zach Johnson bakal menerima penghargaan yang rencananya akan diberikan pada 2 September 2020 mendatang bersamaan pada pekan penyelenggaraan TOUR Championship.

Almarhum Payne Stewart merupakan pemegang 11 gelar PGA TOUR dan anggota World Golf Hall of Fame, yang meninggal 21 tahun lalu pada pekan TOUR Championship 1999. Kala itu Southern Company, yang juga menjadi Official Energy Company pada PGA TOUR dan PGA TOUR Champions, ikut mensponsori ajang pamungkas tutup musim pada tahun kepergian Stewart.

Setahun kemudian, PGA TOUR menciptakan Payne Stewart Award untuk menghormati nilai-nilai yang selama ini dijunjung oleh almarhum. Southern Company pun mendukung penghargaan tahunan ini sejak edisi pertama.

Johnson memang tidak pernah berkesempatan bertemu Stewart. Namun, keduanya terkoneksi dengan baik di lapangan golf, terutama di atas green. Johnson menggunakan putter SeeMore FGP yang sama dengan yang digunakan Stewart ketika menjuarai U.S. Open 1999. Dan Johnson memainkannya untuk meraih seluruh 12 kemenangan PGA TOUR, termasuk ketika ia menjuarai The Open Championship 2015 di St. Andrews.

”Saya tak pernah bertemu Payne, tapi saya menyukai dia. Saya suka melihat permainannya, terutama sebagai seorang pesaing, jugga bagaimana ia menjalani kehidupannya di luar lapangan, ia benar-benar menjadi sosok anutan. Saya ingat mengikuti TOUR Championship dan seremoni Payne Stewart Award pada tahun debut saya dan berpikir, ’Inilah puncak karier seorang pegolf PGA TOUR!’ Semua itu terkait dengan bagaimana menggunakan semua bakat yang Anda peroleh, dan saya tahu Payne menjalani hidupnya seperti itu,” tutur Johnson.

 


Johnson, yang mendapat pemberitahuan ini secara langsung dari Monahan dan Keluarga Stewart—Tracey Stewart yang adalah istri Payne Stewart, serta kedua anaknya, Chelsea dan Aaron, terlihat kaget dan emosional mendapat kabar ini.

”Saya merasa sangat bersyukur dan terhormat. Saya sebenarnya tidak terlalu suka mendapat sorotan, tapi setidaknya dalam hal ini saya bisa mengambil bagian kecil dalam warisannya.”

Komisioner PGA TOUR Jay Monahan menjelaskan, terpilihnya Johnson untuk menerima penghargaan pada tahun ini menjadi bentuk bukti dampak yang telah diberikan oleh Stewart terhadap para pegolf masa kini, yang bahkan belum sempat bertemu secara pribadi dengannya.

”Zach mungkin akan menyebut dirinya sebagai pria biasa dari Cedar Rapids, Iowa. Tapi sebenarnya ia memiliki kisah yang paling menarik pada PGA TOUR dalam 25 tahun terakhir. Ia menjadi pemain gurem yang tak kenal takut, yang berjuang dan meraih sukses dalam kariernya lewat kerja keras dan dedikasinya sendiri,” jelas Monahan.

”Di luar lapangan, komitmennya untuk kegiatan sosial melalui yayasannya telah memberikan dampak di Cedar Rapids dan seluruh Iowa, di mana ia dianggap pahlawan di negara bagian tersebut. PGA TOUR sangat bersemangat untuk mencantumkan namanya ke dalam daftar penerima penghargaan, sebagai bagian dari duta besar golf yang terkemuka.”