Bermain 5-under di empat hole terakhir melambungkan Yuka Yasuda ke puncak klasemen Women’s Amateur Asia-Pacific.

Pegolf favorit tuan rumah Yuka Yasuda mengambil alih posisi teratas berkat permainan fenomenal di empat hole penutupnya pada hari ketiga Women’s Amateur Asia-Pacific (WAAP) hari ini (27/4). Masih bermain dalam kondisi lapangan yang kurang lebih sama dengan putaran kedua, sekali lagi pegolf berusia 18 tahun ini menampilkan permainan yang sangat dibutuhkan untuk bersaing menjelang putaran final besok.

Kemarin Yasuda mencatatkan skor terbaik setelah membukukan skor 74, justru ketika rata-rata skor para pemain ada di kisaran 84. Ia masih melanjutkan tren untuk tampil maksimal dalam sebuah kejuaraan besar. Tahun lalu, selain finis di tempat kelima pada ajang WAAP ini, ia juga finis T2 bersama No.1 dunia amatir Jennifer Kupcho pada World Amateur Team Championship. Ia juga finis T3 pada Augusta National Women’s Amateur awal April in.

“Saya sangat puas dengan putaran hari ini. Hari ini angin masih berembus dan membuat sangat sulit untuk melakukan semua pukulan. Tapi saya masih bisa berkonsentrasi,” ujar Yasuda, yang saat ini berstatus No.13 dunia.

“Ini bakal menjadi kali pertama bagi saya memimpin dalam sebuah turnamen menuju putaran final, jadi saya sangat bersemangat menghadapi hari esok Saya akan melakukan yang terbaik dan berusaha menikmati seluruh pengalaman ini.”

Meski masih berpeluang mempertahankan gelarnya, Atthaya Thitikul berniat untuk hanya fokus pada permainannya untuk putaran final besok (28/4). Foto: R&A.

Pegolf asal Kobe ini sempat mendapat bogey di hole 14, tapi kemudian mendapat birdie di hole 8 dan 12. Setelah mendapat bogey keduanya di hole 14, ia mendapatkan momentum istimewa. Birdie di hole 15 ia lanjutkan dengan eagle di hole 16, dan kemudian menutup putaran ketiga dengan dua birdie di dua hole tersisa.

“Saya sebenarnya kecewa dengan bogey di hole 14 itu sehingga berkata pada diri sendiri untuk mendapat par di tiap hole tersisa karena hole-hole itu sulit. Tapi pukulan tee saya malah bagus di hole 15 dan 16 yang kemudian membantu saya mendapat birdie dan eagle,” jelas Yasuda lagi.

Dengan skor total 4-under 212, Yasuda memiliki keunggulan dua stroke dari juara bertahan Atthaya Thitikul asal Thailand dan Hong Yae-eun dari Korea.

Thitikul sendiri masih memiliki peluang untuk mempertahankan gelarnya, meskipun hari ini ia tampaknya bakal mengalami hari yang berat lagi. Ia memang mendapat hanya satu bogey di 12 hole yang ia mainkan, tapi tak satu birdie pun menghampiri sampai akhirnya mendapatkannya di hole 13 dan 16. Meskipun demikian, ia masih menilai permainannya kali ini masih terbilang bagus.

“Saya bisa tetap sabar di lapangan dan menunggu hole par 5 di sembilan hole terakhir untuk mendapat birdie,” ujar pegolf No.9 dunia ini.

“Besok saya hanya ingin berfokus pada permainan saya. Besok adalah masa depan dan saya tidak bisa memprediksinya. Yang bisa saya lakukan hanyalah memainkan permainan saya dan menikmatinya.”

Hong Yae-eun kini berbagi tempat kedua dengan Atthaya Thitikul dengan torehan 2-under 214. Foto: R&A.

Sementara itu, Hong mengawali putaran ketiga ini dengan mendapatkan bogey akibat melakukan tiga putt. Ia mengaku gugup memainkan hole pertama tersebut.

“Hari ini merupakan hari yang berat. Di hole pertama, saya begitu gugup sehingga meleset melakukan putt. Lalu permainan iron saya juga tidak bagus. Masih oke, karena saya juga mendapat banyak par hari ini,” ujar pegolf No.89 dunia ini.

Skor terbaik hari ini dibukukan oleh pegolf 16 tahun asal Australia Grace Kim. Ia berhasil bermain 6-under 66, sekaligus menempatkannya di peringkat T7. Peluangnya pun masih tetap terbuka untuk menjuarai turnamen ini.

“Kondisinya berbeda jauh. Kemarin benar-benar gila dan saya pikir belum pernah saya begitu kedinginan selama saya bermain golf. Hari ini agak lebih mudah. Saya masih harus mempertimbangkan angin, meskipun tidak separah kemarin, terutama karena kemarin selain ada angin, ada hujan juga. Saya mengevaluasi apa yang keliru dan apa yang mestinya bisa saya lakukan dengan lebih baik pada hari ini dan ternyata langkah ini manjur,” ujarnya.

Besok grup terakhir akan terdiri dari Yasuda, Thitikul, dan Hong. Mereka akan memulai persaingan babak akhir pada pukul 10:13 atau pukul 12:13 WIB.

Leave a comment