Pertahankan performa solid, Carl Yuan kian mendekati impian PGA TOUR dan Olimpiade.

Pegolf China Carl Yuan mengambil langkah besar dalam mencapai dua target besar dalam kariernya, menyusul finis di tempat kedua pada ajang Korn Ferry Tour hari Minggu (10/9) lalu. Prestasi tersebut merupakan yang ketiga kali baginya musim ini.

Pegolf berusia 24 tahun itu menunjukkan perjuangannya untuk mencapai finis T2 pada ajang Simmons Bank Open for the Snedeker Foundation, menyusul skor 1-under 71 dan skor total 13-under 275, tiga stroke di belakang sang juara, Austin Smotherman.

Prestasinya pekan itu menjadi finis sepuluh besar kelima baginya pada musim 2020-2021, yang sekaligus melambungkan posisinya dari peringkat 41 ke posisi 25 pada klasemen peraih poin. Jika berhasil mempertahankan posisi di jajaran 25 besar pada akhir Musim Reguler bulan Agustus nanti, ia bisa dipastikan meraih kartu PGA TOUR.

Selain itu, hasil meyakinkan kali ini membawanya ke peringkat 295 pada Official World Golf Ranking, yang menempatkannya persis di luar 60 besar dari klasemen kualifikasi golf pria untuk ajang Olimpiade Tokyo bulan Juli 2021 mendatang.

”Berpeluang untuk bersaing pada Olimpiade tentunya sangat berarti buat saya. Salah satu target saya tahun ini ialah bermain pada Olimpiade dan mewakili China.”

Pada putaran final tersebut, Yuan menampilkan perjuangan luar biasa, di tengah dua kali penundaan akibat cuaca buruk dan hujan. Bahkan ia berpeluang meraih kemenangan kalau saja tidak mendapatkan bogey di hole 16 dan 17, sebelum akhirnya bangkit dengan birdie di hole terakhir.

”Saya merasa berada dalam kondisi yang bagus ketika memulai pekan ini lantaran sudah bermain solid dalam beberapa turnamen. Memang saya merasa sedikit kesulitan karena kondisi cuaca, tapi masih bisa menjaga kesabaran. Agak kecewa juga sih, tapi secara keseluruhan saya cukup puas. Saya pikir saya bermain bagus meskipun sayangnya tidak menang,” tutur pegolf yang bernama asli Yuan Yechun ini.

Dengan 12 turnamen tersisa pada Musim Reguler Korn Ferry Tour, peluang Yuan untuk menjadi pegolf China daratan ketiga yang bermain pada PGA TOUR jelas masih sangat terbuka. Selain itu, mewakili China dalam ajang Olimpiade juga sudah menjadi sesuatu yang ia impikan sejak kecil. Dan ia sadar jika bisa beberapa kali lagi meraih hasil yang bagus sebelum kualifikasi berakhir bulan Juni nanti, ia bisa mewujudkan impiannya.

”Performa saya beberapa pekan terakhir telah memberi peluang untuk mendapatkan kartu PGA TOUR. Saya memiliki dorongan lain dan lebih percaya diri untuk ajang-ajang berikutnya,” tutur pegolf asal Dalian, yang berkuliah pada University of Washington, sebelum beralih profesional ini.

”Berpeluang untuk bersaing pada Olimpiade tentunya sangat berarti buat saya. Salah satu target saya tahun ini ialah bermain pada Olimpiade dan mewakili China. Saya perlu main bagus dalam pekan-pekan ke depan untuk mencapai target ini.”

”Saya menuai hasil dari latihan pada musim dingin, dan akan berusaha bermain lebih baik lagi.”

Yuan menyebut latihan kerasnya pada jeda musim ini menjadi faktor yang membantunya. Salah satunya termasuk latihan mental yang memberinya serangkaian hasil bagus, yang kini telah memberinya dua kali finis di sepuluh besar dan tiga kali mencapai 20 besar dalam tujuh turnamen yang ia ikuti.

”Saya menuai hasil dari latihan pada musim dingin, dan akan berusaha bermain lebih baik lagi. Meskipun kondisi cuaca tidak bagus, saya masih bisa tetap sabar. Dan dengan dua penundaan, kami hampir tidak bisa menyelesaikan turnamen ini. Dalam kondisi sulit seperti itu saya masih bisa mengamankan beberapa par dan mendapat birdie di hole terakhir,” sambungnya lagi.

Sementara itu, Marty Dou, rekan senegaranya, harus puas berada di peringkat T37 setelah membukukan skor 285. Pada putaran final itu ia bermain dengan skor 70. Meskipun posisinya jauh dari Yuan, toh ia masih bisa memperbaiki peringkatnya pada ranking Korn Ferry Tour dan beranjak satu posisi ke peringkat 33, sekaligus mulai membuka peluangnya untuk kembali ke PGA TOUR, setelah bermain pada musim 2018. Zhang Xinjun masih menjadi satu-satunya pegolf China Daratan yang bermain pada PGA TOUR.

Satu pegolf China lainnya, Bobby Bai, menuntaskan Simmons Bank Open for the Snedeker Foundation ini di posisi T47 dengan skor 287.