Tiger Woods memperbaiki rekornya sekaligus memimpin klasemen sementara ZOZO CHAMPIONSHIP. Ini pertama kalinya sejak WGC-Bridgestone Invitational 2013 ia menguasai puncak klasemen putaran kedua.

Tiger Woods kembali menorehkan skor 64 ketika putaran kedua ZOZO CHAMPIONSHIP akhirnya dimainkan pada hari Sabtu (26/10) ini. Kali ini Woods bermain lebih baik daripada putaran pertama dengan membukukan hanya satu bogey dan tujuh birdie.

Permainan Woods pekan ini memang luar biasa, mengingat ia sempat absen sembilan pekan dari kompetisi PGA TOUR lantaran berusaha mengembalikan kondisi fisiknya. Setelah tiga bogey berturut-turut pada hari pertama dan sembilan birdie, ia kembali mencatatkan skor 64. Skor ini menjadi skor 64 yang ke-58 sepanjang kariernya bermain pada PGA TOUR.

Ini berarti Woods memegang rekor sebagai pemain dengan skor 64 terbanyak. Phil Mickelson ada di tempat kedua dengan 55 kali, sementara Kenny Perry dan Jim Furyk sama-sama mencatatkan 47 kali.

“Dari sisi pukulan, pukulan saya hari ini sedikit lebih baik. Memang masih belum seperti yang saya harapkan, tapi saya masih bisa mendapat skor yang bagus dan kondisinya sendiri sedikit lebih ramah hari ini (ketimbang Jumat kemarin) dan saya banyak memasukkan putt hari ini,” tutur Woods.

Putaran kedua hari ini memang tidak berjalan sesuai dengan rencana awal pada pukul 06:30. Hal ini dikarenakan seluruh tim perawatan lapangan bekerja keras sepanjang pagi untuk memperbaiki bunker dan lapangan agar layak dimainkan. Hujan sangat deras yang turun pada hari Jumat tak hanya memaksa putaran kedua tidak dapat dimainkan, tapi juga membuat kondisi lapangan harus dirapikan. PGA TOUR sendiri memuji usaha seluruh pihak yang terlibat untuk memungkinkan putaran kedua akhirnya dimainkan.

Meski lapangan bisa dimainkan, toh PGA TOUR terpaksa tidak mengizinkan para penonton untuk masuk ke lapangan untuk alasan keamanan. Selain itu, usai menilai kelayakan lapangan, staf Rules & Competitions memutuskan untuk memperpendek hole 10 par 4 untuk putaran kedua tadi. Selain itu, preferred lies juga diterapkan.

“Hari seperti ini (ketika tidak ada penonton) terjadi juga di Congressional ketika badai besar datang dan membuat lapangan terasa seperti kota berhantu. Memang agak sedikit berbeda. Ketika memasukkan putt dan hendak mengangkat tangan, rasanya tak terlalu perlu juga karena tak ada yang menyoraki,” tutur Woods.

Sepanjang hari ini, ia menerapkan permainan yang agresif dengan menempatkan banyak posisi bolanya berada di bawah pin. “Green-nya juga sedikit lebih lambat daripada kemarin. Saya masih bisa mendapatkan sensasi putting di green. Ada banyak putt dari bawah pin yang bisa saya masukkan,” imbuh Woods lagi.

Woodland Masih Menempel
Juara U.S. Open 2019 Gary Woodland harus tergeser dari posisi teratas setelah hari ini hanya bermain 4-under 66. Woodland yang bermain dari hole 10 di Accordia Narashino Country Club ini mencatatkan bogey pertamanya pada pekan ini di hole 12 setelah birdie di hole pertamanya. Meski sempat mendapat tiga birdie berturut-turut dari hole 16, ia hanya dapat menambah satu birdie lagi di sembilan hole terakhirnya.

“Meski tak menampilkan permainan terbaik, saya masih merasa puas karena masih bisa main 4-under.” – Gary Woodland

Woodland sendiri bermain di Chiba pekan ini setelah membukukan hasil yang positif di Korea pekan lalu. Ia finis T3 pada THE CJ CUP @ NINE BRIDGES setelah membukukan skor 65-66 pada dua putaran terakhir. Hasil T3 tersebut membuatnya menorehkan hasil yang sangat baik selama bermain di Asia, di mana tiga kali berturut-turut ia selalu finis di lima besar. Setelah T3 pada tahun ini, ia finis runner-up di Korea, lalu finis T5 pada edisi CIMB Classic terakhir tahun 2018.

“Sepanjang hari ini saya harus berjuang keras. Saya benar-benar tak menampilkan permainan terbaik saya hari ini. Beberapa putt yang saya lakukan di hole-hole awal gagal langsung masuk dan untungnya saya bisa memasukkannya di tiga hole, di hole 16, 17, dan 18,” ujar Woodland yang kembali berjuang keras di sembilan hole terakhirnya.

“Meski tak menampilkan permainan terbaik, saya masih merasa puas karena masih bisa main 4-under. Selain hari ini, pukulan saya sangatlah bagus, jadi saya harap bisa terus melakukannya dan memasukkan lebih banyak putt lagi,” tandasnya.

Tempat ketiga kini dihuni oleh pegolf tuan rumah Hideki Matsuyama dan pegolf Amerika lainnya, Keegan Bradley. Matsuyama menorehkan skor 67, sementara Bradley membukukan skor terendah turnamen ini dengan skor 63.

Pada hari ini, Matsuyama menampilkan permainan yang sangat tajam. Sepanjang 36 hole pertama ZOZO CHAMPIONSHIP, ia hanya gagal memenuhi 5 green in regulation sehingga menjadikannya pemain terbaik dari sisi green in regulation.

Ia memulai putaran kedua dengan eagle di hole pertamanya, yaitu hole 10, lalu mencatatkan dua birdie lagi dengan satu bogey.

“Saya memulai putaran kedua dengan baik dan memasukkan putt eagle yang membantu saya mendapatkan irama permaian. Tapi saya mulai kesulitan di sembilan hole kedua, meskipun tak bermain buruk,” jelas pegolf Jepang tersukses di PGA TOUR dengan lima kemenangan ini. “Jadi, besok saya ingin melanjutkan permainan yang selama ini saya tampilkan. Semoga saya bisa main bagus besok dan membuat para penggemar lebih bersemangat.”

Putaran ketiga akan mulai dimainkan pukul 06:30 waktu setempat atau 05:30 WIB dengan satu grup terdiri atas tiga pemain. Pairing tidak akan berubah untuk putaran final dengan permainan akan diteruskan sampai hari gelap. Jika harus dilanjutkan, turnamen akan dimainkan lagi pada hari Senin, mulai pukul 07:30 waktu setempat atau pukul 06:30 WIB.