Tiger Woods menjuarai ZOZO CHAMPIONSHIP dengan keunggulan tiga stroke dari Hideki Matsuyama.

Woods menjadi satu dari 46 pemain yang harus kembali ke Accordia Narashino Country Club hari Senin (28/10) pagi ini untuk menuntaskan turnamen. Ia, yang menyisakan tujuh hole lagi, memang sempat mendapat bogey di hole 12. Namun, dua birdie di hole 14 dan 18 sudah lebih dari cukup untuk memberinya kemenangan. Woods menutup putaran final dengan skor 3-under 67. Skor total 261 miliknya memberinya kemenangan tiga stroke dari Hideki Matsuyama yang berusaha mengejar.

“Ini pekan yang sangat panjang karena saya terpaku di puncak klasemen di sebagian besar lima hari ini, lalu diteruskan dengan hari ini untuk menuntaskan putaran final, bisa finis tiga stroke dengan Hideki (Matsuyama) yang mengejar,” tutur Woods.

Matsuyama telah memberi tekanan kepada Woods sebelum turnamen dihentikan hari Minggu (27/10) sore itu. Birdie di hole 11 dan 12 memberinya jarak tiga stroke dengan enam hole tersisa. Dengan bogey di hole 12 itu, Woods benar-benar berharap bisa mendapat birdie lagi, setidaknya di hole 13 atau 15 lantaran ingin mengamankan posisinya.

Meski demikian, di hole 18 ia keliru membaca situasi setelah sebelumnya mendengar sorakan penonton setelah sebelumnya Matsuyama meraih birdie di hole 17.

“Setelah menuntaskan hole 17 dan menuju tee 18, sepertinya setelah menuntaskan pukulan, ia (Matsuyama) melakukan pukulan yang bagus. Para penonton bersorak-sorai. Lalu ketika saya hendak melakukan pukulan kedua, saya mendapati ia melakukan pukulan kedua dari bunker ke green dari sisi kanan. Ketika menuju ke green, papan klasemen sama sekali tidak menunjukkan skor, jadi saya melihat klasemen di hole 9, yang menampilkan warna merah, tapi saya tak bisa membaca angkanya karena jaraknya terlalu jauh. Jadi, saya pikir saya harus main par untuk menang satu stroke dan ternyata malah bisa menang dengan keunggulan tiga stroke. Hasil ini sedikit mengejutkan saya,” jelas Woods.

Kemenangan pekan ini menjadi kemenangan istimewa bagi Woods lantaran ia akhirnya menyamai rekor 82 kemenangan PGA TOUR milik Sam Snead. Snead terakhir memenangkan Greater Greenboro Open pada tahun 1965 sebagai kemenangan ke-82. Dan 54 tahun kemudian, pada hari ini, Woods menyamai pencapaian Snead dalam usia 43 tahun, 9 bulan, dan 28 hari.

“Ini jumlah kemenangan yang besar. Angka ini menunjukkan konsistensi meraih kemenangan dan melakukannya untuk jangka panjang,” ujar Woods menyinggung keberhasilannya menyamai rekor Sam Snead ini.

Meskipun akhirnya harus kalah dari Woods, Matsuyama menjadi pegolf Jepang terbaik pada pekan ini. Ia finis sendirian di peringkat kedua dengan membukukan skor total 16-under 264. Catatan ini menyamai skor terendah dalam kariernya ketika ia juga menorehkan skor 264 pada WGC-FedEx St. Jude Invitational 2017. Selain itu, turnamen ini memberinya hasil tiga besar kedua setelah finis T3 pada THE CJ CUP @ NINE BRIDGES di Korea sepekan sebelumnya.

“Saya akan membalas Tiger Woods tahun depan. Dia bakal kembali lagi dan saya akan bermain lagi.” – Hideki Matsuyama

“Ini pekan yang positif, kalau bisa terus bermain seperti ini, saya bisa kembali ke kondisi yang lebih baik. Saya butuh setidaknya tiga atau empat birdie pagi ini dan benar-benar memikirkannya. Sayangnya, saya tak mendapatkannya,” tutur Matsuyama.

Matsuyama mengaku tidak bermain cukup baik di hole 15, lalu ia juga gagal mendapat birdie di hole 16. Di hole 18 itu ia juga melakukan kesalahan, seperti yang digambarkan Woods di atas.

“Pencapaian Tiger (Woods) adalah sesuatu yang sulit dibayangkan. Jumlah kemenangan itu menjadi angka yang sulit dipikirkan oleh orang biasa. Saya akan membalasnya tahun depan. Dia bakal kembali lagi dan saya akan bermain lagi,” tandasnya.

Juara FedExCup, yang juga PGA TOUR Player of the Year 2019, Rory McIlroy finis di posisi T3 bersama PGA TOUR Rookie of the Year 2019 Im Sungjae. Keduanya sama-sama menorehkan skor total 267. Bagi McIlroy, turnamen ini menjadi debutnya untuk PGA TOUR musim 2019-2020.

Adapun Juara U.S. Open 2019 Gary Woodland harus puas finis sendirian di peringkat 5 setelah menutup putaran final dengan skor 70 dan skor total 268. Performanya ini menjadi finis lima besar keempat secara berturut-turut baginya selama bermain di Asia.

1 Comment

Comments are closed.