Kapten Tim Amerika Serikat untuk Presidents Cup Tiger Woods hari ini (8/11) mengumumkan empat nama pemain yang menjadi pilihannya untuk menuju ke Australia pada pekan kedua Desember mendatang.

Sama halnya dengan pengumuman empat pilihan kapten untuk Tim Internasional, pengumuman empat nama terakhir untuk Tim Amerika Serikat juga disambut dengan antusiasme yang sangat tinggi.

Nama pertama yang diumumkan oleh Woods ialah Tony Finau. Pegolf yang nyaris langsung menjadi delapan anggota pertama ini menampilkan konsistensi yang sangat baik pada musim 2018-2019. Enam kali ia finis di sepuluh besar dalam 25 turnamen dan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut ia mengikuti TOUR Championship.

Performa itu ia lanjutkan pada musim 2019-2020 dengan T9 pada Shriners Hospitals for Children Open dengan skor 62 pada hari ketiga.

“Luar biasa bersemangat untuk bisa menyumbangkan bakat saya kepada beragam pemain dan bisa main untuk Tiger,” ujar Finau usai mengetahui dirinya terpilih. “Ini target pribadi saya saat memulai musim ini dan saya ingin memiliki kesempatan bermain dan bermain untuk Tiger. Jadi sangat senang bisa mendapat panggilan telepon itu. Panggilan tersebut adalah sesuatu yang akan saya ingat selamanya dan, sekali lagi, saya amat bersemangat bisa bergabung dalam tim, rasanya terhormat sekali bisa menerima telepon dari Tiger.”

Woods menyinggung bahwa tiap anggota tim ingin bermain dengan Finau lantaran pegolf berusia 30 tahun ini bisa bermain di berbagai macam format. Finau sendiri telah memperkuat Tim Ryder Cup AS pada tahun 2018 lalu dan memiliki rekor 2-1-0.

Nama berikutnya ialah Patrick Reed. Kepastian ini memberinya penampilan ketiga kalinya secara berturut-turut pada ajang Presidents Cup. Dan ini pertama kalinya ia menjadi salah satu pilihan kapten.

 

Dalam penampilan Presidents Cup sejauh ini, Reed telah mengoleksi rekor 4-3-2.

Tahun ini ia menjuarai THE NORTHERN TRUST dan empat kali finis di sepuluh besar pada musim 2018-2019. Sedang pada musim 2019-2020, ia juga menampilkan performa yang makin solid, finis T17 pada ZOZO CHAMPIONSHIP, lalu T8 pada WGC-HSBC Champions.

“Secara pribadi, saya hidup untuk ajang seperti Preidents Cup dan Ryder Cup,” ujar Reed yang terkenal dengan kemampuannya bermain dalam ajang match play. “Saya menikmati tiap menit kompetisi ini, para penggemar, dan bermain untuk negara kami. Bisa menjadi bagian dari tim ini jelas sangat berarti bagi saya, dan saya akan melakukan apa saja untuk bisa membantu AS membawa pulang Presidents Cup.”

Semangat juang yang Reed miliki ini menjadi salah satu alasan lain mengapa Woods memilih pegolf yang dijuluki Kapten Amerika ini.

Juara U.S. Open 2019 Gary Woodland juga mendapat kehormatan bermain bagi Woods. Pemilihan dirinya untuk menjadi bagian tim menjadi puncak dari musim terbaiknya bermain pada PGA TOUR selama kariernya.

Woodland memang telah menjuarai U.S. Open, sebagai gelar PGA TOUR keempat dan Major pertama dalam kariernya. Tapi performanya sempat menurun setelah tak pernah finis lebih baik daripada T31 usai menjuarai U.S. Open. Akibatnya, ia terlempar dari delapan peringkat teratas klasemen tim.

Namun, pada musim 2019-2020, ia mulai menampilkan performa yang cemerlang. Ia dua kali finis di 5 besar. T3 pada THE CJ CUP @ NINE BRIDGES disusul dengan peringkat 5 pada ZOZO CHAMPIONSHIP, di mana ia bermain dengan Kapten Woods dalam dua putaran terakhirnya.

“Saya sangat merindukan atmosfer tim. Saya ingin masuk ke ruangan loker dan menemui anggota lainnya. Itulah yang saya harapkan dan, di atas semuanya, mewakili negara dan bermain untuk Tiger Woods adalah hal-hal yang sangat spesial!” ujar Woodland.

Gary Woodland mengembalikan performa permainannya persis pada saat yang tepat sehingga memastikan dirinya menjadi bagian dari Tim Amerika Serikat untuk Presidents Cup bulan Desember mendatang. Foto: Getty Images.

Nama terakhir yang diumumkan sang kapten adalah nama yang sudah diharapkan oleh banyak orang. Woods akhirnya memilih dirinya sendiri untuk menjadi bagian dari tim yang akan menghadapi Tim Internasional pada tanggal 9-15 Desember 2019 mendatang.

“Sebagai kapten, saya akan memilih Tiger Woods sebagai pemain terakhir dalam tim,” ujar Woods. “Dia telah mengikuti sembilan Presidents Cup dan telah dua kali main di Australia, jadi ini bakal menjadi penampilan ketiganya sebagai pemain. Pasti akan sulit, tapi saya memiliki tiga asisten yang luar biasa dengan Fred (Couples), (Steve) Strick(er), dan Zach (Johnson) dan bantuan mereka sangat berarti. Dua sosok yang telah menjuarai Presidents Cup dan satu yang berpeluang menjadi kapten masa depan. Tiga pemikir hebat ini akan membantu saya ketika saya bermain.”

Woods, yang finis di peringkat 13 pada klasemen Tim AS menjadi kapten bermain kedua dalam sejarah Tim AS setelah Hale Irwin pada tahun 1994. Sejauh ini, Woods memiliki rekor 24-15-1 sejak pertama kali tampil pada ajang Presidents Cup 1998. Rekornya ini hanya kalah dari Phil Mickelson yang meraih 26 kemenangan.

Woods sendiri telah memasukkan putt kemenangan untuk Tim AS pada tahun 2009, 2011 (di Royal Melbourne), dan 2013. Prestasi ini menjadikannya sebagai satu-satunya pemain yang menjuarai Presidents Cup hingga tiga kali.

Skuad Tim AS Presidents Cup
Kapten
Tiger Woods

Asisten Kapten
Fred Couples, Steve Stricker, Zach Johnson

Pemain
Patrick Cantlay
Bryson DeChambeau
Tony Finau
Dustin Johnson
Brooks Koepka
Matt Kuchar
Patrick Reed
Xander Schauffele
Webb Simpson
Justin Thomas
Gary Woodland
Tiger Woods