Pemain veteran Thaworn Wiratchant tampil prima dengan memimpin di Samui. Pegolf Thailand berusia 49 tahun ini mencatatkan 5-under 66 dan menjadi salah satu pemain yang berada di jajaran atas ajang Asian Tour, Queen’s Cup.

Uniknya, Wiratchant bemain dengan mengandalkan set iron tuanya untuk menambah gelar Queen’s Cup ketiga dan trofi Asian Tour ke-19 dalam kariernya.

”Saya selalu gembira bisa kembali dan bermain dengan baik di sini,” ujar Wiratchant yang menjuarai turnamen ini pada 2012 dan 2014 silam.

”Saya berjuang keras untuk meningkatkan permainan. Saya banyak berlatih dengan iron dan mencoba berbagai set. Sekarang saya kembali memakai iron yang lama, yang saya mainkan dengan baik juga sebelumnya dan memenangkan turnamen. Saya punya perasaan yang baik dengan set lama ini.”

Sementara itu, Gunn Charoenkul berhasil memainkan putaran terendahnya di Samui. Performa gemilangnya kemarin, salah satunya, didorong juga oleh eagle di hole pertama.

”Mungkin ini putaran terbaik saya di sini dalam lima tahun terakhir. Saya mengawalinya dengan baik, mendapat eagle di hole pertama, dan berhasil mempertahankan momentum,” ujar Gunn.

”Ada ranting pohon di jalur pukulan saya, tapi saya mencoba melewatinya. Saya pikir jika melakukan pukulan penuh dengan wedge 52°, bahkan kalau memukul berlebihan, bolanya akan aman karena pin ada di depan. Bolanya memang mengenai ranting, dan saya melihatnya jatuh di bagian depan green. Tapi saat sampai di sana saya tak melihatnya…ternyata bolanya masuk!”

Pemain China Taipei, Lu Wei-chih, sebenarnya berpeluang untuk memimpin pada putaran pertama setelah bermain 7-under hingga hole 16. Sayangnya, drive yang buruk memaksanya harus melepas tiga pukulan.

”Saya tidak senang [dengan performa saya],” ujar Lu, yang sempat menjalani operasi untuk mengangkat tumor di otaknya pada 2012. ”Main bagus dalam 16 hole dan melakukan pukulan kedua yang dekat ke lubang dan berhasil memasukkan beberapa putt.”

Wang Jeung-hun menjadi pemain dengan peringkat tertinggi yang bermain di Samui pekan ini. Kembali bermain di kancah Asian Tour, pegolf asal Korea Selatan ini berhasil main 2-under 69.

”Ini putaran yang bagus mengingat saya tidak bisa tidur nyenyak semalam. Green di sini sangat berbeda dibandingkan dengan Eropa, jadi awalnya saya bingung. Tapi saya sudah memainkan lapangan ini beberapa kali sebelumnya, jadi saya cukup mengetahui lapangan ini,” ujar pegolf berusia 20 tahun ini.

Putaran pertama kemarin terpaksa mengalami penundaan lantaran kondisi cuaca yang kurang baik. Pagi ini, putaran pertama kembali di lanjutkan pada 6:30, sementara putaran kedua dimulai pukul 07:00.