Juara The Masters 2016 asal Inggris, Danny Willet, di ambang juara pada Maybank Championship yang digelar di Saujana Golf and Country Club, Kuala Lumpur, Malaysia. Mengakhiri putaran ketiga kemarin (11/2) Willet mengambil alih posisi teratas dari Bernd Wiesberger asal Austria dengan keunggulan 3 angka.

Pegolf Inggris berusia 29 tahun, yang juga memiliki asosiasi dengan lapangan penyelenggaraan edisi kedua Maybank Championship ini, mencatatkan enam birdie, termasuk di dua hole terakhirnya. Catatan 5-under 67 miliknya membuat Willet unggul 3 pukulan dari juara Order of Merit 2014 Asian Tour asal Amerika, David Lipsky.

”Saya memang mesti main 67 untuk bisa memberi jarak yang cukup untuk mereka yang ada di zona lima besar dan enam besar,” ujar Willet. ”Saya tak yakin berapa skor yang mesti didapat untuk menjuarai turnamen ini. Saya kira ada beberapa orang yang bisa mendapat skor rendah jika kondisinya berangin seperti (hari) ini.”

Willet menunjukkan kelasnya dengan membukukan total 16-under 200. Kualitasnya sebagai penyandang juara The Masters, di antaranya ia tunjukkan di hole 18 par 5. Pukulan approach-nya berhenti di belakang marquee penonton, namun ia masih berhasil mencatatkan birdie di sana.

”Pukulan drive saya cukup oke di hole 18 dan sedikit berbelok ke kanan. Saya mesti memukul 221 yard untuk mencapai pin yang berjarak 247 yard dan berusaha melakukan pukulan cut ke kanan,” tutur Willet. ”Pukulan yang cukup sulit, Anda mesti menghindari pohon palem pertama dengan dahannya yang menggantung.”

Adapun David Lisky yang bermanin 68 kemarin dan mengumpulkan skor 203 juga berpeluang untuk memenangkan gelar Asian Tour ketiga dan European Tour kedua dalam karier profesionalnya.

”Saya main sangat baik hari ini (kemarin). Drive saya bagus dan saya melakukan scramble dengan baik dan cukp gembira dengan pukulan saya. Saya mesti memanfaatkan keuntungan di hole-hole par 5. Danny dan saya bersahabat dan persaingan kami akan ketat sekali,” kata Lipsky.

Sementara itu, pegolf asal Prancis Alexander Levy, yang juga membukukan angka yang sama pada putaran tiga kemarin kini mengikuti Willet dengan jarak empat pukulan, dengan Panuphol Pittayarat (Thailand) dan K.T. Kim (Korea) tertinggal lima pukulan.

Sementar itu, juara Order of Merit 2015 Asian Tour Anirban Lahiri harus puas dengan skor 69 setelah sejumlah putting-nya gagal masuk. Untuk sementara ia berada di posisi T9.