Untuk pertama kalinya, PGA TOUR Series-China menggelar kualifikasi pertama di luar China. Dalam pekan yang bersejarah ini, pegolf Australia Aaron Wilkin dan Jared Howard asal Amerika mengawali 3rd Global Qualifying Tournament ini dengan menorehkan skor 5-under 65 di Laguna Golf Phuket.

Wilkin yang banyak bermain pada PGA our of Australasia sejak beralih pro 2015 lalu, memulai putaran pertama dengan solid, menorehkan enam birdie hingga 15 hole sebelum akhirnya mendapat satu-satunya bogey di hole 18.

Meski demikian, ia masih menikmati putaran yang sangat positif, mengingat ini merupakan putaran pertamana setelah cedera tiga pekan lalu. Ia pun berharap bisa mempertahankan momentum ini, meskipun bakal berhadapan dengan kondisi yang lebih berangin ketika memainkan putaran keduanya hari ini.

“Saya cukup puas. Boge di hole terakhir itu memang mencegah saya main tanpa bogey. Saya ke sini tanpa sempat berlatih, bahkan tidak bermain dalam tiga pekan terakhir, jadi saya tak keberatan kena bogey di sana,” ujar Wilkin.

“Saya bakal senag kalau bisa main 5-under lagi. Mungkin besok (hari ini) akan lebih sulit lagi karena saya main lebih siang. Selalu lebih mudah main pagi dan saya pikir besok angin akan lebih berembus sehingga bakal menyulitkan permainan.”

Jared Howard menorehkan skor 65 dengan cara yang sensasional. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

Sementara Howard yang bermain dari hole 10 menikmati skor 65 dengan cara yang berbeda. Setelah mendapat par di delapan hole pertamanya, ia memasukkan bola dari balik rintangan di hole 1 untuk menciptakan eagle. Setelah itu, ia menorehkan tiga birdie berturut-turut di hole 3, 4, dan 5, sebelum kemudian mendapat bogey di hole 7. Ia menutup putaran pertamana dengan birdie dan par.

“(Eagle) itu merupakan salah satu pukulan terbaik yang pernah saya lakukan. Jadi, skor itu melambungkan saya dalam putaran ini,” ujar Howard. “Bolanya berada di posisi yang sulit di rumput, dan entah bagaimana bola itu bisa berada di sana, lalu saya melihat jaraknya sekitar 118 yard ke pin. Bola berada di bawah kaki saya dan begitu bola melompat, saya pikir hasilnya bakal bagus. Dan tak lama saya dengar suaranya menghantam pin, jadi saya tahu jalur pukulannya tepat. Saya memasukkannya.”

Rekan senegara Howard, Eric Beringer dan Raiki Okamoto dari Jepang berada satu stroke di belakang kedua pimpinan klasemen dengan sko 66 dan untuk sementara berada di posisi T3. Adapun Joe Heraty (Inggris), Stuart McDonald (Kanada), Narutoshi Yamaoka (Jepang) dan pegolf amatir Kim Dongmin (Korea) bersama duo Amerika lainnya Archer Price dan Blake Snyder.

Seperti dalam dua kualifikasi sebelumnya, pekan inipun hanya peringkat teratas setelah 72 hole saja yang berhak bermain penuh sebanyak 14 turnamen sepanjang musim 2019. Adapun peringkat 2-12 mendapat status hingga enam turnamen pertama. Sementara mereka yang berada di peringkat 13-35 (dan ties) akan mendapat exemption secara kondisional.

Leave a comment