Clearwater Bay Open yang menjadi turnamen penutup musim PGA TOUR Series-China tahun ini menjadi milik Nick Voke. Pegolf asal Selandia Baru ini memastikan kemenangannya setelah untuk ketiga kalinya bermain 3-under 67. Ini merupakan gelar ketiga baginya musim ini, yang sekaligus memberinya tempat bermain pada Web.com Tour untuk musim depan.

Voke memulai putaran finalnya kemarin (14/10) dengan keunggulan lima stroke, untuk melanjutkan performa istimewanya pada PGA TOUR Series-China. Menjalani tahun pertamanya sebagai profesional, Voke sebelumnya juga telah menjuarai dua turnamen berturut-turut di Qinhuangdao dan Macau bulan September lalu. Seusai finis T16 pada ajang Zuhai Championship sepekan sebelum bermain di Clearwater Bay Golf and Country Club, Voke menuntaskan misinya dengan meraih kemenangan ketiga, yang sekaligus memberikan hadiah uang terbesar di Tour ini, RMB360.000.

“Beberapa pekan terakhir ini menjadi perjalanan golf yang menyenangkan dan saya sangat bersemangat melihat apa yang akan saya lakukan dalam beberapa tahun ke depan. Jujur saja, kemenangan ini benar-benar sangat berarti,” tutur Voke.

“Bermain di sini dengan keunggulan lima stroke, dan sadar bahwa tiap orang akan mengejar saya, menjadi kisah kemenangan yang berbeda.”
– Nick Voke

“Dua kemenangan sebelumnya saya raih dengan mengejar dari belakang. Jadi, bermain di sini dengan keunggulan lima stroke dan sadar bahwa tiap orang akan mengejar saya menjadi kisah kemenangan yang berbeda. Saya sangat bangga dengan cara saya menghadapinya dan bagaimana saya keluar dan bermain. Benar-benar pekan pro yang terhebat yang pernah saya rasakan sejauh ini.”

Sebelum memulai putaran final, Voke sempat mengaku merasa gugup karena fakta yang baru ia ungkapkan itu. Tapi ia malah menampilkan permainan yang tenang di depan para penonton dan meneruskan keunggulannya dengan kembali menorehkan empat birdie dan sebuah bogey. Bogey tersebut menjadi bogey keempat yang ia bukukan sepanjang pekan tersebut.

Satu-satunya pemain yang mendadak melejit dan hampir mengancam posisi Voke ialah Callum Tarren. Pegolf Inggris ini menunjukkan keinginannya untuk menutup musim dengan sebuah kemenangan. Ia menorehkan skor 8-under 62 pada putaran final tersebut, yang sayangnya tetap tak cukup untuk menjungkalkan Voke. Skor total 11-under 269 membuatnya berada sendirian di tempat kedua.

Nick Voke memamerkan trofi kemenangannya didampingi oleh Wyman Li dari Clearwater Bay. Foto: Liu Zhuang/PGA TOUR Series-China.

Meskipun tidak menang, catatan prestasinya di Hong Kong ini membuatnya berhasil menjuarai Order of Merit PGA TOUR Series-China, meski tak sekalipun ia memenangkan turnamen pada tahun ini. Finis runner-up pada turnamen ini merupakan runner-up keempat baginya sepanjang musim ini.

“Saya sangat terkejut dan perasaan saya melambung tinggi. Saya merasa tenang sepanjang hari karena pada akhir putaran ini saya butuh sesuatu yang istimewa untuk mengejar Charlie (Saxon) dan beruntung saya berhasil melakukannya. Bahkan di hole terakhir, saya merasa tenang karena (pada akhirnya) saya menang, berada di posisi kedua atau tidak, jadi saya hanya melanjutkan performa saya dan beruntung bisa melakukannya,” tutur Tarren.

Callum Tarren, Charlie Saxon, Nick Voke, Yuwa Kosaihira, dan Todd Baek akhirnya menjadi lima pemain yang berada di jajaran teratas Order of Merit musim ini. Secara otomatis mereka mendapat keanggotaan pada Web.com Tour untuk musim depan. Adapun mereka yang berada di sepuluh besar berhak mengikuti Final Stage Qualifying Tournament Web.com Tour pada 6-9 Desember mendatang. Adapun pemain yang ada di peringkat 11-25 akan mendapat tempat di Second Qualifying Stage.

Leave a comment