USGA mengumumkan bahwa U.S. Open edisi ke-120 tetap dilangsungkan pada tahun 2020.

Pandemi COVID-19 sejauh ini telah memaksa USGA untuk melakukan sejumlah perubahan terkait dengan jadwal penyelenggaraan sejumlah kompetisi mereka. Dalam pernyataan terbaru mereka, USGA mengumumkan U.S. Open ke-120 akan tetap dilangsungkan pada tahun ini.

Sebelumnya, ajang Major ini direncanakan dilangsungkan pada 18-21 Juni di Winged Foot Golf Club, di Mamaroneck, New York. Kemarin (6/4), USGA menyampaikan bahwa ajang Major tertua kedua di dunia ini akan diselenggarakan pada 17-20 September, di lapangan yang sama.

“Kami berharap penundaan kejuaraan ini akan memberi peluang untuk meringankan masalah kesehatan dan keselamatan, sembari tetap memberikan peluang terbaik mengadakan U.S. Open pada tahun ini,” ujar Mike Davis, CEO USGA.

“Kami sangat berterima kasih kepada para anggota dan staf di Winged Foot untuk fleksibilitas dan dukungan yang mereka berikan. Kami juga sangat berterima kasih untuk kolaobrasi di antara para badan Tour profesional dan badan utama lainnya untuk menentukan jadwal yang tidak mudah ini.”

Kabar menggembirakan ini menyusul pengumuman bahwa ajang U.S Women’s Open juga telah mendapatkan jadwal penyelenggaraan baru. Semula ajang Major wanita ini mesti digelar padad 4-7 Juni 2020 di Champions Golf Club, di Houston, Texas. Pada 3 April 2020 lalu, USGA mengumumkan bahwa ajang ini bakal dilaksanakan pada 10-13 Desember 2020.

 

Tahun lalu U.S. Open diselenggarakan di Pebble Beach dengan Gary Woodland keluar sebagai juara. Foto: USGA/John Mummert.

 

“USGA tetap berkomitmen untuk menggelar U.S. Women’s Open pada tahun 2020 ini. Kami sangat berteriam kasih kepada LPGA dan mitra siaran kami, Fox, untuk kolaborasi mereka yang luar biasa dalam mencari tanggal penyelenggararn baru. Prioritas kami tetap menjamin keselamatan semua pihak yang terliat dalam U.S. Women’s Open, sambil memberikan peluang kompetisi bagi para pegolf terbaik dunia pada tahun ini,” ujar Davies.

Berbeda dari U.S. Open, pergeseran jadwal ini memaksa penyelenggaraan U.S. Women’s Open juga dimainkan di Jackrabit Course di Champions Golf Club. Semula, Cypress Creek Course direncanakan akan dimainkan selama empat putaran. Namun, untuk mengatasi berkurangnya durasi cahaya matahari pada musim dingin, kedua lapangan tersebut akan dimainkan bersamaan untuk dua putaran pertama.

Kompetisi Senior Dibatalkan
Meski U.S. Open dan U.S. Women’s Open rencananya akan tetap dilangsungkan tahun ini, hal serupa tidak dapat dilakukan pada kompetisi Major bagi para pegolf senior. Pergeseran jadwal kompetisi secara global memaksa U.S. Senior Open dan U.S. Senior Women’s OPen terpaksa tidak digelar pada tahun ini.

Semula, U.S. Senior Open edisi ke-41 akan dilaksanakan di Newport Country Club pada 25-28 Juni 2020. Penyelenggaraannya kini berpindah ke Omaha (Neb.) Country Club pada 8-11 Juli 2021.

Adapun U.S. Senior Women’s Open edisi ke-3 semula akan digelar di Brooklawn Country Club di Fairfield, Connecticut pada 9-12 Juli 2020. Hingga berita ini diturunkan, USGA masih belum menentukan jadwal baru untuk ajang Major bagi para pegolf wanita berusia 50 tahun ke atas ini.

Sementara itu, delapan ajang amatir USGA untuk tahun 2020 ini masih dalam pertimbangan penyelenggaraan. Sebelumnya, U.S. Amateur Four-Ball dan U.S. Women’s Amateur Four-Ball dibatalkan pada tanggal 17 Maret 2020 lalu. USGA menegaskan akan mengikuti rekomendasi dari CDC dan WHO untuk menentukan jadwal kompetisi amatir selanjutnya.

1 Comment

Comments are closed.