Tim Internasional dan Tim AS menambangkan US$125.000, masing-masing, sebagai bagian dari sumbangan mengatasi dampak kebakaran hutan di Australia.

Dalam rentang waktu lima pekan, dengan empat peserta Presidents Cup 2019—dua pemain dari Tim Internasional dan dua dari Tim AS—memenangkan gelar PGA TOUR, Presidents Cup dan mitra-mitra penyelenggara telah mengumpulkan lebih dari US$1,1 juta untuk upaya penanganan dampak kebakaran hutan di Australia.

Pada ajang Sony Open di Hawaii, bulan Januari 2020 lalu, Kapten Tim Internasional Ernie Els mengumumkan akan menambahkan sumbangan senilai US$125.000 dari dana sumbangan 2019 mereka untuk tujuan yang sama. Anggota Tim Internasional Cameron Smith kala itu keluar sebagai juara. Presidents Cup dan PGA TOUR kemudian memberikan sumbangan dengan nilai yang sama.

Langkah ini kemudian diikuti oleh Kapten Tim AS Tiger Woods, di mana hari ini ia mengumumkan bahwa anggota Tim AS juga mengumpuplkan sumbangan terpisah senilai US$125.000 dari komitmen sumbangan 2019 mereka. Dan sekali lagi, Presidents Cup dan PGA TOUR turut menyumbangkan angka yang sama sehingga total US$500.000 terkumpul untuk tujuan yang sama.

Marc Leishman, lewat yayasannya, Begin Again Foundation, menyalurkan sumbangannya kepada The Victorian County Fire Authority. Foto: Getty Images.

Nilai tersebut kemudian didonasikan bersamaan dengan sumbangan yang dilakukan atas upaya Greg Norman senilai US$250.000 untuk total sumbangan US$750.000 bagi American Australian Association, yang memulai Bushfire Relief Fund. Mereka akan memanfaatkan seluruh angka donasi itu untuk mendukung upaya penanganan kebakaran di seluruh Australia.

Sumbangan lain datang dari Tim Internasional lainnya, yaitu Marc Leishman dan Cameron Smith. Keduanya menyatakan komitmen untuk menyumbangkan dana untuk tiap birdie dan eagle yang mereka buat pada ajang Sony Open.

Langkah Smith, yang kemudian menang, dan Leishman ini kemudian diikuti oleh Matt Jones, Rhein Gibson, Cameron Davis, Cameron PErcy, dan Parker McLachlin yang kemudian mengumpulkan lebih dari US$26.000. Presidents Cup dan PGA TOUR kemudian menambahkan jumlah yang sama sehingga total sumbangan mencapai lebih dari US$52.000.

Tiger Woods dan seluruh Tim AS turut memberi sumbangan untuk mengatasi dampak kebakaran hutan di Australia. Foto: Getty Images.

Yayasan yang diprakarsai oleh Leishman, Begin Again Foundation, kemudian menambahkan dana sebesar US$5.000. Leishman, yang berasal dari Victoria, memilih mengirimkan sumbangan tersebut kepada The Victorian County Fire Authority. Sementara Smith, yang berasal dari Queensland, menyumbang kepada The Queensland Fire and Rescue.

Lalu pada 27 Januari 2020 lalu, ajang The Premiers Cup yang diadakan oleh Daniel Andrews, kepala negara bagian Victoria, diadakan di The Royal Melbourne Golf Club. Ajang ini berhasil mengumpulkan lebih dari US$380.000 yang langsung disalurkan kepada keluarga yang paling merasakan dampak kebakaran ini.

Sebagai bagian dari ajang tersebut, golf cart modifikasi yang ditandatangani seluruh anggota Tim Internasional dan Tim AS serta para kapten mereka dilelang untuk menambah total sumbangan.