Tujuh pegolf berada di puncak klasemen pada putaran pertama Toto Japan Classic yang berlangsung di Taiheiyo Club Minori Course, Ibaraki, Jepang. Pegolf asal China Feng Shanshan, pegolf Korea Lee Min-young, dua pegolf Amerika Lizette Salas dan Jane Park, serta pegolf tuan rumah Nasa Hataoka, Saiki Fujita, dan Ai Suzuki sama-sama mencatatkan skor 66.

Feng yang merupakan juara bertahan turnamen ini membuka peluang untuk menjadi pegolf pertama yang mempertahankan gelarnya pada LPGA musim 2017 ini.

Feng sebenarnya sempat bermain hanya 1-under sepanjang 11 hole yang ia mainkna. Namun, dalam tujuh hole terakhirnya, ia berhasil mencatatkan lima birdie yang membawanya naik ke puncak klasemen bersama enam pegolf lainnya.

”Saya memang mengawali putaran pertama dengan lambat, seperti biasanya, dan kemudian  mendapat birdie pertama di hole 8. Dan setelah itu saya merasa kalau birdie ini adalah yang pertam dari banyak birdie lainnya. Dan kemudian pukulan saya menjadi sangat bagus di sembilan hole terakhir,” tutur Feng.

Ia menyebut pukulan 5-iron miliknya benar-benar manjur pada putaran pertama itu sehingga memberinya peluang birdie yang banyak.

”Saya malah meleset mendapat birdie dari jarak lima kaki. Tapi saya masih bisa mendapatkan empat birdie berturut-turut di lima hole terakhir. Jadi, saya sangat gembira atas hasil itu,” ujarnya lagi.

Sepanjang musim ini, Feng telah memainkan 19 turnamen pada ajang LPGA Tour. Dan sejauh itu, ia telah sepuluh kali finis di zona sepuluh besar. Satu-satunya gelar yang ia menangkan pada tahun ini ialah LPGA Volvik Championship pada bulan Mei 2017 lalu.

Ajang Toto Japan Classic ini sendiri merupakan ajang ke 31 dari Race to CME Globe dengan menyisakan ajang Japan and Blue Bay LPGA sebelum rangkaian panjang ini berakhir pada ajang CME Group Tour Championship.

Saat ini Lexi Thompson, pegolf nomor tiga dunia dan peraih dua gelar juara musim ini memimpin perburuan gelar tersebut dengan 3.266 poin. Sedangkan pegolf nomor dua dunia, yang juga telah memenangkan dua turnamen pada musim ini, Park Sung-hyun berada  di belakangnya dengan mengumpulkan 3.029 poin. Sedangkan pegolf nomor satu dunia Ryu So-yeon ada di tempat ketiga dengan mengumpulkan 3.026 poin sehingga ajang tersisa ini akan menjadi ajang persaingan ketat bagi ketiga pemain ini.