Pegolf pendatang baru asal Australia Todd Sinnott memastikan meraih kemenangan perdana setelah menjuarai Leopalace21 Myanmar Open sore tadi (29/1). Kemenangan ini bisa dibilang datang sangat awal, mengingat turnamen di Yangon, Myanmar tersebut merupakan turnamen keduanya di Asia.

Sinnott yang baru berusia 25 tahun bermain 6-under 65 pada putaran akhir untuk memastikan kemenangannya dengan total skor 14-under 270 di Pun Hlaing Golf Club.

Tampilnya Sinnott memang jauh dari bayangan mengingat dalam tiga putaran pertama, Angelo Que dari Filipina dan Yusaku Miyazato dari Jepang mencuri perhatian publik dengan penampilan prima mereka. Sinnott sendiri harus kehilangan enam bola—empat pada putaran pertama dan dua pada putaran kedua—lantaran masuk air. Oleh karena itu pula ia harus berjuang mati-matian untuk bisa lolos cut.

Memasuki putaran akhir, Sinnott yang mengawalinya dengan berada di peringkat 40, tampil luar biasa, seakan tiga putaran awalnya merupakan latihan untuk bisa tampil sebagai juara.

”Ini hari yang fantastis buat meraih kemenangan pertama saya sebagai pemain profesional!” seru Sinnott. ”Saya mendapat birdie berturut-turut di hole 13 dan 14 dan ketika melakukan hal tersebut, saya tahu kalau saya finis dengan meyakinkan saya punya peluang bagus untuk juara.”

Sinnott melanjutkan bahwa ia yakin bisa memainkan putaran dengan skor yang rendah dalam dua hari terakhir. Meski demikian, ia tak mengira bakal keluar sebagai juara.

”Saya merasa cukup lega meraih gelar pertama. Bersemangat dan sekaligus bangga. Saya bangga dengan cara main saya hari ini (29/1),” tutupnya.

Sementara itu, Yusaku Miyazato yang hingga putaran ketiga masih berpeluang untuk menambah koleksi gelarnya, yang otomatis akan makin meyakinkan sesame pegolf Jepang lainnya untuk meraih sukses di luar negeri, harus puas bermain dengan skor 73. Kakak dari Ai Miyazato ini akhirnya finis di peringkat T6.

Sebaliknya, Carlos Pigem asal Spanyol, meraih posisi yang juga patut dibanggakan. Pegolf asal Spanyol yang meraih gelar Asian Tour perdananya tahun lalu, finis di peringkat kedua setelah bermain 3-under 68 dan mengumpulkan total skor 273.

Pigem mencatat tiga birdie berturut-turut setelah memainkan sembilan hole dan sempat berpeluang besar untuk meraih gelar. Sayangnya ia meraih double bogey di hole 12. Birdie di hole terakhir memberinya posisi finis terbaik setelah prestasinya pada Yeangder Tournament Players Championship, Juli 2016 silam.

”Sungguh pekan yang sangat menyenangkan. Saya tidak main bagus di Singapura sepekan sebelumnya, tapi pekan ini saya main cukup bagus. Hari ini (29/1) saya hanya salah melakukan satu pukulan dan saya mesti membayar kesalahan itu. Saya berusaha untuk bertarung sampai akhir, tapi Todd melakukan putt kemenangan itu dan ia pantas menang,” ujar Pigem.

Leopalace21 Myanmar Open tahun 2017 ini merupakan kali kedua bagi Leopalace21 untuk bertindak sebagai sponsor utama. Presiden & CEO Leopalace21 Eisei Miyama mengungkapkan, pihaknya memang berkomitmen hingga 2018, tapi berniat untuk mempertimbangkan melanjutkan dukungan bagi ajang kerja sama Asian Tour dan Japan Golf Tour ini.