Tirto Tamardi menjuarai kualifikasi U.S. Amateur Championship dengan keunggulan tiga stroke dan bersiap menuju Oakmont Country Club.

Masih ingat dengan Tirto Tamardi? Pegolf asal Surabaya, Jawa Timur bernama lengkap Timothius Tirto Tamardi ini kembali menorehkan prestasi mengagumkan di Amerika setelah memastikan meraih spot untuk bertanding pada ajang U.S. Amateur Championship, yang akan digelar di Oakmont Country Club pada 9-16 Agustus 2021 bulan mendatang.

Keberhasilan Tirto ini didukung oleh performanya yang luar biasa dalam Kualifikasi U.S. Amateur yang berlangsung di Mission Inn Resort & Club, El CampeĆ³n Championship Course pada 1-2 Juli 2021. Pada putaran pertama, ia membukukan empat birdie tanpa bogey untuk skor 4-under 68, yang menempatkannya sebagai salah satu pimpinan klasemen sementara. Pegolf Jepang Kotaro Murata menyamai catatan skor tersebut setelah mencatatkan enam birdie dan dua bogey.

Lalu pada putaran final yang berlangsung kemarin (2/7), Tirto memegang keunggulan setelah di hole 3, Murata mendapat bogey. Meskipun Tirto menuntaskan sembilan hole pertamanya dengan even par berkat birdie di hole 5 dan bogey di hole 7, ia masih bisa mempertahankan keunggulannya lantaran pesaing terdekatnya itu harus puas dengan torehan 2-over.

Upaya Murata untuk bangkit juga tak kunjung membuahkan hasil lantaran ia hanya mendapatkan satu birdie di sembilan hole terakhirnya. Sementara Tirto menambah dua birdie lagi di hole 10 dan 14, yang sekaligus memberinya keunggulan empat stroke. Murata memperkecil selisih skornya dengan Tirto berkat birdie di hole 15, namun skor tersebut tak lagi cukup lantaran Tirto mempertahankan permainannya di dua hole berikutnya. Dengan keduanya sama-sama mencatatkan bogey di hole 18, Tirto berhasil memastikan keluar sebagai juara dengan keunggulan tiga stroke.

 

Timothius Tirto Tamardi pada Asia-Pacific Amateur Championship 2017 di Royal Melbourne.
Bulan Mei 2021 lalu, Timothius Tirto Tamardi menjadi pegolf pertama dari The Mountaineers yang bertanding pada ajang NCAA Regional. Foto: Brett Crockford/AAC.

 

Kemenangan ini membuat Tirto tak hanya berhak mengikuti ajang U.S. Amateur Championship, tapi juga mendapatkan medali atas permainannya yang solid dalam dua hari tersebut.

Prestasinya kali ini menjadi pencapaian terbaru dalam karier golf pemuda lulusan SMA Santa Maria Surabaya ini. Pada pertengahan bulan Mei 2021 lalu, Tirto juga menciptakan sejarah dengan menembus kompetisi elite NCAA Kingston Springs Regional. Keikutsertaannya pada kompetisi tersebut menjadikannya pegolf pertama dari Appalachian State University yang bermain pada ajang Regional NCAA tersebut. Kala itu pemuda berusia 22 tahun ini berhasil finis di jajaran 20 besar dari total peserta yang bertanding.

Sebelum bergabung dengan The Mountaineers, julukan Appalachian State University, Tirto sempat berkuliah pada Bethune-Cookman University. Selama bersama tim yang berjulukan Bobcats itu, Tirto sempat dua kali finis di sepuluh besar dan empat kali di jajaran 15 besar.

Kepastian tempat pada U.S. Amateur Championship ini memang tidak menjadikan Tirto sebagai pegolf Indonesia pertama yang bakal mengikuti salah satu ajang paling prestisius bagi golf amatir tersebut. George Gandranata menjadi salah satu pegolf Indonesia yang sempat menikmati berkompetisi di level tertinggi golf amatir di Amerika Serikat tersebut. George sempat dua kali mengikuti U.S. Amateur Championship, yaitu pada 2005 dan 2008. Sementara Rory Hie juga sempat menikmati kompetisi bergengsi tersebut pada tahun 2006.