Tim Jawa Timur akhirnya keluar sebagai juara umum cabang olahraga golf pada Pekan Olahraga Nasional XIX yang berakhir pada 27 September lalu di Bandung Giri Gahana Golf & Resort, Jatinangor.

Meskipun pada nomor terakhir, Mix Foursme, Tim Jawa Timur hanya mendapatkan medali perunggu dari perjuangan Tirto Tamardi dan Inez Beatrice Wanamarta, raihan 4 emas, 1 perak, dan 2 perunggu memastikan Jawa Timur sebagai juara umum cabang olahraga golf.

Raihan emas yang pertama dipersembahkan oleh Inez Beatrice Wanamarta ketika memenangkan nomor individu putri. Inez yang berpasangan dengan Nanda Winnet Soraya juga berhasil mempersembahkan emas setelah duet mereka berhasil mengungguli pasangan asal DKI Jakarta dan Jawa Barat. Jonathan Wijono turut menghadirkan kejutan dengan mempersembahkan emas lewat nomor individu putra.

Jawa Timur kembali menambah perolehan emas mereka melalui nomor Foursome. Lagi-lagi duet Inez dan Nanda berhasil mengungguli

Tuan rumah Jawa Barat sendiri harus puas mendapatkan satu medali emas dari nomor beregu putra. Persembahan perak dan perunggu diperoleh dari nomor Foursome Putra. Sedangkan satu perunggu lagi diperleh dari perjuangan Ribka Vania dan Patricia Walanda S di nomor Foursome Putri.

Sementara itu, Tim DKI Jakarta akhirnya bisa membawa pulang 2 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Medali emas dipersembahkan melalui nomor Foursme Putra berkat duet Elki Kow dan Cahyo Adhitomo. Medali emas kedua diperoleh dari perjuangan pasangan M. Rifqi Alam dan Kristina Natalia Yoko. Satu-satunya perunggu diperoleh dari nomor beregu putra.

Meskipun medali emas nomor terakhir sudah dimenangkan oleh Tim DKI Jakarta, toh pertarungan seru memperebutkan medali perunggu berjalan sangat seru. Tim Jawa Barat yang diwakili oleh Naraajie Emerald Ramadhanputra dan Patricia Walanda S harus menjalani 5 hole play-off dengan Tim Jawa Timur yang diwakili Tirto Tamardi dan Inez Beatrice Wanamarta. Kombinasi Tirto dan Inez akhirnya memberikan medali perunggu terakhir bagi Jawa Timur.

Dalam upacara penutupan, Ketua Panitia sekaligus Ketua Pengprov PGI Jabar Sirod Zudin mengungkapkan kebanggaannya atas terlaksananya penyelenggaraan cabang olahraga golf pada PON XIX kali ini. Beliau menyebut turnamen ini berhasil berjalan ”aman, nyaman, dan sukses” berkat kerja sama dari banyak pihak.