Tim Internasional Presidents Cup siap mendonasikan US$125.000 untuk membantu mengatasi kebakaran di Australia.

Oleh Ben Everill/PGATOUR.com

Mewakili Kapten Ernie Els dan rekan-rekannya serta para asisten kapten Tim Internasional Presidents Cup, Marc Leishman, mengumumkan sumbangan sebesar US$125.000 sebagai bagian dari sumbangan dana Presidents Cup 2019 untuk membantu upaya mengatasi kebakaran di Australia.

Pengumuman ini dilakukan oleh pemegang empat gelar PGA TOUR, yang juga berasal dari Australia ini, pada akhir putaran ketiga ajang Sony Open di Hawaii. Jumlah ini juga masih ditambah dengan upaya penggalangan dana yang ia serta beberapa rekan profesionalnya lakukan di Waialae Country Club.

“Saya ingin berterima kasih untuk seluruh anggota Tim Internasional untuk seluruh kontribusi mereka atas upaya ini dan saya tahu seluruh Australia, khususnya yang menjadi korban, akan sangat berterima kasih,” ujar Leishman.

“Kebakaran hutan ini merupakan krisis yang masih berlanjut dan akan terus melanda Australia. Jadi, dukungan dari masyarakat global sangatlah krusial. Upaya masyarakat Australia dan melihat bagaimana para pemadam kebakaran dan relawan dari seluruh dunia berjuang mengatasi bencana ini sungguh menyentuh.

“Tapi skala kerusakan yang ditimbulkan sangatlah besar dan bakal terus membutuhkan kerja sama dari seluruh penjuru dunia. Kebakaran ini diperkirakan bakal berlanjut sepanjang musim panas di Australia dan bulan-bulan ke depan. Keluarga yang telah kehilangan orang-orang yang mereka kasihi, rumah, dan kenangang yang berharga akan sangat merasakan dampaknya selama bertahun-tahun ke depan. Begitu juga dengan habitat alam liar kami yang sangat unik. Jadi, semua dukungan yang diberikan akan sangat dihargai.”

Leishman, dan sesama rekan Tim Internasional dari Australia Cameron Smith, serta para pegolf lainnya, seperti Matt Jones, Cameron Davis, Rhein Gibson, Cameron PErcy, dan Parker McLachlin telah mengumumkan akan mendonasikan dana tiap birdie dan eagle yang mereka bukukan pada turnamen ini.

“Kami berharap donasi ini tak hanya memberi dampak bagi Australia, tapi juga mendorong pihak lain untuk ikut memberi bantuan semampu mereka.”

Presidents Cup dan PGA TOUR juga menegaskan akan ikut memberikan donasi dari Sony Open hingga senilai US$125.000. Dalam dua putaran saja, dana yang dikumpulkan telah mencapai lebih dari US$14.000 dari birdie yang dikumpulkan. Dengan tambahan sumbangan PGA TOUR, plus tambahan dari Begin Again Foundation yang didirikan Leishman, jumlah ini juga bertambah hingga lebih dari US$35.000, dan dipastikan akan terus bertambah hingga turnamen berakhir.

Donasi tambahan yang signifikan dikumpulkan sebagaib agian dari upaya bersama skuad Tim Internasional, yang kalah tipis 16-14 bulan lalu ketika bertanding di The Royal Melbourne Golf Club, Melbourne, Australia.

“Tim Internasional telah dibuat merasa seperti di rumah sendiri dan sangat bersyukur atas dukungan berlimpah dan keramahan dari masyarakat di Australia. Para pemain kami sama-sama berkomitmen untuk membantu mengatasi bencana kebakaran yang tragis ini, mendukung para pria dan wanita pemberani yang berjuang mengatasinya dan mereka yang terkena dampak bencana ini,” ujar Els.

“Kami berharap donasi ini tak hanya memberi dampak bagi Australia, tapi juga mendorong pihak lain untuk ikut memberi bantuan semampu mereka.”

Hingga saat ini, lebih dari 10 juta hektar (sekitar 38.610 mil persegi) telah terbakar hingga di enam negara bagian Australia. Wilayah tersebut luasnya hampir mencapai luas Virginia, negara bagian tempat Leishman menetap saat ini.

Adam Scott turut berperan dalam membantu upaya mengatasi kebakaran di negerinya. Foto: PGA of Australasia.

Sebagai pertimbangan, kebakaran hutan hujan basah Amazon tahun 2019 telah membakar lebih dari 7 juta hektar, sementara kebakaran California pada tahun 2019 mencapai 100.000 hektar pada tahun 2019, dan 404.000 hektar pada tahun 2018.

Sejumlah titik api masih menyala. Dan sejauh ini ada 27 jiwa telah melayang dan ribuan rumah terbakar. Beragam satwa unik juga turut menjadi korban dengan lebih dari jutaan hewan liar mengalami dampaknya. Timbul pula kekhawatiran bahwa spesies-spesies yang lebih kecil bisa mengalami kepunahan atau mengalami kepunahan secara fungsional. Kepunahan fungsional menandakan titik di mana spesies tertentu tak lagi memainkan peranan yang signifikan dalam ekosistemnya.

Veteran Tim Internasional, Adam Scott, juga ikut berpartisipasi dalam upaya ini.

“Dukungan dari seluruh dunia benar-benar luar biasa, tapi masih ada banyak yang harus dilakukan,” ujar pemegang 13 gelar PGA TOUR ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada tim ini, yang telah memberi sumbangan kepada tempat yang selama ini begitu dekat buat saya dan telah melakukan banyak hal untuk mendukung Presidents Cup dan golf. Kebakaran ini diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Maret, jadi dukungan sangatlah diharapkan, dengan cara apapun yang bisa Anda lakukan.

Leishman dan sesama pemain yang bertanding pada Sony Open akan terus mengajak sesama pemain lainnya untuk ikut mendukung upaya ini dan memastikan nilai US$125.000 itu bisa mengimbangi nilai yang juga disumbangkan Presidents Cup dan PGA TOUR.