Pemenang partai yang mempertemukan para pegolf terbaik Indonesia dengan para pegolf profesional Malaysia ditentukan hari Kamis (17/10). Tim mana yang berhak menang?

Turnamen Indonesian Golf Tour (IGT)-Professional Golf of Malaysia (PGM) Championship 2019 kemarin (16/10) kembali dilanjutkan dengan sesi Fourball yang seyogianya dimainkan pada Selasa (15/10) sore.

Usai berbagi poin 2-2 pada sesi Foursome pagi, sesi Fourball yang terpaksa dimainkan Rabu pagi akhirnya kembali memberi poin yang sama. Tim Indonesia mendapat tambahan dua poin dari pasangan Elki Kow dan Adrian Halimi dengan Danny Masrin dan Joshua Andrew Wirawan.

Duet Elki dan Adrian mampu menjungkalkan pasangan Wilson Chao dan Kemarol Baharin dengan 2-up, sedangkan Danny dan Joshua menggulung Rizal Amin dan Ramli dengan 4&3.

Sementara itu, dua poin Malaysia disumbangkan duet Shahriffuddin Bin Ariffin dan Nachimuthu Ramasamy, yang menundukkan Rinaldi Adiyandono dan Almay Rayhan dari Indonesia dengan 2-up, serta Amir Nazrin dan Kim Leun Kwang yang menghempaskan George Gandranata dan Naraajie Emerald Ramadhan Putra dengan 1-up. Hasil tersebut membuat posisi kedua tim menjadi 4-4.

Ketika sesi Foursome Rabu dimainkan, pasangan Rinaldi Adiyandono dan Adrian Halimi berhasil menyumbangkan poin bagi Indonesia. Duet ini mengalahkan pasangan Sukree Othhman dan Daeng Rahman dengan 7&6.

Namun, Malaysia mengimbangi perolehan poin Indonesia melalui duet kuat Amir Nazrin dan Nicholas Fung, yang menjegal pasangan kuat Indonesia Danny dan Naraajie dengan 2&1. Indonesia lagi-lagi menambah poin dari George dan Naraajie yang sukses menghentikan Wilson dan Kim dengan 2&1 di hole 17.

Indonesia sebenarnya masih berpeluang untuk mendulang satu poin dari Elki dan Jonathan Wijono yang masih unggul 1-up hingga green hole 18. Namun, putt birdie Siva Chandran dari Malaysia dari jarak 10 meter memupuskan kemenangan itu, sehingga kedudukan all square bagi kedua tim. Kedua tim berbagi angka ½. Tim IGT pun untuk sementara unggul 6½-5½ dari PGM Malaysia.

“Kita sebenarnya start agak berat di pertandingan pagi (fourball Selasa). Namun, George dan Naraajie bisa membalikkan keadaan (dari tertinggal) hingga akhirnya bisa menang di hole 17. Saya awalnya berharap bisa meraih 7½ dari tiga pertandingan terakhir, tetapi putt Siva dan kekalahan Danny-Naraajie menghasilkan skor 6½. Tapi saya pikir hasil ini cukup positif dengan komposisi tim yang sebenarnya lebih kuat tahun lalu. Tetapi, kali ini semua anggota tim tampil sangat baik di tiga partai dan kita harapkan momentum ini terus ada hingga partai single besok,” kata Kapten IGT Jubilant “Teddy” Harmidy.

Fourball Rabu siang dimulai pada pukul 14.45. Namun, lagi-lagi waktu tidak cukup untuk menyelesaikan empat pertandingan. Pertandingan terhenti pada pukul 17.30 karena hari sudah gelap. Grup terakhir yang berisikan Elki dan Jonathan (Indonesia) dengan Rizal dan Kemarol (Malaysia) baru berada di hole 7, sedangkan grup pertama (Jordan Irawan dan Almay dari Indonesia dengan Shahriffuddin Bin Ariffin dan Nachimuthu Ramasamy) di hole 10. Pertandingan tersebut akan dilanjutkan pada besok pagi pukul 06.30, yang nanti kemudian akan diteruskan dengan partai single yang memainkan 12 pertandingan.

IGT-PGM Championship 2019 menggunakan format match play. Ada tiga jenis pertandingan yang digelar selama tiga hari turnamen, yaitu foursome, fourball, dan single. Dua hari pertama (15-16 Oktober), IGT-PGM Championship 2019 akan mempertandingkan empat pertandingan foursome (pagi) dan empat pertandingan fourball (siang). Di hari terakhir, nomor single akan menampilkan 12 pertandingan. Total pertandingan selama tiga hari itu adalah 28, yang menyediakan 28 poin.

Tim yang mencapai poin 14½ akan menjadi pemenang turnamen. Namun, jika kedua tim mengumpulkan poin yang sama (14), juara IGT-PGM Championship 2018 sebelumnya akan mempertahankan gelar juara.

IGT-PGM Championship 2019 menyediakan total hadiah Rp600 juta. Pemenang IGT-PGM Championship akan mendapatkan 65% dari total hadiah, sedangkan tim yang kalah akan mendapatkan 35%.

HASIL FOURSOME SELASA PAGI

Elki Kow & Jordan Irawan ​​​3&1 vs. ​Sukree Othman & Daeng Rahman​
Jonathan W. & Kevin Akbar AS (all square)​ vs​. AS ​Wilson Chao & Kim Leun Kwang
Danny Masrin & Andrew Wirawan​ AS​ vs. AS ​Nicholas Fung & Amir Nazrin
George Gandranata & Naraajie Emerald 4&3​ vs​​. Siva Chandran & Rizal Amin

HASIL FOURBALL SELASA SIANG

Rinaldi Adiyandono & Almay Rayhan​​ ​2-up ​vs. Shahriffuddin & Nachimuthu R.
Elki Kow & Adrian Halimi​​ 2-up ​vs​​. Wilson Choo & Kemarol Baharin
Danny Masrin & Andrew Wirawan​ 4&3​ vs. Rizal Amin & Razli
George Gandranata & Naraajie Emerald 1-up vs. ​Amir Nazrin & Kim Leun Kwang

HASIL FOURSOME RABU PAGI

Danny Masrin & Andrew Wirawan​​ 2&1 vs. Amir Nazrin & Nicholas Fung
George Gandranata & Naraajie Emerald 2-up​ vs. ​​Wilson Chao & Kim Leun Kwang
Jonathan Wijono & Elki Kow ​​AS​ vs. ​AS ​Shahriffuddin & Siva Chandran
Rinaldi Adiyandono & Adrian Halimi 7&6​ vs. Sukree Othman & Daeng Rahman

Leave a comment