Tim Asia sukses mencatatkan keunggulan pada hari pertama EurAsia Cup presented by DRB-HICOM. Keunggulan 3½-2½ atas Tim Eropa ini menjadi sebuah catatan bersejarah bagi Tim Asia dan jelas pantas dirayakan mengingat sejak pertama kali dipertandingkan pada 2014 lalu, Tim Asia belum pernah melewati hari pertama dengan memimpin dari Tim Eropa.

Tampil sebagai tim yang dianggap tidak diunggulkan, Tim Asia menunjukkan performa yang menakjubkan pada partai Fourball, sekaligus menegaskan kesiapan mereka untuk meraih kemenangan EurAsia Cup di Glenmarie Golf and Country Club.

Duo asal Inggris Tommy Fleetwood dan Paul Casey memang sempat membawa Tim Eropa meraih kemenangan pertama ketika mereka berhasil menaklukkan pasangan An Byeonghun asal Korea dan Kiradech Aphibarnrat asal Thailand dengan 4&3.

Meskipun demikian, arah pertandingan berbalik ketika pegolf Malaysia yang baru meraih gelar Order of Merit Asian Tour Gavin Green yang berpasangan dengan pegolf Jepang Yuta Ikeda pada partai kedua. Mereka berhasil menaklukkan Thomas Pieters (Belgia) yang diduetkan dengan Matthew Fitzpatrick (Inggris) 2&1.

Poin berikutnya berhasil dipersembahkan oleh duet Phachara Khongwatmai (Thailand) dan Hideto Tanihara (Jepang). Kombinasi jitu yang diterapkan oleh Kapten Arjun Atwal ini terbukti sangat jitu lantaran ketajaman permainan Phachara ditambah dengan pengalaman Tanihara sukses menaklukkan Alex Noren (Swedia) dan Paul Dunn (Irlandia), 2-up.

Pukulan telak berikutnya dihadirkan oleh duo debutan Kang Sunghoon asal Korea dan Poom Saksansin asal Thailand dengan menaklukkan juara Major asal Swedia Henrik Stenson dan pegolf Perancis Alexander Levy dengan kemenangan telak 5&4.

Sementara itu, duo India Anirban Lahiri dan S.S.P. Chawrasia harus mengakui keunggulan duet Inggris lainnya Rosh Fisher dan Tyrrell Hatton, 5&4.

Namun, pegolf China yang bintangnya bersinar pada The Open Championship 2017 lalu Li Haotong pun sukses memberikan hari yang sangat dinanti-nantikan ketika ia sukses memasukkan birdie dari jarak 15 kaki di hole 18 untuk mencuri setengah poin. Bermain bersama bintang Malaysia Nicholas Fung, ia berhasil memaksa Bernd Wiesberger (Austria) dan Rafa Cabrera Bello (Spanyol) untuk berbagi poin.

Hasil positif pada hari pertama ini jelas membanggakan Kapten Arjun Atwal. Sejak awal Atwal berkeyakinan tinggi dan yakin bahwa sikap yang rileks akan terus menjadi kunci sukses tim untuk pekan ini.

”Saya sangat gembira dengan hasil hari ini dan bagaimana hari ini berjalan, khususnya pada partai Li Haotong. Partai itu menjadi sangat penting buat saya karena setengah poin tersebut memberi dorongan psikologis bagi tim kami,” tutur Atwal.

”Para pemain dalam tim saya semuanya adalah para jawara dan mereka tahu harus melakukan apa agar bisa menang. Yang saya inginkan ialah agar mereka tetap rileks dan tetap menikmati permainan besok.”