Tiger Woods tampil di jajaran atas klasemen hari pertama ZOZO CHAMPIONSHIP.

Tiger Woods berbagi posisi teratas dengan Juara U.S. Open 2019 Gary Woodland setelah keduanya sama-sama menorehkan skor 6-under 64. Woods mencatatkan sembilan birdie dengan tiga bogey untuk menjadi salah satu pimpinan klasemen pada akhir hari pertama ajang ZOZO CHAMPIONSHIP.

Pemegang 15 gelar Major ini memainkan turnamen pertamanya sejak BMW Championship dengan membukukan tiga bogey berturut-turut, sesuatu yang kemudian ia akui membuatnya kesal. Woods memang layak merasa kesal, terutama lantaran di tiga hole tersebut swing-nya sama sekali tidak bermasalah. Ia kemudian memutuskan untuk mengatur ulang targetnya di sembilan hole pertamanya agar setidaknya bisa menuntaskan dengan even par.

Setelah meraih par di hole 13, Woods kemudian mencatatkan empat birdie di lima hole berikutnya dan bahkan beralih ke sembilan hole keduanya dengan 1-under.

“Setelah beberapa hole pertama, pukulan saya menjadi lebih baik. Putting saya juga bagus.” – Tiger Woods

Ia kemudian kembali mendapat tiga birdie berturut-turut di hole 3, 4, dan 5. Birdie ke-8 yang ia dapatkan di hole 7 sempat membuatnya memimpin klasemen sendirian. Dan birdie di hole terakhir pada hari ini (24/10) membuatnya menorehkan skor 6-under 64. Skor 64 ini sekaligus menjadi skor terendah untuk membuka sebuah musim kompetisi sepanjang kariernya.

“(Setelah tiga bogey di tiga hole pertama itu) saya berusaha untuk menutup sembilan hole pertama dengan even par, pada dasarnya itulah yang menjadi target saya saat itu, dan saya ternyata bisa mendapat satu stroke lebih baik,” tutur Woods.

“Setelah beberapa hole pertama, pukulan saya menjadi lebih baik. Putting saya juga bagus, saya melakukan banyak putt yang bagus dan membuatnya masuk.”

Woods sempat memberi tahu kedinya, Joey, bahwa putaran pertama ini merupakan salah satu putaran teraneh yang pernah ia alami setelah sekian lama.

“Sepertinya, tiap putt yang saya masukkan, kecuali satu di hole 7, adalah putt dari kiri ke kanan. Benar-benar gila. Rasanya saya memasukkan tujuh atau delapan putt dari kiri ke kanan hari ini, saya terus melakukan putt dari kiri ke kanan dan dari kiri ke kanan lagi. Dan kemudian di hole 7 itu menjadi pembeda, yang merupakan putt dari kanan ke kiri, bagus juga, tapi aneh rasanya. Bahkan di hole sembilan itu kembali putt dari kiri ke kanan,” papar Woods.

Terlepas dari hal tersebut, performa Woods pada hari pertama ini memang mengagumkan. Ia mencatatkan 15 dari 18 green in regulation. Dari jumlah tersebut, 14 di antaranya ia lakukan secara berturut-turut. Ia juga mendapatkan angka di semua par 3, di mana ia berhasil main 4-under di seluruh par 3 di Accordia Golf Narashino Country Club ini.

Woodland Menyamai Skor Woods
Satu pemain yang sanggup menyamai skor Tiger Woods hari ini ialah Juara U.S. Open 2019 Gary Woodland. Pegolf berusia 35 tahun ini bermain sangat baik, membukukan enam birdie tanpa bogey sama sekali. Woodland, yang mulai bermain dari hole 1 bermain 4-under di sembilan hole pertamanya itu, sebelum kemudian menambah dua birdie lagi, termasuk di hole 18.

Meskipun Woods memainkan putter-nya dengan sangat baik, Woodland bahkan berhasil lebih baik lagi. Pada hari pertama ini Woodland mencatatkan rata-rata putting 1,39 kali dan menjadi yang terbaik dari 78 peserta yang berpartisipasi pada ajang yang memperebutkan total hadiah senilai US$9,75 juta ini.

“Saya bermain dengan baik dari tee ke green. Kapan pun saya bisa mengendalikan bola di green dari fairway dan memasukkan beberapa putt bakal membuat hari itu menjadi lebih baik. Tapi saya sebenarnya berhasil memanfaatkan momentum setelah finis di posisi yang bagus pada akhir pekan lalu (pada THE CJ CUP @ NINE BRIDGES),” tutur Woodland.

Woodland mengakui bahwa performanya dalam beberapa pekan terakhir ini menjadi suatu hal yang memuaskan. Usai menjuarai U.S. Open, ia menilai performa short game-nya menurun. Bahkan ia merasa kehilangan kemampuan terbaiknya dalam memukul bola. Ia berjuang keras untuk mengembalikan performanya dan hasilnya, dalam tiga putaran terakhir bermain pada PGA TOUR, ia telah membukukan 19-under.

Sementara itu, lima pegolf Asia berada di jajaran sepuluh besar pada hari pertama ZOZO CHAMPIONSHIP. Hideki Matsuyama berada di tempat ketiga dengan selisih hanya satu stroke dari Woods dan Woodland, sementara Kang Sung ada di posisi T4 bersama Daniel Berger dan Ryan Palmer. Ryo Ishikawa dan Rikuya Hoshinoa, serta C.T. Pan kini berada di posisi T7,

Adapun Juara Japan Skins Jason Day harus memulai ZOZO CHAMPIONSHIP dengan skor 3-over 73 dan untuk sementara berada di peringkat T58. Sedangkan Rory McIlroy berada di posisi T47, satu stroke lebih baik daripada Day.

Leave a comment