Kim Siwoo, Lee Kyounghoon, dan Hideki Matsuyama melangkah ke putaran akhir pekan THE NORTHERN TRUST.

Tiga dari tujuh wakil Asia yang tampil pada ajang THE NORTHERN CUP, ajang FedExCup Playoff pertama pekan ini berhasil melangkah ke putaran akhir pekan. Dua pegolf Korea, Kim Siwoo dan Lee Kyounghoon, serta pegolf Jepang Hideki Matsuyama akan melanjutkan perjuangan mereka pada putaran ketiga dan keempat di TPC Boston, sekaligus memperbaiki peringkat mereka pada klasemen FedExCup.

Kim Siwoo kembali menampilkan performa yang cemerlang. Setelah pada hari pertama menorehkan skor 3-under 68, kemarin juara THE PLAYERS 2017 ini mencatatkan 9 birdie dengan hanya 2 bogey untuk meraih skor 64. Hasil ini melambungkan peringkatnya sebanyak 21 tempat hingga kini menempati posisi T9.

Kim berhasil mempertahankan akurasi pukulannya pada putaran kedua. Pukulannya mencapai 14 dari 18 green, yang turut membantunya memperbaiki catatan putting-nya menjadi 1,5 per green in regulation.

Musim ini menjadi musim kelima berturut-turut bagi Kim untuk tampil pada FedExCup Playoff ini. Prestasi terbaiknya musim ini adalah T13 pada PGA Championship, finis Major terbaik dalam kariernya, dan T3 pada Wyndham Championship pekan lalu, turnamen yang juga ia menangkan pada 2016. Kini ia hanya berjarak lima stroke dari Dustin Johnson yang tampil sebagai pimpinan klasemen.

Sementara itu, rekan senegaranya, Lee, menorehkan skor 68 setelah sehari sebelumnya membukukan skor 67. Setelah bermain tanpa bogey dan menorehkan 4 birdie pada putaran pertama, kartu skor pegolf berperingkat 224 dunia ini menjadi lebih berwarna pada hari kedua. Selain mencatatkan 7 birdie, ia terpaksa mendapat 2 bogey dan satu double bogey di hole 6.

Bersama Ian Poulter, Lee menjadi pemain yang mengakhiri putaran pertama dan kedua di peringkat yang sama. Jika Poulter mempertahankan posisi T12, Lee mempertahankan peringkat 20. Skor total 7-under 135 menempatkannya 8 stroke di belakang Dustin Johnson.

Jika berhasil mempertahankan performanya, Lee diprediksi bisa memperbaiki peringkatnya hingga ke jajaran 20 besar FedExCup. Dan posisi itu sangat cukup baginya untuk tampil pada TOUR Championship untuk pertama kalinya.

 

 

Adapun pegolf Asia tersukses saat ini, Matsuyama, berhasil memperbaiki catatan skornya, meskipun hanya satu stroke lebih baik daripada hari pertama. Ia menorehkan skor total 3-under 139 dan kini menempati peringkat T58.

Johnson, pegolf peringkat 4 dunia, membukukan skor 60 dan mengoleksi skor total 15-under 127 untuk memimpin dua stroke dari Scottie Scheffler. Meski demikian, Scheffler menjadi sorotan lantaran membukukan skor 59 dan menjadi pegol ke-11 dalam sejarah PGA TOUR yang berhasil mencatatkan skor di bawah 60. Skor 59 miliknya turut memecahkan rekor skor terendah di TPC Boston.

Mengapa Perlu Memperbaiki Peringkat?
Rangkaian FedExCup Playoff menerapkan kualifikasi yang berbeda. Agar bisa mengikuti THE NORTHERN TRUST pekan ini, para pegolf PGA TOUR harus berada di jajaran 125 besar pada daftar peraih poin atau klasemen FedExCup.

Namun, untuk bisa kembali bertanding pada ajang Playoff pekan depan, BMW Championship, seorang pegolf harus berada di jajaran 70 besar. Itulah sebabnya THE NORTHERN TRUST ini bakal menjadi turnamen penentu bagi banyak pemain. Kemenangan pada pekan ini dipastikan akan melambungkan peringkat mereka, sekaligus memperbesar peluang bertanding pada turnamen pamungkas TOUR Championship.

TOUR Championship menjadi turnamen eksklusif bagi 30 pegolf teratas. Dan peringkat pada klasemen FedExCup juga akan menentukan seberapa besar cadangan skor under yang akan mereka dapatkan untuk mulai bertanding di East Lake Golf Club, Atlanta.

Sejak tahun lalu, PGA TOUR menetapkan bahwa pegolf yang tampil sebagai peringkat teratas pada TOUR Championship akan langsung mendapat skor 10-under. Pemain yang ada di peringkat kedua memulai dengan 8-under; peringkat ketiga memulai dengan 7-under; peringkat empat dengan 6-under; peringkat lima dengan 5-under; perinngkat 6-10 dengan 4-under; peringkat 11-15 dengan 3-under; peringkat 16-25 dengan 1-under; dan peringkat 26-30 dengan even par. Itulah sebabnya para pegolf profesional ini wajib berjuang habis-habisan untuk memastikan mendapat tabungan yang besar.

Sejauh ini, Im (peringkat 5) dan Matsuyama (18) sudah dipastikan ada di posisi aman untuk mengikuti turnamen pamungkas musim 2019-2020. Sementara An (31), Kang (61), dan Zhang (70) ada di jajaran 70 besar yang akan dapat mengikuti BMW Championship. Adapun Kim (82) dan Lee (110) harus memastikan finis di papan atas agar bisa menempatkan diri mereka di jajaran 70 besar.