Pegolf Jepang Hideto Tanihara dan Satoshi Kodaira, serta pegolf Korea Kang Kyungnam sama-sama memimpin SMBC Singapore Open putaran pertama kemarin (19/1). Ketiga pemain ini sama-sama mencatatkan skor 6-under 65 untuk menguasai puncak klasemen ketika putaran pertama mesti dihentikan lantaran hari mulai gelap.

Kemarin hujan terpaksa menunda turnamen kerja sama Asian Tour dan Japan Golf Tour Organization ini hingga dua setengah jam sehingga 69 pegolf terpaksa melanjutkan putaran pertama mereka pada pagi tadi.

Tanihara yang telah beberapa kali meraih gelar pada Japan Golf Tour memberi tontonan menarik bagi publik yang datang menyaksikan langsung aksinya. Ia mendapatkan 7 birdie dan hanya satu bogey.

”Secara keseluruhan ini putaran yang bagus. Saya langsung terbang ke Singapura setelah putaran final Hawaiian Open berakhir. Jet-lag saya tak begitu buruk. Saya sempat bangun beberapa kali, tapi bisa tidur,” tutur Tanihara. ”Saya merasa nyaman dengan putting saya lantaran bisa membaca green dengan baik. Setelah pengalaman tahun lalu, saya tahu cuaca berubah dengan cepat di sini. Jadi, saya sudah siap untuk menghadapi petir dan hujan.”

Adapun pegolf dari Malaysia Gavin Green juga menunjukkan performa yang bagus mendapatkan skor 66 dan berada di posisi keempat dengan pegolf Amerika Serikat Seungshu Han dan bintang baru dari Thailand Pavit Tangkamolprasert, yang berhasil mencatatkan birdie di hole terakhir, persis sebelum sirene berbunyi.

”Putting saya bagus hari ini,” ujar Green. ”Saya main agak lebih cerdas ketimbang tahun lalu. Lapangan ini sangat sesuai dengan permainan saya. Saya mencoba untuk memainkan 2-iron di beberapa hole untuk meraih par dan selalu 8 atau 9-iron untuk pukulan kedua saya. Saya benar-benar menikmati permainan kali ini ketimbang tahun lalu.”

Sementara itu, pegolf tuan rumah Quincy Quek yang baru saja mendapatkan putri pertamanya persis lima hari sebelum turnamen dimulai mengawali putaran kemarin dengan baik dan berada 3 pukulan di belakang Tanihara, Kodaira, dan Kang.

Sementara itu, juara BANK BRI-JCB Indonesia Open 2016 Gaganjeet Bhullar dan duo Filipina Antonio Lascuna dan Miguel Tabuena, dan pegolf Afrika Selatan Jbe Kruger juga menempati posisi yang sama dengan Quek di peringkat 11.

Putaran pertama selesai dimainkan siang ini dan menempatkan juara tiga kali Singapore Open dan juara Major asal Australia, Adam Scott di peringkat 14 bersama sang juara bertahan Song Younghan setelah keduanya sama-sama bermain dengan skor 68. Adapun Sergio Garcia hanya bermain even par pada debutnya di Sentosa Golf Club Serapong Course ini. Pemenang Major asal Afrika Selatan Ernie Els bermain 2-over 73.

SMBC SIngapore Open ini sekaligus menjadi kualifikasi untuk mengikuti ajang Major tertua di dunia, The Open Championship.