Pegolf Kanada Richard Jung, Kim Dongmin dari Korea, dan Gunn Charoenkul dari Thailand memegang posisi teratas pada ajang PGA TOUR Series-China keempat musim 2019 ini, Beijing Championship. Ketiga pemain ini mencatatkan hasil yang sangat solid pada hari pertama dengan torehan 6-under 66.

Jung, yang juga memegang status bermain penuh pada Japan Golf Tour, mengikuti turnamen keduanya musim ini pada Tor ini dan memulai hari pertama ini dengan luar biasa dan nyaris tanpa cacat. Permainannya yang nyaris sempurna ini terlihat dari enam birdie dan tanpa bogey yang ia torehkan.

Kini ia berusaha untuk mengulangi gaya bermainnya yang solid dan agresif pada musim 2018, ketika ia menjuarai salah satu seri, Suzhou Open. Ia sendiri harus merelakan menunda bermain pada Web.com Tour lantaran berada hanya satu tempat di belakang batas kualifikasi pada Web.com Tour Qualifying Tournamen. Saat itu, ia finis di peringkat 11 pada Order of Merit.

Pemenang dua gelar PGA TOUR Series-China asal Thailand, Gunn Charoenkul (kanan), menyamai raihan Richard Jung dan menghadirkan persaingan pada putaran pertama. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

“Saya memukul ke seluruh fairway dan green, mungkin bola saya hanya meleset di satu fairway. Pukulan saya juga mengantar bola berhenti begitu dekat dari pin, dan permainan agresif saya benar-benar berhasil,” ujar Jung mengenai putaran pertamanya.

“Tahun lalu saya mematok terlalu banyak target bagi diri sendiri, tapi tahun ini saya hanya ingin main cerdas. Saya membuat terlalu banyak kesalahan, jadi sekarang saya bermain cerdas dan putting saya pun bisa masuk. Saya pikir saya bisa melakoni musim ini dengan bagus.”

Sementara itu, Charoenkul berhasil bangkit setelah mengawali putaran pertama dengan dua bogey. Ia berhasil menorehkan enam birdie dan sebuah eagle untuk mengimbangi skor rendah yang dipatok oleh Jung. Pegolf yang sempat menjuarai dua turnamen, masing-masing pada tahun 2014 dan 2016 ini kembali menorehkan hasil yang solid. Dalam dua turnamen pertama musim ini, ia berhasil menembus sepuluh besar dalam dua kesempatan.

“Saya kurang berhati-hati di dua hole pertama dan melakukan tiga putt di hole pertama. Saya masih belum bisa menduga arah angin, tapi setelah itu saya mulai mengetahuinya,” ujar Charoenkul. “Saya melakukan apa yang mesti saya lakukan dam bisa mengamankan par ketika melakukan kesalahan dan mempertahankan momentum. Kalau putting saya bisa terus tajam, saya pikir saya akan memiliki peluang yang bagus.

Kim Dongmin berusaha memperbaiki tiga penampilan pertama musim 2019 ini dengan menorehkan skor 6-under 66. Foto: PGA TOUR Series-China/Liu Zhuang.

Sementara itu, Kim Dongmin yang baru berusia 20 tahun, merupakan juara dari Global Qualifying Tournament yang digelar di Phuket. Ia dua kali gagal lolos cut dalam dua turnamen dan menorehkan finis di peringkat 54 pada ajang Haikou Championship. Kini ia berniat untuk memperbaiki performanya.

Tiga pemain berada di tempat keempat setelah sama-sama menorehkan skor 5-under 67. Mereka adalah Steve Lewton dari Inggris, yang kini berada di peringkat 15 Order of Merit, Berni Reiter dari Austria, dan Yoon Gyungsik dari Korea.

Pada hari pertama ini, empat pemain akhirnya tidak dapat turun bertanding. Aaron Wilkin, Joe Heraty, Ryan Chisnall, dan Velten Meyer mengalami keracunan makanan pada awal pekan ini. Meyer, yang harus dibawa ke rumah sakit pada hari Rabu (9/5) ini harus mengalami perawatan khusus lantaran mobil yang digunakan untuk mengantarkannya mengalami tabrakan sehingga ia akhirnya harus mendapatkan jahitan di kepalanya.

Leave a comment