Justin Thomas mempertahankan keunggulan satu stroke berkat dua birdie di tiga hole terakhir.

Dua birdie di tiga hole terakhir membantu Justin Thomas mempertahankan posisi teratas menuju putaran final ZOZO CHAMPIONSHIP. Kali ini ia berhasil menghindari kejaran Jon Rahm dengan keunggulan satu stroke.

Pada putaran ketiga kemarin (24/10), Thomas harus berjibaku untuk mencatatkan skor 5-under 67 di Sherwood Country Club. Ia bahkan mendapat keberuntungan di hole 16 par 5 ketika pukulan drive-nya yang melenceng justru berhasil terhindar dari area penalti. Ia kemudian mendapat birdie di sana. Lalu birdie dari jarak 9 meter di hole 17 itu akhirnya membuatnya mempertahankan posisi teratas. Ini menjadi yang ke-14 kali dalam kariernya ia berhasil menjadi pimpinan klasemen atau berbagi puncak klasemen setelah 54 hole.

Pemegang 13 gelar PGA TOUR ini jelas merasa lega bisa mempertahankan posisi teratas dengan catatan 19-under 197. Sampai putaran ketiga ini, ia menjadi pemain terbaik pada kategori skor rata-rata di sembilan hole terakhir (31,00) dan mengumpulkan total 15-under tanpa bogey.

”Perjuangan solidlah yang membuat saya bisa bertahan di posisi atas. Rasanya saya tidak bermain sebagus dua hari pertama atau tidak memiliki permainan terbaik, tapi bisa mencatatkan skor seperti ini jelas sangat besar artinya,” ujar Juara FedExCup 2017 ini.

 

 

”Birdie di hole 16 dan 17 juga sangat penting karena memberi saya sedikit momentum dan menuntaskan hari yang menurut saya terbilang tidak terlalu istimewa. Saya mendengar bola saya menghantam ranting-ranting pohon (di hole 16) dan ketika itulah Bones (komentator lapangan, Jim MacKay) berujar kalau bolanya ada di dekat rough. Saya pikir saya beruntung di sana. Saya hanya berusaha tetap sabar, memahami bahwa hal-hal positif akan segera terjadi.”

Pegolf No.2 Dunia Jon Rahm kini menempel Thomas usai membukukan skor 63. Pada hari ketiga ini ia mencatatkan tujuh birdie denagn satu eagle. Permainannya kali ini ditandai dengan keberhasilannya mengantarkan bolanya ke 13 fairway, sesuatu yang baru kali ini ia capai pada PGA TOUR. Selain itu, ia juga memenuhi 15 green in regulation, yang sekaligus menempatkannya sebagai pemain terbaik untuk kategori itu. Pegolf Spanyol ini juga menjadi yang terbaik untuk kategori Strokes Gained: Putting dengan catatan 2,8 stroke dan 25 putt per green in regulation.

Rahm lekas panas setelah memasukkan birdie dari jarak 5 meter di hole 1, eagle di hole berikutnya, dan sudah bermain 6-under dalam tujuh hole pertamanya.

”Memasukkan putt di hole 1 dan 2 seakan membuat saya merasa tak perlu melakukan pukulan untuk menyenggol bola dan membuat birdie dan hal ini membuat saya lebih lepas. Kali ini saya mendapatkan putaran yang sangat, sangat bagus. Lima setengah putaran yang lalu putter saya sama sekali tidak tajam, saya tak berhasil memasukkan bola. Putting di hole 1 dan 2 itu menajdi momentum yang bagus dan percaya diri saya pun melambung,” ujar Rahm, yang hanya berjarak satu stroke dari Thomas.

 

Skor 63 membawa Jon Rahm ke posisi kedua dan menjadi pesaing terdekat bagi Justin Thomas pada putaran final ZOZO CHAMPIONSHIP @ SHERWOOD, Minggu (25/10). Foto: Getty Images.

 

Dari posisi ketiga, Lanto Griffin akan menghadapi ujian terbesar dalam upayanya meraih gelar PGA TOUR kedua. Dengan skor 17-under 199, ia harus bersaing dengan pemain top, Thomas dan Rahm.

”Jelas kualitas pesertanya berbeda, lapangannya juga berbeda. Bermain menghadapi Jon Rahm dan Justin Thomas jelas berbeda, tidak ada cara lain, jadi saya harus bermain dengan sangat bagus besok (hari ini). Saya sangat sadar akan hal ini, tapi juga merasa menyenangkan. Inilah yang saya impikan, posisi yang saya impikan seumur hidup saya. Berangkat dari Tour mini, Korn Ferry Tour, dan sekarang bisa bermain dengan para pemain terbaik di dunia pada grup pamungkas, bakal sangat menyenangkan,” ujarnya.

Putaran final hari ini (25/10) jelas bakal menghadirkan persaingan yang paling sengit. Selain Rahm dan Griffin, pimpinan klasemen hari pertama Sebastian Muñoz, Ryan Palmer, dan Patrick Cantlay sama-sama berselisih tiga stroke dari Thomas setelah ketiganya sama-sama mengumpulkan 16-under 200 dan berada di posisi keempat.

Satoshi Kodaira masih menjadi pegolf Jepang dan Asia terbaik pada akhir putaran ketiga. Dengan skor total 12-under 204, ia kini ada di posisi T20. Sementara itu, juara bertahan Tiger Woods sepertinya harus menunda memecahkan rekor setelah harus puas bermain dengan skor 71 dan akan memulai putaran final dari posisi T68.