Miguel Angel Jimenez alias The Mechanic mencatatkan rekor baru sebagai pegolf dengan penampilan terbanyak pada European Tour.

Miguel Angel Jimenez kembali menciptakan sejarah baru. Ketika ia memukul bolanya di hole pertamanya pada ajang kedua rangkaian UK Swing, Hero Open, kemarin (30/7), pegolf Spanyol ini resmi menorehkan rekor baru. Inilah penampilan ke-707 baginya bermain pada ajang European Tour.

Pegolf berusia 56 tahun ini melampaui rekor yang selama ini dipegang oleh Sam Torrance dengan 706 turnamen. Pegolf Skotlandia itu sendiri menandai penampilan terakhirnya di level European Tour sepuluh tahun silam.

Lebih istimewa lagi, Jimenez merayakan pencapaian fenomenal ini dengan menakjubkan. Performanya pada hari pertama Hero Open itu ia tandai dengan 8 birdie dan tanpa satu pun bogey! Dengan skor 8-under 64 itu, ia berada di jajaran atas klasemen, hanya terpaut dua stroke dari rekan senegaranya, yang sudah jelas jauh lebih muda, Sebastian Garcia Rodriguez.

Pegolf kelahiran Malaga ini memang tidak asing dengan rekor. Sepanjang 32 tahun berkarier sebagai pegolf profesional, Jimenez telah menorehkan sejumlah rekor, bahkan memperbarui rekornya sendiri. Ia menjadi pegolf tertua yang menjuarai ajang European Tour, untuk pertama kalinya pada tahun 2012. Sebelum itu, pegolf Irlandia Des Smyth adalah pegolf tertua yang meraih kemenangan European Tour lewat gelar Madeira Island Open 2001. Kala itu Smyth berusia 48 tahun dan 34 hari. Jimenez memecahkan rekor itu tatkala menjuarai Hong Kong Open 2012 dalam usia 48 tahun dan 318 hari.

Untuk pertama kalinya Jimenez memperbaiki catatan rekornya itu setahun kemudian. Lagi-lagi pada ajang Hong Kong Open, ia menorehkan rekor baru dalam usia 49 tahun dan 318 hari.

Terakhir Jimenez menjuarai Open de Espana 2014 dalam usia 50 tahun dan 133 hari.

 

Jimenez juga memegang rekor sebagai pegolf dengan hole-in-one terbanyak pada European Tour. Catatan terakhir yang ia lakukan pada ajang BMW PGA Championship 2015 merupakan hole-in-one ke-10 dalam kariernya, mengalahkan Colin Montgomerie yang menorehkan sembilan kali.

Debut 1983
Jimenez melakoni debutnya pada level European Tour pada tahun 1983. Kala itu ia bertanding pada ajang Spanish Open. Ia membutuhkan enam tahun untuk meraih gelar perdananya.

Pada ajang Belgian Open 1992, Jimenez mengalahkan Barry Lane—yang berada di posisi ketiga dalam keikutsertaannya bermain di level European Tour sepanjang masa—dengan keunggulan tiga stroke. Rekan senegaranya, Seve Ballesteros finis empat stroke di belakang Jimenez.

Jimenez kemudian berhasil mengumpulkan total 21 gelar European Tour, yang menempatkannya di posisi ke-10 dalam rekor kemenangan European Tour bersama Sam Torrance. Dari seluruh gelar tersebut, 5 di antaranya ia menangkan di negerinya sendiri, 4 lainnya ia menangkan di Hong Kong, dan satu ia raih pada ajang prestisius BMW PGA Championship di Wentworth Club.

Ia mungkin melakoni debut profesionalnya dalam usia 19 tahun, namun debut Ryder Cup baru ia lakoni belakangan. Ia telah berusia 35 tahun ketika mewakili Eropa pada Ryder Cup 1999 di Brookline. Dalam total empat penampilannya dalam ajang beregu itu, Jimenez meraih dua kemenangan, pertama di Oakland Hills pada 2004 di bawah kepemimpinan Bernhard Langer. Yang kedua ia raih tahun 2010 di Celtic Manor Resort di bawah kepemimpinan Colin Montgomerie. Kala itu Jimenez menyumbangkan dua poin dengan salah satunya ia raih lewat partai krusial sesi tunggal menghadapi Bubba Watson.

Jimenez juga merasakan kemenangan Ryder Cup dalam posisi Wakil Kapten. Tahun 1997, ia ditunjuk memegang peranan tersebut ketika Ballesteros memimpin di Valderrama. Ia mengulangi lagi prestasi itu tahun 2014 di Gleneagles di bawah kepemimpinan Paul McGinley.

 

 

Sukses di Level Senior
Seteah resmi berusia 50 tahun enam tahun silam, Jimenez mulai aktif bertanding pada sirkuit senior. Meskipun pencapaiannya masih jauh dari apa yang diraih legenda asal Jerman Bernhard Langer, toh Jimenez telah meraih dua gelar Major di kelompok usia ini. Salah satunya ia raih dengan duel seru pada ajang Senior Open Championship 2018 di St. Andrews menghadapi Langer, yang merupakan pegolf senior tersukses sejauh ini.

Sementara pada kancah PGA TOUR Champions, Jimenez juga terbilang sukses dengan raihan tujuh gelar juara.

Satu-satunya pegolf yang mendekati angka pencapaian Jimenez pada pekan di Arden Marriott Hotel & Country Club pada ajang Hero Open itu adalah David Howell yang mencatatkan penampilan ke 636.

”Hari ini sungguh luar biasa, 8-under. Sebuah hari pada musim panas yang indah, dan terutama di green hole 18 dengan semua kolega saya. Rasanya sangat emosional,” ujar pegolf gaek yang dijuluki The Mechanic lantaran sempat bekerja di bengkel reparasi mobil selama beberapa lama.

”Saya menikmati semua aspek kehidupan saya di sini. Bukan pertama kalinya saya mengucapkan hal ini, tapi beginilah caranya menjalani kehidupan. Golf adalah hidup saya, Anda takkan pernah mengingat momen-momen yang buruk. Anda hanya bisa memahami bahwa tiap kali Anda takkan pernah mendapatkan suasana hati yang sempurna dan tidak mencatatkan skor secara sempurna. Anda mungkin mendapatkan permainan yang buruk, tapi bukan hari yang buruk, dan itulah bedanya!”

Keith Pelley, Ketua Eksekutif European Tour melayangkan pujian atas pencapaian ini. Pelley menegaskan, 707 turnamen pada European Tour ”menyaksikan determinasinya, bakatnya yang spektakuler, dan hasratnya yang tak pernah padam bagi olahraga kita ini. Semua orang jelas melihatnya tiap kali ia melakukan tee off. Ia menjadi sosok yang sangat populer di antara para pemain kami dan penggemar, dan saya tahu dia akan terus menghibur dan menginspirasi banyak orang dalam tahun-tahun mendatang.”

Ungkapan kekaguman pun turut dilayangkan oleh rekan-rekan sejawatnya. Bahkan pegolf tersukses sepanjang masa dengan 18 gelar Major Jack Nicklaus turut mengungkapkan kekagumannya, ”Anda bermain dalam 707 turnamen? Bagaimana tubuh Anda bisa bertahan selama itu? Selamat, ini pencapaian yang sungguh luar biasa!”