The Masters Tournament menjadi ajang Major pertama yang dipastikan harus ditangguhkan lantaran wabar virus corona COVID-19.

Menyusul dibatalkannya sejumlah ajang PGA TOUR sejak THE PLAYERS Championship hingga Valero Texas Open, The Masters Tournament, ajang Major yang dimainkan sepekan setelah turnamen di Texas tersebut dipastikan ditangguhkan karena alasan serupa.

Chairman Augusta National Golf Club Fred Ridley menyampaikan pengumuman itu hari ini (14/3) atau Jumat (13/3) waktu setempat. 

Dalam pernyataan tertulisnya, ia mengungkapkan, “Dengan mempertimbangkan informasi dan analisis terkini dari para pakar, kami memutuskan untuk saat ini menunda Masters Tournament, Augusta National Women’s Amateur, dan Drive, Chip and Putt National Finals.

“Kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat pada semua ajang ini dan masyarakat Augusta membuat kami memutuskan hal ini. Kami berharap penundaan ini menempatkan kita semua dalam posisi yang aman untuk menyelenggarakan Masters Tournament dan ajang-ajang amatir kami nantinya.”

Seperti halnya THE PLAYERS Championship, semula penyelenggaraan ajang Major ini akan direncanakan tetap berjalan sesuai jadwal, yaitu pada 9-12 April 2020. Ridley sendiri sempat menegaskan hal ini lewat pernyataannya pada awal Maret lalu.

 

Tiger Woods meraih kemenangan Major ke-15 ketika memenangkan Masters Tournament tahun lalu. Foto: 2019 Augusta National.

 

“Kami akan terus bekerja sama dengan World Health Organization, Centers for Disease Control and Prevention, Kantor Pemerintahan, Departemen Kesehatan Publik Georgia, Kota Augusta, dan pihak berwenang setempat lainnya,” lanjut Ridley dalam pernyataannya.

“Mengingat COVID-19 terus memberi dampak bagi masyarakat di mana pun mereka berada, kami meminta pengertian semua pihak terhadap keputusan ini.”

Sebelumnya, pegolf No.1 Dunia Rory McIlroy sempat berharap agar Masters Tournament dapat tetap dilangsungkan, meskipun tanpa disaksikan penonton. Turnamen terakhir yang dimainkan tanpa penonton ialah ZOZO CHAMPIONSHIP pada bulan Oktober 2019 lalu. Satu-satunya yang menjadi perbedaan kala itu ialah keputusan tersebut dilakukan lantaran jumlah penonton yang begitu banyak bisa membuat kondisi di sekitar lapangan menjadi buruk lantaran curah hujan yang tinggi.

Bagi juara bertahan Tiger Woods, keputusan penundaan serangkaian ajang PGA TOUR dan Masters Tournament bisa menjadi momen yang baik baginya untuk menyiapkan kondisi fisiknya agar bisa kembali siap berkompetisi.

 

1 Comments

Comments are closed.