Delapan tahun hilang dari agenda Asian Tour, Thailand Open siap digelar pekan ini di Thai Country Club, Bangkok dengan menawarkan total hadiah sebesar US$300.000. Sejumlah pegolf papan atas pun siap meramaikan persaingan ketika turnamen ini digelar pada 18-21 Mei mendatang.

Juara Order of Merit Asian Tour Scott Hend asal Australia dan bintang Thailand Thongchai Jaidee dan Kiradech Aphibarnrat juga telah mengonfirmasikan partisipasi mereka untuk menyambut kembalinya Thailand Open sebagai salah satu agenda Asian Tour.

Presiden Thailand Golf Association Rungsrid Luxsitanonda mengungkapkan, ”Sebagai pengawal Thailand Open, kami gembira bisa mengumumkan kembalinya ajang nasional terbuka kami untuk kembali di-sanction oleh Asian Tour.

”Dengan pemain nomor satu Asian Tour Scott Hend dan bintang lokal kami Kiradech Aphibarnrat dan Thongchai Jaidee yang memastikan partisipasinya, kehadiran dan partisipasi mereka menjamin pekan yang berkesan bagi para penggemar golf di Thai Country Club.”

Luxsitanonda juga menambahkan, pihaknya juga akan bekerja bersama Asian Tour untuk mengembangkan dan meningkatkan prestise Thailand Open, yang memang memiliki peranan besar dalam pengembangan golf di Negeri Gajah Putih tersebut.

Kiradech, yang merupakan juara Order of Merit Asian Tour 2013, menyatakan siap bersaing pekan ini.

”Saya sangat senang melihat Thailand Open kembali menjadi bagian Asian Tour lagi. Saya senang bisa mendapatkan kesempatan bermain sekarang. Sudah cukup lama sejak terakhir saya bermain pada ajang ini,” tutur pemain yang terkenal dengan pukulan jauhnya ini.

Pemain berbadan besar ini juga berniat untuk mengikuti langkah Prayad Marksaeng, Boonchu Ruangkit, dan Suthep Meesawat, ayah dari sahabatnya Prom Meesawat yang telah menjuarai trofi turnamen ini. Adapun Prayad Marksaeng menjadi pegolf Thailand terakhir yang menjuarai Thailand Open pada 2013 silam.

Beberapa nama lain yang bakal bersaing ialah Shiv Kapur dari India, yang menjuarai gelar Asian Tour pertamanya di Thai Country Club 12 tahun silam. Pemegang tujuh gelar Asian Tour Gaganjeet Ghullar dan Gavin Green dari Malaysia, yang kini ada di posisi kedua Order of Merit, juga akan ikut bermain.

Sementara itu, Hend, mengungkapkan saat ini ada banyak pemain Thailand yang pantas menjuarai Thailand Open. Inilah yang membuatnya merasa sangat pantas melihat Thailand Open kembali ke ranah Asian Tour.

”Saya menikmati bermain di Thai Country Club saat saya di Thailand. Saya suka lapangan dan tantangannya,” ujar Hend, yang bersama rekan senegaranya Sam Brazel meraih posisi kedua pada ajang GolfSixes, yang menjalani debutnya pada ajang European Tour awal Mei 2017.

Sementara itu, tiga pemain Indonesia diinformasikan bakal ikut bersaing dengan para pegolf internasional lainnya di Thai Country Club. Ketiganya adalah Rory Hie, George Gandranata, dan Ian Andrew. Dukungan penuh publik golf Indonesia terhadap ketiga pemain ini jelas sangat dinantikan.

Sepuluh Juara Thailand Open Terakhir
2016
Tidak digelar
2015 Kim Kyungtae (KOR)
2014 Dibatalkan
2013 Prayad Marksaeng (THA)
2012 Chris Wood (ENG)
2011 Andre Stolz (AUS)
2010 Liang Wen-Chong (CHN)
2009 Jyoti Randhawa (IND)
2006-2008 Tidak diselenggarakan
2005 Richard Lee (NZL)
2004 Boonchu Ruangkit (THA)
2003 Edward Loar (USA)
2001-2002 Tidak diselenggarakan
2000 Des Terblanche (RSA)