European Tour mengumumkan turnamen baru yang dijadwalkan mengisi slot Open de France.

Sekitar sepekan setelah Open de France diumumkan tidak dapat dilaksanakan pada jadwalnya yang semula, European Tour mengumumkan turnamen baru untuk kalender musim 2021 mereka. Ajang baru bernama Tenerife Championship ini akan digelar pada 6-9 Mei di Golf Costa Adeje untuk mengisi slot yang ditinggalkan oleh Open de France.

Tenerife Championship bakal memberi total hadiah sebesar €1,5 juta dan menjadi turnamen kedua yang digelar menyusul Tenerife Open (29 April-2 Mei). Ini berarti ada tiga turnamen yang akan digelar di Kepulauan Canary, menyusul Gran Canaria Lopesan Open, yang akan digelar oleh bintang Ryder Cup Rafa Cabrera Bello di Meloneras Golf.

Ketua Eksekutif European Tour Keith Pelley mengungkapkan pihaknya sangat bersyukur Golf Costa Adeje dan Costa Adeje Municipality mendukung terciptanya Tenerife Championship. Terutama mengingat pembicaraan dilakukan secara singkat.

”Kami sangat perlu menggantikan Open de France yang kembali ditunda agar bisa tetap memberi kesempatan bermain kepada para anggota kami, sambil menggelar ajang kedua di Tenerife, dan melakukan tiga turnamen berturut-turut di Kepulauan Canary. Hal ini sekaligus membantu mengurangi perjalanan yang dilakukan para pemain, kedi, dan staf kami,” tutur Pelley.

”Untuk menciptakan ajang seperti ini dalam waktu singkat menunjukkan keterlibatan semua pihak dan kami tak sabar menonjolkan Golf Costa Adeje kepada para penonton global kami selama dua pekan berturut-turut.”

Paul de Sterck, Direktur Golf Costa Adeje, menambahkan, ”Kami sangat bangga bisa menyambut European Tour untuk satu pekan tambahan, lewat Tenerife Championship, yang akan digelar di Golf Costa Adeje dari tanggal 6-9 Mei nanti. Ini kesempatan yang luar biasa untuk mempromosikan golf di Tenerife.”

Terakhir kalinya European Tour mampir ke Tenerife ialah pada tahun 2005. Kala itu John Bickerton menjuarai Abama Open de Canarias. Golf Costa Adeje juga pernah menjadi tuan rumah Open de Espana 2003, yang dimenangkan oleh pegolf Inggris lainnya, Kenneth Ferrie. Sedangkan Tenerife Open dimainkan lima kali di pulau ini antara 1989 dan 1994, dengan Juara Masters dan Kapten Ryder Cup, Jose Maria Olazabal menjuarai edisi perdana dan untuk kedua kalinya pada 1992.

Selain tiga turnamen di Kepulauan Canary, European Tour juga akan mengadakan dua turnamen berturut-turut di Spanyol pada kuartal keempat tahun 2021 ini. Kedua turnamen tersebut ialah Open de Espana yang akan diadakan di Club de Campo Villa de Madried (7-10 Oktober) dan Estsrella Damm N.A. Andalucia Masters di Real Club Valderrama (14-17 Oktober). Dengan demikian, Tour Benua Biru ini bakal lima kali mampir ke Spanyol.