Untuk pertama kalinya dalam sebuah perhelatan pameran otomotif nasional, sebanyak 454.178 orang berkunjung dan meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, 7-17 April lalu. Total transaksi tahun inipun mencapai angka yang menakjubkan, yaitu menembus angka Rp2,2 trilyun.

Konsep ”The Essence of Motor Show” yang telah diusung sejak tahun lalu, plus jadwal penyelenggaraan yang baru dianggap memberi kontribusi pada pencapaian tahun ini. Pameran ini sekaligus memberi kontribusi pada industri otomotif yang cenderung lesu dalam triwulan pertama 2016 dengan berhasil mengumpulkan jumlah pengunjung, total transaksi, dan jumlah kendaraan yang melampaui target.

Catatan pengunjung tertinggi yang diraih pada 2014 lalu, 380.000 pengunjung pun berhasil dilampaui pada gelaran kali ini. Selain itu, target nilai transaksi senilai RP2 trilyun berhasil ditembus. Hingga hari terakhir pada Minggu, 17 April 2016, total jumlah transaksi mencapai angka Rp2.271.438.960.

Adapun nilai total transaksi tersebut disumbangkan oleh penjualan 8.704 kendaraan. Sebanyak 8.156 kendaraan berupa kendaraan roda empat, adapun penjualan sepeda motor mencapai angka 548.

Pengunjung

Sementara tingkat kunjungan tertingi terjadi pada Sabtu, 16 April 2016 dengan jumlah tiket terjual mencapai 60.348 tiket. Penjualan tiket terbanyak kedua terjadi pada Minggu, 10 April, yaitu sebanyak 56.788 tiket. Sedang hari terakhr hanya mencatatkan 53.379 pengunjung, di antaranya dengan hambatan cuaca.

Pada IIMS kali ini, sebanyak 50 merek kendaraan bermotor ikut berpartisipasi dengan memamerkan total 310 jenis kendaraan roda empat dan 264 jenis kendaraan roda dua.

Dalam upacara penutupan yang dilangsungkan pada Sabtu, 16 April 2016, pihak penyelenggara memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam ajang ini. Selain Car Audio Network, DapurPacu.com, Grand Prix International (Thailand), Indonesia Off-road Federation, Ikatan Motor Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia, Tentara Nasional Indonesia, Otomotif Group, Asosiasi Industri Otomotif Nusantara, dan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia.

Pemberian penghargaan kepada pihak peserta menjadi ajang yang tak kalah istimewanya. Khusus untuk kendaraan terbaik, tim juri telah mematok tiga penilaian utama, berupa aspek spesifikasi teknis, value, dan bahwa kendaraan terkait mesti tampil untuk pertama kalinya. Tahun ini Best Car of the Show IIMS 2016 disabet oleh Honda All New Civic Turbo, sedangkan Best Motorcycle of the Show IIMS 2016 dimenangkan oleh Ducati Scrambler Sixty2. Adapun Best Buy Car IIMS 2016 diraih oleh Toyota All New Sienta dan Best Buy Motorcycle IIMS 2016 disabet oleh Royal Enfield Classic 500.

Bagi pihak Dyandra Promosindo, keberhasilan ini sekaligus menjawab keraguan sejumlah kalangan. Jadwal baru pun segera ditetapkan, yaitu pada 27 April-7 Mei 2017 sembari terus mengusung konsep yang memadukan seluruh elemen dan budaya otomotif yang tahun ini menjadi kunci sukses penyelenggaraan.

”Sudah dipastikan, seluruh hall akan digunakan untuk IIMS 2017. Dengan begitu, area out door-nya bisa dimaksimalkan untuk perluasan konsep The Essence of Motor Show. Acara pendukungnya lebih banyak dan dalam setahun ini kami punya waktu untuk menyusun konsep baru peningkatan kualitasnya,” tutup Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.

Best

Daftar Peraih Penghargaan
BEST BOOTH
Best Booth >1.400m2: Toyota
Best Booth 701m2 – 1400m2: Mercedes-Benz
Best Booth <700m2: BMW
Best Booth by Visitor Choice: Honda

Best Buy Car IIMS 2016: Toyota All New Sienta
Best Buy Motorcycle IIMS 2016: Royal Enfield Classic 500
Best Car of the Show IIMS 2016:  Honda All New Civic Turbo
Best Motorcycle of the Show  IIMS 2016: Ducati Scrambler Sixty2
Best Booth Activity: Mitsubishi Motors
Best After Sales Promo: Gulf Oil

Miss Motor Show

MISS MOTOR SHOW
Miss Favourite: Lalita (Mitsubishi Motors)
Miss Automotive: Michaella (Garansindo)
Miss Congeniality: Jessica Claudia (Toyota)
Miss Motor Show: Estherlita (Toyota)
Miss Motor Show Runner up 1: Kezia Whilhemina (Nissan)
Miss Motor Show Runner up 2: Cindy Larisa (Astra Honda Motor)
Miss Fotogenic: Zhillabella (Mercedes-Benz)