Amy Boulden meraih gelar Ladies European Tour pertamanya dengan menjuarai VP Bank Swiss Ladies Open pada akhir pekan lalu.

Pegolf asal Wales Amy Boulden takkan melupakan putaran final VP Bank Swiss Open yang berlangsung Sabtu (12/9) lalu. Skor 8-under 64 yang ia bukukan di Golfpark Holzhäusern memastikan kemenangan yang telah lama ia nanti-nantikan. Kemenangan ini memberinya gelar Ladies European Tour pertama setelah tampil dalam 87 turnamen.

Boulden yang meraih status Rookie of the Year pada tahun 2014 digadang-gadang bakal menjadi bintang Eropa yang baru. Tapi prediksi ini seakan-akan tenggelam termakan waktu, seiring dengan perjuangannya yang tampaknya kian terjal dalam beberapa tahun terakhir. Namanya hampir tak pernah menghiasa jajaran sepuluh besar sejak 2017.

Kali ini tak ada yang bisa mengejarnya. Tidak juga Stephanie Kyriacou, remaja 19 tahun asal Australia yang berusaha memberi tekanan bagi Boulden dengan permainan yang tak kalah menakjubkan. Tapi pada tiap putaran yang ia mainkan, Kyriacou yang melakoni debutnya sebagai pegolf profesional kali ini hanya selalu berada satu stroke di belakang Boulden. Meskipun skor 65 yang ia bukukan merupakan skor terendah kedua pada putaran final itu, ia harus mengakui keunggulan tiga stroke dari Boulden.

Pekan itu Boulden bermain tanpa kedi. Keputusan ini ternyata ikut membantunya mengambil keputusan dengan lebih mudah. Dan yang mengagumkan ialah sejak mendapatkan bogey di hole 17 pada putaran pertama (11/9), Boulden tak lagi membukukan bogey.

 

Kim Metraux membuat publik tuan rumah merasa berbangga setelah finis di posisi T3. Foto: Foto: Ladies European Tour/Tristan Jones.

 

Pada putaran final itu, birdie yang ia bukukan di hole 10 dan 11, serta 13 dan 14 memberinya keunggulan empat stroke. Dan dalam empat hole terakhirnya, pegolf berusia 27 tahun ini berhasil mempertahankan permainannya dan menorehkan par di sisa hole tersebut. Skor 8-under 64 yang ia bukukan ini sekaligus menjadi skor terendah dalam kariernya, plus menuntaskan turnamen dengan skor 17-under 199.

”Saya butuh waktu untuk mencerna kemenangan ini. Rasanya senang sekali dan sangat bersemangat bisa meraih gelar LET pertama,” tutur Boulden. ”Target saya tahun ini ialah memosisikan diri saya dalam persaingan. Saya senang dengan cara saya mengatasi tekanan dan bagaimana saya terus tancap gas ketika harus melakukannya.”

Pegolf tuan rumah, Kim Metraux juga berjuang untuk mengejar Boulden. Setelah membukukan skor 66 dan 70 pada dua putaran pertama, Metraux harus mengakhiri turnamen ini dengan skor 68. Meski demikian, ia masih patut berbangga lantaran finis di posisi tiga besar pada turnamen yang dimainkan di negerinya sendiri.

Adapun pimpinan klasemen Race to Costa Del Sol saat ini, Emily Kristine Pedersen juga harus puas berbagi tempat ketiga dengan Metraux dan Sanna Nuutinen dengan skor total 12-under 204.