Oleh Greg Monteforte, PGATOUR.COM

Sepanjang kariernya, Adam Scott merupakan salah satu pegolf paling stylish pada kancah PGA TOUR. Jika ada daftar kategori pemain berpenampilan terbaik, nama pegolf Australia ini bakal ada dalam daftar tersebut.

Meskipun merek-merek atletis telah menempatkan posisi masing-masing di kancah olahraga golf, Scott memilih label aparel yang menempatkan urusan busana dan performa di tempat yang utama. Tak heran juga jika ia mengusung mentalitas “tampil baik, terasa baik, bermain hebat”.

“Saya menikmati urusan penampilan di lapangan golf,” ujar Scott. “Jika melihat masa kecil saya, favorit saya selalu Greg Norman. Menurut saya, ia bisa merepresentasikan dirinya dengan sangat baik.

Pada tahun 2013 lalu, hasrat Scott untuk berbusana dengan baik mempertemukannya dengan Uniqlo. Scott tertarik dengan filosofi Uniqlo bahwa busana merupakan pakaian keseharian. Dengan berupaya untuk menghindarkan diri dari pakaian golf yang umum, ia pun menyukai aparel merek tersebut, yang dengan mudah bisa beralih ke latar non-golf sekalipun.

Adam Scott mencari inspirasi dari busana yang dikenakan sejumlah pegolf legendaris, termasuk Ben Hogan. Foto: PGATOUR.COM.

“Mereka tak terlalu menetapkan satu produk ke dalam kategori tertentu,” ujar Scott lagi. “Celana yang saya pakai di lapangan golf bisa menjadi celana yang dikenakan orang lain ke kantor. Bisa juga menjadi celana yang dikenakan saat menikmati makan malam. Terserah Anda mau memakainya dalam situasi apa.”

Scott mulai mengenakan busana Uniqlo pada The Masters tahun itu juga. Pada akhir pekan, ia menambah satu potongan lagi ke dalam lemarinya, yaitu Jaket Hijau.

Enam tahun kemudian, Scott kembali menjadi bahan perbincangan di Augusta National dengan tampilan Uniqlo yang canggih. Kali ini berkat celana berlipat ganda, yang menjadi bagian dari lini U terbaru dari Uniqlo. Tampilan golf yang klasik ini akan ia kenakan pada ajang Major lainnya tahun ini, termasuk PGA Championship pekan ini.

“Saya pikir celana yang kurus meruncing telah menjadi tren cukup lana,” ujar Scott. “Tahun lalu kami membahas panjang soal sedikit merilekskan siluet dan kemudian juga mengandalkan tim di Uniqlo U, yang dipimpin oleh Christophe Lemaire, desainer mengagumkan, untuk menambah sejumlah detail dan elemen yang lebih fashion. Jadi ketika itulah celana berlipat ganda ini hadir kembali.”

Ketika bekerja sama dengan Lemaire dan timnya, Scott melihat foto kuno Ben Hogan, Claude Harmon, Arnold Palmer, dan Sam Snead untuk mencari inspirasi. Hasilnya ialah celana “klasik baru” dengan nuansa yang modern dan gaya urban yang rileks.


“Busana ini lebih ke soal klasik modern, tapi juga agar bisa melangkah langsung ke luar lapangan dan menikmati santap malam atau ke kantor dan terlihat lebih bergaya.” – Adam Scott

Melampaui siluet yang sesungguhnya, Scott juga bekerja sama denga tim desain untuk mencari perpaduan bahan yang tepat. Celana dibuat dari bahan poliester yang menyerupai wol dengan tambahan Toray, bahan dengan sirkulasi udara dan anti-air. Kombinasi ini memberinya tampilan klasik yang ia inginkan, sekaligus juga memberi kualitas performa yang dibutuhkan.

Lalu bagaimana reaksi tampilan Scott ini dari para pemain lainnya?

“Sangat disadari, pastinya,” kata Scott. “Yang jelas saya tidak berpikir apapun yang saya kenakan pada The Masters adalah sesuatu yang memalukan. Malah penampilan itu memberikan penghormatan terhadap gaya bermain golf klasik yang luar biasa pada masa lalu. Celananya jelas paling terlihat karena tampak lebih mengembang daripada celana pemain lainnya. Beberapa orang kelihatannya bakal dengan senang hati mengacak-acak lemari dari 15 tahun lalu dan kembali mengenakan celana berlipat ganda.”

Scott yang akan tampil di Bethpage Black pekan ini akan tetap mengenakan tampilan klasik yang pertama kali ia kenakan di Augusta. Ia akan mengawali turnamen pada hari ini dengan balutan polo berwarna lembut, namun energetik, sebelum beralih ke tampilan klasik biru laut, putih, dan hitam dalam tiga hari berikutnya. Dengan suhu udara yang diperkirakan sejuk, Scott akan mengenakan sweater Merino dari Uniqlo.

“Sweater Merino merupakan busana pokok dari Uniqlo,” ujarnya lagi. “Ini merupakan salah satu busana favorit saya saat melakukan perjalanan. Model yang akan saya kenakan dari lini Uniqlo U akan lebih memiliki detail di bagian bahu dan kerah, plus lebih meregang, yang tentunya sangat bagus.”

Tampilan yang disebut klasik modern ini bakal terlihat sepanjang keikutsertaan Adam Scott pada ajang Major pada tahun ini. Foto: PGATOUR.COM.

“Saat ini saya memang tengah menggandrungi hal-hal yang klasik,” sambung Scott. “Saya sangat menikmati memiliki perubahan langkah pada ajang Major dengan siluet dan busana tahun ini. Beberapa warnanya bahkan mencerminkan saya juga.”

Tentu saja tampilan “klasik yang baru” ini takkan lengkap tanpa sepatu yang pantas. Setelah beberapa waktu melakukan eksperimen, Scott memutuskan untuk mengenakan 1857 Collection dari FootJoy dengan kulit anak sapi premium, sol luar kulit, lapisan full leather, dan bantalan tumit tradisional.

“Saya mengenakan FootJoy Classics pada sepuluh tahun pertama karier saya dan ini rasanya seperti melangkah kembali ke masa muda saya,” ujarnya. “Model ini memiliki bagian tumit yang lebih tebal dan sudut dari tumit ke bagian depan kaki juga agak berbeda daripada yang biasa saya kenakan. Saya lebih cepat berada dalam posisi setup dengan sepatu ini dan terasa lebih nyaman dikenakan. Saya masih akan terus mengenakannya untuk beberapa waktu, dan pastinya sepanjang turnamen Major musim ini karena saya pikir sepatu ini sangat cocok dengan busana yang saya kenakan.”

Dengan jeli Scott juga menekankan bahwa tampilan barunya ini bukan sekadar mengkreasikan ulang busana dari masa lalu. Sebaliknya, ia menciptakan versi modern dari tampilan klasik yang bisa dikenakan ke mana saja dan untuk melakukan apa saja.

“Pastilah kami tidak berusaha kembali dan menjadi seperti Ben Hogan,” katanya. “Ini lebih ke soal klasik modern, tapi juga agar bisa melangkah langsung ke luar lapangan dan menikmati santap malam atau ke kantor dan terlihat lebih bergaya.”

*Versi asli dalam bahasa Inggris tampil pada situs PGATOUR.COM.

Leave a comment