Bintang baru PGA TOUR asal Korea Im Sungjae dan pegolf China Taipei C.T. Pan melanjutkan permainan mengesankan mereka pada putaran kedua THE NORTHERN TRUST. Im mencatatkan skor 68, sementara Pan bermain tanpa bogey dengan skor 67. Keduanya pun berharap bisa melanjutkan performa prima ini untuk memastikan tempat pada BMW Championship pekan depan dan menjadi bagian dari Tim Internasional Presidents Cup akhir tahun nanti.

Im, yang baru berusia 21 tahun, telah tampil sebagai salah satu pegolf menjanjikan pada PGA TOUR musim 2018-2019 ini. Sejauh ini ia telah tujuh kali finis di sepuluh besar, yang turut membuatnya menjadi pegolf Asia dengan peringkat tertinggi, yaitu 23, pada daftar peraih poin FedExCup. Posisi tersebutlah yang membuatnya kemudian berhak tampil pada FedExCup Playoff, yang dimulai dengan gelaran THE NORTHERN TRUST pekan ini.

Sembilan hole pertamanya memang bisa dianggap mengecewakan. Ia memang memperoelh tiga bogey, tapi juga mendapatkan satu bogey dan triple bogey di hole 7 par 4. Namun, ia menunjukkan alasan mengapa ia bisa berada di jajaran 25 besar pada daftar peraih poin FedExCup. Empat birdie ia bukukan dari jarak 4, 19, 11, dan 7 kaki di hole 13, 15, 16, dan 17.

“Pukulan saya tidak terlalu bagus di sembilan hole pertama, tapi seiring berjalannya putaran ini, saya mulai mendapatkan sensasi permainan dan mulai bermain dengan lebih baik,” ujar Im. “Kemarin (hari pertama) saya mendapat double bogey di hole 17 dan nyaris memasukkan bola dengan pukulan kedua. Saya cukup senang. Sayangnya saya kena triple bogey di hole 7.”

C.T. Pan dari China Taipei mesti main maksimal pada pekan ini untuk menjaga peluangnya bermain pada BMW Championship dan Presidents Cup. Dua putaran solid masih menempatkannya di jalur yang tepat. Foto: Getty Images.

Dalam dua putaran pertama, Im bermain dengan skor total 7-under 135 dan kini hanya berjarak lima stroke dari Dustin Johnson, yang kini menjadi pimpinan klasemen. Dengan perolehannya itu, ia akan memulai putaran ketiga hari ini dengan berada di peringkat T15.

Salah satu pemain lain yang juga berada di peringkat yang sama dengan Im ialah pegolf China Taipei C.T. Pan. Pan mengusung dua misi penting pekan ini, yaitu mengamankan tempat pada BMW Championship, ajang FedExCup Playoff kedua pada pekan depan, sekaligus memastikan ia tetap berada di jajaran delapan besar pada klasemen Tim Internasional untuk Presidents Cup bulan Desember 2019 di Royal Melbourne Golf Club.

Saat ini Pan berada di peringkat 8 sehingga ia mesti tampil maksimal pekan ini. Dua putaran dengan skor 68 dan 67 pun menjadi pertanda positif baginya.

“Hari ini angin benar-benar berembus dan berputar. Untungnnya, hujan beberapa hari terakhir membuat green sedikit lebih lembut sehingga Anda bisa lebih menyerang pin. Dan saya cukup berhasil melakukannya beberapa hari ini sehingga memiliki banyak peluang,” ujar Pan, yang memulai pekan ini di posisi 35 pada daftar peraih poin FedExCup.

“Tentu saja saya memikirkan Presidents Cup. Tapi yang bisa saya lakukan saat ini ialah melakukan pukulan demi pukulan yang bagus. Saya sangat ingin menjadi bagian dari ajang tersebut.”

Sementara itu, bintang Jepang Hideki Matsuyama membukukan skor 3-under 68 untuk kedua kalinya dan kini berada di peringkat T20. Adapun An Byeonghun dari Korea akan memulai hari ketiga dari peringkat T47 dengan memperbaiki permainannya dengan skor 66, setelah sebelumnya bermain 73. Kiradech Aphibarnrat harus berjuang lebih keras lagi setelah mengakhiri hari kedua dengan skor 73 dan akan memainkan putaran ketiga dari peringkat T60. Sayangnya, dua pegolf Korea lainnya, Kang Sung dan K.H. Lee harus tersingkir.

Dustin Johnson kini menjadi pimpinan klasemen sementara setelah bermain 67 pada hari kedua. Skor total 12-under 130 menempatkannya satu stroke di depan Jordan Spieth yang kemarin bermain dengan skor 64. Sementara pimpinan klasemen hari pertama Troy Merritt harus puas dengan skor 70 dengan skor total 10-under 132 dan berbagi tempat ketiga dengan Abraham Ancer, Patrick Reed, dan Jon Rahm.

Untuk pertama kalinya sejak Februari 2017, Tiger Woods harus mengundurkan diri pada tengah pertandingan. Ia kembali merasakan sakit di bagian punggung, yang ia sebut sebagai otot perut yang sedikit tertarik sehingga menimbulkan rasa sakit. Ia sempat mendapatkan perawatan sebelum memutuskan untuk mundur.

Leave a comment