Miguel Tabuena siap menjalani debut pada US Open 2016 yang akan digelar pekan depan di Oakmont. Bintang muda asal Filipina yang baru berusia 21 tahun ini berhasil memastikan tempatnya pada salah satu ajang Major tersebut setelah menjuarai kualifikasi di California.

Tabuena yang saat ini berada di peringkat ketiga Order of Merit Asian Tour berhasil unggul dua stroke setelah bermain 64 di Lake Merced Golf Club dan 68 di The Olympic Club, Ocean Course. Total catatannya ialah 11-under 132.

”Saya berkata kepada diri sendiri kalau lapangan Lake Merced lebih mudah dan saya mesti main dengan skor rendah di sana, dan itu yang saya lakukan,” ujar Tabuena yang mencatatkan 2 eagle, 10 birdie, dan 3 bogey dalam kedua putaran yang ia mainkan.

”Saya sangat gembira dengan [hasil dari] dua putaran itu. Saya masih sulit percaya. Ini menjadi Major pertama saya dan saya tak sabar menunggu sampai pekan depan. Saya gembira dengan permainan saya sekarang ini,” imbuhnya.

Karier Tabuena memang tengah menanjak dalam tujuh bulan terakhir sejak menjuarai gelar Asian Tour pertamanya pada Philippine Open presented by ICTSI, Desember tahun lalu. Awal tahun ini ia juga finis di peringkat T4 pada SMBC Singapore Open dan peringkat 2 pada Maybank Championship Malaysia. Dan ia juga tengah berjuang untuk mewakili Filipina pada ajang Olimpiade di Rio de Janeiro bulan Agustus mendatang.

Adapun Kang Sung-hoon, juara CJ Invitational 2013 juga berhasil mendapat slot terakhir untuk berlaga pada ajang Major ini setelah berhasil lolos kualifikasi yang diadakan di Tennessee.

Tabuena tidak sendirian di Oakmont. Juara Order of Merit Asian Tour 2015 Anirban Lahiri, K.T. Kim, Thongchai Jaidee dan Kiradech Aphibarnrat mewakili Asian Tour pada ajang US Open ke 116 ini.