Untuk kedua kalinya Julian Suri membukukan skor 5-under 67, yang sekaligus mengukuhkan posisinya di puncak klasemen pada Hero Indian Open. Dengan skor total 10-under 134, pegolf Amerika Serikat ini kini memiliki keunggulan dua stroke dari dua pesaing terdekatnya, Robert Karlsson dan George Coetzee.

Performa Suri saat ini sama sekali tidak menandakan kalau ia baru saja pulih dari operasi. Bahkan ia malah jauh lebih prima ketika 12 bulan lalu bermain di DLF Golf and Country Club. Kala itu, Suri bermain 76-82, tapi kini ia berhasil bermain dengan 24 stroke lebih baik daripada tahun lalu.

Hero Indian Open merupakan turnamen kedua bagi Suri pada musim ini, setelah pekan lalu bermain pada Maybank Championship. Ia sempat rehat untuk melakukan pemulihan pasca-operasi hernia, tapi kini menunjukkan bahwa kesehatannya sudah benar-benar pulih.

“Saya bermain dengan baik, dan saya tahu saya main bagus bahkan ketika skor saya tidak menunjukkan hal tersebut setelah sembilan hole pertama, jadi saya hanya terus bermain dan tetap bersabar,” ujar Suri.

“Saya tidak akan bermain agresif pada akhir pekan ini, saya hanya ingin berusaha memukul ke fairway dan ke green. Target saya pekan ini hanyalah finis di sepuluh besar.” – Prayad Marksaeng

Suri memang pantas merasa kecewa dengan penampilannya di sembilan hole pertama, yang ia mainkan dari hole 10. Berkali-kali ia melakukan pukulan yang bagus, berkali-kali pula ia memiliki peluang, namun tak satu pun putting-nya yang berhasil. Bahkan ia harus mendapat bogey di hole 16.

“Terutama dengan masalah kecepatan dan tak memukul bola dengan cukup kuat. Jadi, saya berusaha untuk main lebih lepas dan berusaha putting dengan perasaan senormal yang biasa saya lakukan,” imbuhnya.

Ia berhasil bangkit dan membalikkan keadaan di sembilan hole terakhirnya. Mengawali dengan birdie, ia mencatatkan birdie, eagle, birdie, dan birdie lagi di hole 3, 4, 5, dan 6. Sempat mendapat bogey di hole 7, namun ia berhasil menutup putaran keduanya dengan birdie di hole terakhir, sekaligus mempertahankan posisi teratas.

Sementara itu, pegolf Afrika Selatan George Coetzee menutup putaran keduanya dengan membukukan tiga birdie di tiga hole terakhirnya untuk 6-under 66. Ia pun berbagi peringkat kedua bersama pegolf Swedia Robert Karlsson, yang kemarin bermain dengan skor 4-under 68.

“Saya belum pernah berada di posisi ini sejak lama, jadi saya akan terus bersikap biasa pada akhir pekan ini,” ujar Karlsson. “Setengah tahun terakhir ini saya sudah berlatih keras, mengganti pelatih (Hans Larsson), jadia saya merasa kalau saya sedang melangkah maju, tapi di lapangan seperti ini, ada banyak hal yang bisa terjadi dengan seketika dan kalaupun memang demikian, setidaknya saya masih menunjukkan tanda-tanda kalau saya masih bisa mendapatkan putaran yang bagus.”

Pegolf Inggris Callum Shinkwin dan juara Maybank Championship pekan lalu asal Australia Scott Hend menjadi dua pemain yang bisa memainkan putaran tanpa bogey pada pekan ini. Shinkwin menorehkan tujuh birdie yang sekaligus melambungkan posisinya ke peringkat 4 bersama Hend. Sementara Hend sendiri mencatatkan empat birdie untuk skor 68.

“Saya merasa cukup rileks, terutama setelah menang pekan lalu. Jadi dari tee ke green saya memiliki rasa percaya diri,” ujar Hend. “Saat ini saya berada dalam posisi yang bagus, tapi lapangan ini bakal dimainkan lebih panjang lagi dan bakal lebih sulit lagi. Dan kalau mereka (komite) memundurkan tee box lagi, Anda akan kesulitan melihat di mana bola mendarat, jadi Anda harus memainkan club yang tepat dan main aman.”

Sementara itu, pegolf Thailand berusia 53 tahun, Prayad Marksaeng, tampaknya kembali menemukan performa terbaiknya bermain di lapangan karya Gary Player ini. Ia menorehkan enam birdie dengan tiga bogey untuk membukukan 3-under 69. Total skornya, 6-under 138 menempatkannya empat stroke di belakang Suri.

“Saya tidak akan bermain agresif pada akhir pekan ini, saya hanya ingin berusaha memukul ke fairway dan ke green. Target saya pekan ini hanyalah finis di sepuluh besar,” ujar Marksaeng. “Permainan saya sebelumnya tidak begitu bagus, terutama pekan lalu. Jadi pekan ini saya berharap untuk bisa main konsisten dan mempertahankan langkah sejauh ini.”

Leave a comment