Matthias Schwab dan Tom Lewis melakukan start yang meyakinkan pada Turkish Airlines Open

Matthias Schwab dan Tom Lewis memulai Turkish Airlines Open dengan membukukan skor terendah. Bermain di Montgomerie Maxx Royal, kedua pemain ini sama-sama menorehkan skor 7-under 65.

Kondisi lapangan yang sempurna membuat banyak pemain yang bisa membukukan skor rendah. Tiga pemain lainnya, Alex Noren, Thomas Pieters, dan David Lipsky membukukan skor 66. Sedangkan Justin Rose, Danny Willett, Joost Luiten, Scott Jamieson, Thomas Detry, dan Benjamin Hebert bermain dengan skor 5-under 67, dengan sepuluh pemain lainnya membukukan skor 68 pada turnamen yang menjadi turnamen keenam dari rangkaian Rolex Series ini.

Schwab melanjutkan performa positifnya pada hari pertama di Turki ini. Pegolf asal Austria ini telah sembilan kali finis di sepuluh besar pada musim ini. Pencapaian itu termasuk dua kali masuk lima besar pada tiga turnamen terakhir. Pertama ia bukukan pada Italian Open, yang menjadi prestasi terbaiknya selama mengikuti rangkaian Rolex Series. Terakhir ia melakukannya pada debutnya bermain pada WGC-HSBC Champions pekan lalu.

“Ini putaran yang sangat bagus buat saya. Saya memulai permainan dengan sangat baik, bisa main 5-under dalam delapan hole pertama dan saya bisa mempertahankan momentum hingga sembilan hole terakhir,” ujar Schwab, yang membukukan enam birdie, sebuah bogey, dan sebuah eagle ini.

“Saya memang selalu berusaha main sebagus mungkin. Dan entah kenapa, tiap kali tee off dalam beberapa bulan terakhir, hasilnya selalu bagus. Padahal saya tak punya resep khusus.”

Sementara itu, Lewis, yang telah mengoleksi dua gelar European Tour berhasil mendapatkan enam birdie di tujuh hole terakhirnya untuk mengimbangi Schwab. Dengan total delapan birdie dan satu bogey, ia bakal memulai putaran kedua hari ini di posisi ideal.

“Saya tak merasa nyaman melakukan putting di sembilan hole pertama, walaupun saya melakukan sejumlah pukulan yang bagus,” ujar Lewis, yang mendapatkan dua birdie dan satu bogey di sembilan hole pertamanya. “Di sembilan hole kedua, saya masih bisa melakukan pukulan dengan baik, dan mulai merasa lebih percaya diri memainkan putt.

Meskipun skor 65 milik keduanya cukup fenomenal, ada banyak pemain yang siap menggantikan posisi teratas. Bintang Ryder Cup Alex Noren asal Swedia, bintang Belgia Thomas Pieters, dan David Lipsky menjadi tiga pemain dengan jarak hanya satu stroke.

Adapun juara bertahan Justin Rose menuntaskan putaran pertamanya dengan tiga birdie, melengkapi dua birdie, dua bogey, dan sebuah eagle, untuk menjadi salah satu dari enam pemain yang berada di peringkat 6 dengan skor 67.

“Saya sadar posisi di papan klasemen. Sudah jelas, ini hari yang sangat sempurna untuk bermain golf di Turki dan saya bisa melihat ada banyak pemain yang bisa bermain dengan skor yang rendah,” ujar Rose.

“Seiring dengan mulai terbenamnya matahari, Anda makin sulit untuk melihat apa yang ada di hadapan Anda sehingga makin sulit mempercayai jalur putting. Saya berhasil mengatasinya di beberapa hole terakhir, jadi puas rasanya dengan skor yang saya peroleh ini.”