Juara bertahan SMBC Singapore Open Song Younghan siap mempertahankan gelarnya ketika turnamen pembuka awal musim ini digelar mulai 19-22 Januari 2017 mendatang di Sentosa Golf Club.

Pegolf muda Korea ini menghadirkan kisah sensasional ketika tahun lalu menjuarai ajang kerja sama Asian Tour dan Japan Golf Tour ini dengan mengalahkan Jordan Spieth yang saat itu merupakan pegolf nomor satu dunia.

Meski kali ini Jordan Spieth tak ikut bersaing, dua jawara Major asal Australia dan Afrika Selatan, Adam Scott dan Ernie Els, plus pegolf Spanyol Sergio Garcia akan menjadi lawan tangguh baginya.

”Menjuarai turnamen pertama pada tahun lalu pada SMBC Singapore Open 2016 membuka banyak peluang pada tahun tersebut dan membantu memberi pengalaman lebih dan mengembangkan diri saya sebagai pemain yang lebih komplit,” ujar Song.

Song mengungkapkan kemenangannya di Singapura tahun lalu ikut memberinya peluang untuk tampil pada US PGA Championship dan kembali berswafoto bersama Jordan Spieth.

”Lokernya bahkan berada di sebelah saya, jadi saya bertanya apakah ia masih ingat bertemu saya di Singapore Open. Tentu saja dia masih ingat dan kami berswafoto bersama lagi. Ada banyak hal baik yang terjadi setelah kemenangan tersebut dan tak ada satu pun hal yang buruk, jadi saya tak merasa tertekan sama sekali untuk mempertahankan gelar ini,” imbuh Song.

Sementara itu, kehadiran Sergio Garcia kali ini merupakan debutnya pada turnamen 72 hole. Sebelumnya ia pernah bermain di Singapura, 15 tahun lalu ketika masih berusia 22 tahun dan memainkan skins game bersama Retief Goosen, Vijay Singh, dan Padraig Harrington.

”Saya melakukan sedikit latihan mulai tahun baru. Tentunya saya sangat bersemangat untuk mengawali tahun ini di sini, yang tentunya lebih hangat daripada Eropa. Semoga saya saya mendapatkan pekan yang bagus, mendapat sensasi awal tahun yang baik. Saya ingin agar permainan saya pun bisa menjadi lebih baik lagi dan mempertahankan konsistensi,” tutur Garcia.

Ajang SMBC Singapore Open ini juga bakal diramaikan oleh lebih dari 30 juara Asian Tour. Lima juara Order of Merit—Thaworn Wiratchant dari Thailand, Liang Wen-chong dari China, Juvic Pagunsan asal Filipina, Jeev Milkha Singh dan Jyoti Randhawa dari India—juga bakal menghadirkan tontonan yang seru sebagai pembuka musim 2017.