Bayangkan Anda berada dalam posisi bersaing memperebutkan gelar juara dengan pegolf nomor satu dunia. Itulah yang dialami oleh pegolf asal Korea, Song Younghan yang bersaing dengan Jordan Spieth dan harus kembali ke Sentosa Golf Club pada hari Senin untuk melanjutkan putaran keempat SMBC Singapore Open.

Kondisi cuaca yang tidak bersahabat dalam beberapa hari sepanjang pekan, 28-31 Januari memaksa sejumlah pemain menuntaskan putaran final pada hari Senin, 1 Februari.

Song, yang pada hari Minggu mesti mengamankan par di hole 16, harus menunda momentumnya tatkala sirene yang menandakan dihentikannya putaran akhir.

”Malam itu serasa sepekan! Benar-benar gila. Saya tak bisa tidur dan terus memikirkan putting [yang tertunda] itu sepanjang malam,” ujar Song.

Meski demikian, ketika turnamen dilangsungkan pada pukul 7:30 keesokan harinya, ia ternyata sanggup mengamankan par di hole tersebut dan terus mencatatkan par di dua hole terakhirnya untuk bermain 1-under 70.

Catatan skor 12-under 272 sudah cukup untuk mengalahkan Jordan Spieth dan menghindari play-off dengan pegolf asal Texas tersebut.

SINGAPORE, Singapore : This handout photo taken and released by Lagardere Sports on February 1, 2016 shows (L_R) Jordan Spieth of USA and Younghan Song of Korea during the final round of the Singapore Open at the Sentosa Golf Club in Singapore. Pic By / Khalid Redza / Lagardère Sports

”Saya membaca jalur putting dengan baik di hole 16 dan mempertahankan permainan di hole 17 dan 18. Saya tahu saya bakal gagal memenangkan trofi itu jika saja saya melakukan kesalahan yang konyol,” ujar Song. ”Kalau dipikir-pikir, penghentian turnamen kemarin amatlah membantu karena saat itu angin mulai berembus kencang dan bisa membuat perbedaan.”

Meskipun harus puas finis di tempat kedua, Spieth menunjukkan kelelahan akibat perjalanan jauh yang ia lakukan tak menghentikannya untuk tampil prima, bahkan masih bisa bersaing.

”Pertandingan yang luar biasa ketat dan saya gembira bisa mempertahankan pukulan yang bagus. Saya melakukan sejumlah keputusan yang kurang baik di tengah dua putaran dan saya berusaha berbuat sedikit lebih banyak. Tapi secara keseluruhan, ini pengalaman yang hebat dan saya benar-benar menikmati berada di sini,” ujar Spieth.

Spieth menunjukkan respeknya kepada Song dengan menghampiri dan menyampaikan selamat untuk keberhasilan Song menjuarai SMBC Singapore Open. Kesempatan yang jelas tak disia-siakan oleh Song untuk ber-selfie ria dengan pegolf nomor satu dunia!