Pegolf wanita asal Amerika Jennifer Song tampil gemilang di Singapura dan memimpin pada ajang HSBC Women’s World Championship. Skor 7-under 65 yang ia bukukan berhasil menggeser rekan senegaranya Michelle Wie dan Ji Eun-hee asal Korea yang sebelumya sempat memimpin dengan skor 67.

Performa Song pada putaran pertama hari ini (1/3) memang terbilang istimewa. Memulai permainan dari hole 10, ia mencatatkan birdie pertamanya di hole 12 sebelum mendapatkan birdi kedua di hole 16.

Tapi memasuki sembilan hole terakhir, ”mesin” di dalam dirinya seolah sudah mulai panas dan menambah lima birdie lagi sampai akhirnya turnamen dihentikan selama dua jam lantaran kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

”Saya menyisakan 130 yard ke pin dan itu untuk pukulan kedua saya. Saat itu saya masih ragu-ragu apakah saya akan bermain dengan angin, apakah anginnya bakal membantu atau mengganggu saya. Untunglah saat itu permainan mesti dihentikan dan ketika kembali lagi, ternyata anginnya lebih membantu dan hal itu membantu saya dalam memustukan memainkan club yang mana,” papar Song.

Meskipun ketika kembali memainkan hole terakhirnya itu ia tidak menambah birdie, toh 7-under 65 miliknya membuatnya unggul 2 stroke dari Wie dan Ji.

Song memulai debutnya pada LPGA Tour musim 2018 ini pada ajang Honda LPGA Thailand pekan lalu. Ia finis di peringkat 48 setelah bermain 1-under 287. Meskipun sudah berlatih keras untuk ajang tersebut, hasil yang ia peroleh terasa kurang memuaskan lantaran merasa gugup ketika turnamen berlangsung.

”Kali ini saya merasa siap untuk memainkan turnamen dan merasa lebih nyaman. Saya pun merasa tekanan itu sedikit berkurang,” tutur Song lagi. ”Saat ini saya tak memikirkan menang atau apa pun itu. Saya hanya ingin melakoninya hari demi hari. Ada banyak pemain hebat di sini, dan ini lapangan di mana banyak pemain bisa main dengan skor rendah. Jadi, saya hanya perlu terus berusaha dan melakukan hal yang sama.”

Tak hanya Song yang merasa puas dengan hasil kali ini. Michelle Wie yang sempat menjadi salah satu pemimpin klasemen mengaku puas dengan kerja keras yang selama ini ia lakukan.

”Saya melakukan banyak birdie (setelah melakukan pukulan) dari pepohonan, jadi itu nilai plus. Rasanya puas, bisa bermain dan main dengan konsisten. Saya pikir tiap hari saya membangun rasa percaya diri itu dan tiap kali bermain, jelas saya merasa lebih percaya diri lagi,” ujarnya mengenai permainannya hari ini.

Bermain di bawah cuaca yang panas pada hari pertama, Wie mengaku harus mengatur langkahnya, meskipun itu bukan hal yang mudah buatnya. ”Menggunakan payung, berusaha untuk tidak terlalu memforsir tenaga. Untunglah kedi saya sangat membantu banyak soal jarak pukul dan hal-hal lainnya,” ujarnya.

Adapun Ji Eun-hee, seperti halnya Song, baru memulai musim 2018 ini pada ajang Honda LPGA Thailand. Memiliki hasil yang juga mengecewakan baginya, kali ini ia berusaha untuk menebus penampilan buruk tersebut dengan tampil solid.

”Saya berusaha untuk merasa lebih nyaman pekan ini, melakukan banyak pukulan bagus hari ini. Saya juga bisa memasukkan banyak putt,” ujar Ji yang mencatatkan 28 putt pada hari pertama ini. ”Setelah menang tahun lalu, saya merasa lebih nyaman dan lebih percaya diri. Jadi, saya berusaha untuk memiliki percaya diri yang lebih tinggi lagi.”

Pada akhir putaran pertama, sembilan pegolf berada di posisi keempat dengan catatan 4-under 68, termasuk pegolf peringkat tiga dunia asal Korea, Park Sung-hyun. Adapun juara bertahan Park Inbee untuk sementara berada di posisi T41.