Skor mengagumkan 8-under 63 yang dibukukan pegolf asal Singapura, Mitchell Slorach, pada putaran kedua Combiphar Golf Invitational hari Kamis kemarin (24/11) berhasil membawanya ke puncak klasemen sementara.

Memulai putaran kedua dengan tertinggal 3 stroke dari pimpinan klasemen, pegolf Singapura berusia 29 tahun ini mencetak 10 birdie dan 2 bogey  untuk memimpin dengan total skor 9-under 133 di Gunung Geulis Country Club, Bogor.

John Catlin asal Amerika Serikat mencatat skor 64 untuk mengambil-alih peringkat kedua diikuti Antonio Lascuna, pegolf asal Filipina yang duduk di peringkat ketiga setelah mencetak skor 68 pada perhelatan Asian Development Tour (ADT) berhadiah sebesar US$60,000 yang merupakan turnamen ADT kedua di Indonesia.

Micah Lauren Shin yang juga berasal dari Amerika Serikat membukukan skor 67 untuk menduduki peringkat ke empat dengan total skor 136 diikuti oleh pegolf asal Thailand, Panuwat Muenlek dan Raphael De Sousa dari Swiss diposisi ke lima dengan skor identik 69, total 137.

Slorach mencetak dua birdie sebagai pembuka dari hole 10 sebelum akhirnya membuat bogey di hole 12. Ia lekas memperbaikinya dengan birdie di hole 13 dan mencetak tiga birdie berturut-turut mulai dari hole 16 dan menutup dengan skor 31 (di sembilan hole pertama). Slorach kembali menambahkan dua birdie melawan satu bogey sebelum mengakhiri putaran dengan skor 32 (di sembilan hole terakhirnya).

”Saya memukul bola dan melakukan putting dengan sangat baik. Pukulan saya hanya sekali meleset dari fairway dan saya memukul 17 kali ke green. Pukulan saya berhasil mendekati pin dan memberikan saya kesempatan untuk membuat birdie hari ini.

“Saya bermain tanpa ekspektasi. Ketika saya memulai saya merasa tenang dan tetap tenang selama putaran. Saya mengatur diri dengan baik,” kata Slorach yang senang. Sejauh ini hasil terbaiknya pada ajang ADT ialah ketika ia menjadi runner-up di Malaysia dua bulan yang lalu.

”Kondisi (lapangan) sangat basah. Akan menjadi sebuah bonus jika Anda bisa memukul ke fairway karena peraturan preferred lies diberlakukan dalam permainan. Saya bermain hampir sama seperti kemarin hanya saja putting saya berhasil masuk (lebih banyak) hari ini,” tambah Slorach.

Sementara itu, Catlin menilai permainan short game-nyalah yang memberi kontribusi sehingga ia bisa mendapatkan putarn yang bagus. ” Saya banyak melakukan putt untuk birdie dan short game saya tepat sasaran dan gagal mencapai hanya beberapa kali saja. Saya juga beberapa kali melakukan putt berjarak 6 meter dan memasukan hampir semua putt berjarak antara 1,5 sampai 4,5 meter. Permain saya sangat solid,” ucap pegolf 26 tahun yang berdomisili di Bangkok, Thailand ini.

”Saya melakukan chip-in dari jarak 9 meter untuk mencetak eagle di hole 16. Itu merupakan chip-in yang menanjak. Saya bermain agresif dan pukulan itu masuk. Saya mengejar birdie di hole selanjutnya dan berhasil melakukan penyelesaian dengan baik. Saya akan terus bermain dengan sabar, mengingat perjalanan masih cukup panjang,” tambah Catlin yang menukar skor eagle dan sembilan birdie dengan dua bogey.

Dengan batas cut-off ditentukan pada skor 3-over, total 59 pegolf akan melanjutkan permainan hingga putaran final besok.

Dari total 59 pemain yang melanjutkan putaran ketiga hari ini, 12 di antaranya merupakan pegolf Indonesia. Jumlah ini merupakan rekor pemain lokal terbanyak yang lolos cut pada ajang ADT sepanjang 2016 ini.

Catatan terbaik dibukukan oleh pegolf yang sering memberi kejutan jelang putaran akhir, Ian Andrew. Kemarin ia berhasil bermain 4-under 67. Dengan total skor 142, ia membuka peluang untuk ikut meramaikan persaingan papan atas.

Dari 12 peglf yang lolos tersebut, 3 di antaranya merupakan pegolf amatir. Atlet Jawa Barat yang ikut membela daerahnya pada Pekan Olahraga Nasional XIX lalu, Naraajie Ramadhan Putra bermain dengan skor 141 setelah kemarin berman even par. Atlet DKI Jakarta, Rifqi Alam juga mencatatkan total skor yang sama dengan Naraajie, sementara pemain amatir yang membukukan hasil fenomenal pada BANK BRI-JCB Indonesia Open pekan lalu, Almay Rayhan Yaqutah mencatatkan total skor 2-over 144.