Im Sungjae menorehkan skor solid pada hari pertama TOUR Championship.

Rookie of the Year 2019 Im Sungjae kembali ke East Lake Golf Club dan memulai ajang pamungkas TOUR Championship ini dengan membukukan 2-under 68. Untuk sementara ia pun berada di peringkat ke-6 bersama Xander Schauffele, Brian Todd, dan Webb Simpson.

Im sempat tampil dengan sangat baik di sembilan hole pertamanya. Setelah memulai upayanya menjuarai FedExCup dengan birdie di hole pertama, ia kembali mencatatkan birdie di hole 3 dan 6 untuk memastikan mengantongi 3-under.

Pegolf Korea yang kini berperingkat 27 dunia ini sepertinya bakal memperoleh skor yang sangat meyakinkan ketika kembali mencatatkan birdie di hole 12. Putt birdie yang ia bukukan dari jarak 9 meter ini menjadi putt birdie terjauh yang ia torehkan pada putaran pertama.

Sayangnya, skor 4-under tersebut harus ternodai oleh dua bogey yang ia peroleh di tiga hole terakhirnya. Setelah bogey di hole 16, ia terpaksa melakukan tiga putt di hole 18.

Dengan tambahan 2-under pada hari pertama, total Im kini mencatatkan skor 6-under setelah memulai TOUR Championship dari peringkat 9. Ia terpaut 7 stroke dari duo pimpinan klasemen sementara, Dustin Johnson dan Jon Rahm.

 

 

Sistem yang diterapkan untuk TOUR Championship kali ini memberi bekal skor yang sangat besar bagi pegolf yang berada di peringkat teratas klasemen FedExCup. Peringkat pertama memulai dengan 10-under, sedang peringkat kedua mulai dengan 8-under, dan peringkat ketiga dengan 7-under. Adapun peringkat keempat memulai dengan 6-under, dan peringkat lima memulai dengan 5-under. Sementara peringkat 6-10 akan memulai dengan 4-under.

”Secara keseluruhan saya cukup senang dengan hasil pada putaran pertama ini. Saya langsung panas di sembilan hole pertama, tapi kecewa juga rasanya harus finis dengan dua bogey di beberapa hole terakhir. Saya masih punya peluang, jadi saya akan main semaksimal mungkin dalam tiga hari terakhir,” ujar Im.

”Green-nya agak lebih lembek kali ini. Saya ingat tahun lalu harus main lebih susah lagi karena green-nya keras. Tapi dengan begini akan lebih mudah lagi untuk memukul bola ke green pada pukulan kedua saya. Kalau bisa terus main seperti ini, saya yakin bisa mendapat skor yang bagus dalam tiga hari berikutnya.”

Sementara itu, Hideki Matsuyama juga menjadi pegolf Asia lain yang tampil pada TOUR Championship. Memulai turnamen ini dari peringkat 10 FedExCup, Matsuyama harus puas membukukan dua birdie dan dua bogey untuk bermain even par. Dengan demikian, ia kini menghuni peringkat T14 bersama tiga pemain lainnya.

Dari puncak klasemen, Johnson dan Rahm, dua pemain yang harus berduel untuk memastikan gelar BMW Championship pekan lalu, menempati peringkat teratas sementara. Johnson menorehkan skor 3-under sementara Rahm membukukan skor 5-under.

Namun, skor terendah pada putaran pertama dibukukan oleh Rory McIlroy, yang baru saja menjadi seorang ayah, dan Abraham Ancer. Keduanya sama-sama menorehkan skor 6-under 64. Dengan skor 9-under, McIlroy kini menempati peringkat 4, sedangkan Ancer di posisi ke-5 dengan 7-under.