Trevor Simsby kembali berpeluang meraih gelar pertama di Asia, Elki Kow menorehkan skor terbaik di antara tujuh pegolf Indonesia.

Beberapa kali nyaris mencapai kemenangan pertama sejak menjalani tahun pertama berkompetisi di Asia, Trevor Simsby kembali berpeluang mewujudkan impian tersebut. Pada akhir putaran ketiga ajang Combiphar Players Championship yang memperebutkan total hadiah senilai US$100.000 ini, pegolf Amerika berusia 26 tahun ini kembali mempertahankan posisi teratasnya setelah bermain dengan skor 2-under 70. Skor total 8-under 208 miliknya memberinya keunggulan dua stroke ketika ia memulai putaran final hari ini.

Bermain di lapangan yang baru seperti Parahyangan Golf dengan angin yang berembus kencang jelas menuntut kesabaran ekstra bagi para pemain. Hal ini turut diakui oleh pemain yang sempat memegang keanggotaan pada Korn Ferry Tour ini.

“Bermain dengan kondisi angin yang rumit seperti di sini benar-benar menuntut kesabaran untuk melakukan approach. Saya sendiri menargetkan untuk memukul bola sedekat mungkin di setiap hole par lima,” tutur Simsby.

“Saya mengincar banyak birdie di sembilan hole pertama, namun ujian yang lebih sulit sebenarnya ada di sembilan hole terakhir.”

Keunggulan dua stroke jelas belum membuatnya aman. Pegolf Jepang Ryuichi Oiwa masih menjadi pesaing terdekatnya. Adapun Jakraphan Premsirigorn asal Thailand dan Wang Weilun dari China Taipei berbagi tempat ketiga dengan selisih hanya tiga stroke dari Simsby.

“Saya berharap besok (hari ini) kondisinya juga tetap berangin karena kondisi tersebut cocok dengan permainan saya.” – Steve Lewton

Tak banyak pemain yang berhasil main under pada hari ketiga kemarin. Skor terbaik dibukukan oleh pegolf asal Inggris, Steve Lewton. Lewton, yang juga memiliki keanggotaan pada PGA TOUR Series-China, membukukan skor 4-under 68 dan untuk sementara berada di peringkat T7 dengan skor total 215.

“Ini lapangan yang sulit dengan angin sebagai tantangannya. Anda mesti memukul bola sedekat mungkin ke green untuk bisa mendapatkan birdie. Tapi saya berharap besok (hari ini) kondisinya juga tetap sama karena kondisi tersebut cocok dengan permainan saya,” ujar Lewton.

Lewton sendiri berpeluang untuk meraih kartu Asian Tour musim depan. Saat ini ia berada di peringkat 7 Order of Merit Asian Development Tour. Hanya saja ia mesti mempertahankan peringkatnya di tujuh besar untuk menjamin keanggotaannya pada sirkuit profesional papan atas di Asia tersebut.

Pada akhir putaran ketiga kemarin pencapaian terbaik dari kubu tuan rumah dilakukan oleh Elki Kow yang untuk sementara menempati posisi T27. Permainannya pada hari itu juga menjadi yang terbaik di antara tujuh pemain Indonesia yang berhasil lolos cut. Elki menorehkan tiga birdie dan tiga bogey untuk skor even par 72, dan membukukan skor total 5-over 221.

Syukrizal, yang bermain dengan skor total 222 ada di posisi T33, sedangkan Joshua Andrew Wirawan yang sempat berada di jajaran atas hari pertama kini ada di posisi T36 dengan satu stroke di belakang Syukrizal. Adapun Ramadhan Alwie, Jordan Irawan, dan Jamel Ondo ada di posisi T45 dengan catatan 227. Terakhir Benita Kasiadi menempati peringkat T49 dengan skor total 228.

Leave a comment