Hideki Matsuyama menampilkan performa magis untuk menyamai rekor lapangan di Stadium Course TPC Sawgrass dan memimpin pada THE PLAYERS Championship.

Menyamai rekor lapangan Stadium Course TPC Sawgrass dan memimpin pada akhir putaran pertama THE PLAYERS Championship. Bagi Hideki Matsuyama, awal seperti ini menjadi awal yang sempurna. Skor 6-under 63 yang ia bukukan sekaligus menempatkannya ke posisi teratas.

Matsuyama jelas mengawali putaran pertama dengan sangat baik, terutama dalam upayanya menjadi pegolf Asia ketiga yang bisa menjuarai THE PLAYERS Championship. Meskipun baru hari pertama, catatan permainannya itu menunjukkan kapasitas yang selalu diharapkan darinya. Delapan birdie dengan sebuah eagle dan satu bogey seakan menghapus akhir pekan yang mengecewakan ketika ia membukukan 80-77 dan finis T56 pada Arnold Palmer Invitational pekan lalu.

Pegolf berusia 28 tahun ini benar-benar menjadi sorotan utama. Mulai bermain dari hole 10, ia langsung membukukan empat birdie secara berturut-turut sebelum akhirnya mendapat satu-satunya bogey di hole 16 par 5 lantaran bolanya sempat masuk air. Tapi ia kemudian menambah empat birdie lagi sebelum kemudian memperoleh eagle di hole 9 par 5. Pukulan keduanya dengan 3-wood dari jarak 293 yard berhasil mengantarkan bola hingga berjarak 25 kaki, yang kemudian berhasil ia masukkan untuk menyamai rekor lapangan.

“Saya tahu kalau bisa memasukkan putt, membuat eagle di sana, saya bakal menyamai rekor lapangan. Dan saya senang putt itu masuk,” ujar pemegang lima gelar PGA TOUR ini.

Skor 63 ini menjadi yang kesembilan sepanjang sejarah THE PLAYERS, dan yang kelima kalinya pada putaran pertama. Dari empat skor 63 terdahulu, Greg Norman (1994), Martin Kaymer (2014), dan Jason Day (2016) berhasil meraih kemenangan pada akhir pekan. Sementara bagi Matsuyama, inilah pertama kalinya ia memimpin sendirian pada akhir hari pertama. Lima tahun silam, ia sempat menjadi salah satu pimpinan klasemen, lalu finis T17.

 

 

Terlepas dari hasil mengecewakan pekan lalu, Matsuyama telah mencatatkan hasil mengesankan pada musim 2019-2020 ini. Ia sudah empat kali finis di sepuluh besar, termasuk T5 dan T6 pada WGC-Mexico Championship dan The Genesis Invitational.

Dengan sejumlah rekan Tim Internasional, seperti Cameron Smith, Marc Leishman, Adam Scott, dan Im Sungjae meraih kemenangan pada PGA TOUR usai kekalahan dari Tim AS pada President Cup tahun lalu, Matsuyama juga berniat untuk mengakhiri puasa gelarnya dalam tiga tahun ini.

“Sekarang saya lebih yakin pada swing saya. Pekan lalu memang pekan yang berat di Bay Hill, tapi hari ini saya memasukkan beberapa putt dan sepertinya itulah yang membedakan dan melambungkan saya untuk memiliki putaran yang solid,” turut Matsuyama.

Sementara itu, Juara THE PLAYERS 2017 Kim Siwoo juga mengawali THE PLAYERS kali ini dengan solid. Ia membukukan skor 7-under 65 yang bakal memberinya percaya diri untuk mengakhiri serangkaian hasil mengecewakannya dengan hanya sekali lolos cut dari enam turnamen tahun ini.

Kim melakukan chip-in untuk eagle di hole 11 dan membukukan enam birdie lain dengan mendapat satu bogey untuk skor 65 tersebut. Skor ini menjadi skor terendah baginya sejak pertama kali bermain di TPC Sawgrass pada tahun 2016.

 

Kim Siwoo selalu kembali ke Stadium Course TPC Sawgrass dengan membawa kenangan manis sebagai juara termuda THE PLAYERS Championship dalam usia 21 tahun pada tahun 2017. Kini ia membukukan skor terendah dalam kariernya bermain di sana lewat skor 65. Foto: Getty Images.

 

Kim menjadi pegolf termuda yang menjuarai ajang ini dalam usia 21 tahun. Kenangan manis menjadi juara di sini turut memberinya semangat positif untuk memulai hari pertama, yang terbukti dengan eagle di hole keduanya, yaitu di hole 11.

“Setelah menang di sini, saya selalu datang ke sini dengan membawa kenangan yang sangat manis. Selama berada di lapangan, saya merasa sangat nyaman,” ujar pegolf berusia 24 tahun ini.

“Ketika kembali ke sini tahun 2018 lalu, saya membawa rasa percaya diri yang berlimpah dan merasa sangat nyaman di sini, jadi itulah alasan saya selalu berusaha untuk menang, menang, menang, tapi dalam dua tahun terakhir ada banyak tekanan buat saya (finis T63 dan T56). Tahun ini saya ingin fokus pada permainan saya.”

Rekan senegara Kim, Im Sungjae yang kini berada di posisi teratas klasemen FedExCup membukukan skor 69 dan untuk sementara berada di peringkat T22. Bintang asal Thailand Kiradech Aphibarnrat juga menempati peringkat yang sama berkat permainan tanpa bogey pertama dalam penampilannya yang keempat.

Sementara itu, Juara Indonesian Masters 2019 yang juga merupakan pegolf No.1 Asian Tour saat ini Jazz Janewattananond harus mengawali ajang ini dengan skor 76. Ia bahkan harus mendapat triple bogey di hole pertamanya, yaitu hole 10. Meskipun mencatatkan tiga birdie, ia mengakhiri putaran pertama dengan empat bogey.

1 Comments

Comments are closed.