Trevor Immelman siap membangun Tim Internasional untuk Presidents Cup 2021 dengan warisan dari Ernie Els.

Oleh Trevor Immelman

Siapa pun yang besar di Afrika Selatan pasti mengenal nama Ernie Els. Dia seorang legenda, tak hanya di negara kami, tapi juga di seluruh dunia! Saya merasa cukup beruntung bisa menyebut sang legenda itu sebagai teman dekat. Saya juga mengobrol dengannya secara berkala, bahkan sejujurnya, sejak pertama kali bertemu dia ketika masih berusia 6 atau 7 tahun.

Mengingat hal tersebut, bisa mengikuti langkahnya sebagai kapten bagi Tim Internasional pada Presidents Cup tahun depan, jelas menjadi sesuatu yang sangat, sangat spesial buat saya. Ernie telah menjadi teman dan mentor yang luar biasa sepanjang hidup saya dan seseorang yang bisa saya andalkan ketika saya membutuhkan saran dan panduan. Bisa melanjutkan momentum yang ia ciptakan sebagai kapten adalah sesuatu yang saya terima begitu saja. Saya merasa terhormat bisa terpilih.

Meskipun kami tidak dapat memberi kemenangan bagi Ernie di Royal Melbourne tahun lalu, warisan yang ia berikan selama menjadi kapten menjadi sesuatu yang saya harap bisa saya bangun untuk ke depannya. Saya tak sabar untuk terus memberi tambahan pada platform yang telah ia ciptakan bagi kami pada tahun 2019. Dan saya menantikan saat ketika kami bisa berkumpul sebagai satu tim, kami semua akan berusaha untuk mencoba meraih kemenangan pada tahun 2021 di Quail Hollow Club di Charlotte, North Carolina.

Ernie sadar bahwa ia mesti menemukan cara untuk menciptakan keluarga yang dinamis di dalam tim, dan kami rasa selama bertahun-tahun hal itu merupakan sesuatu yang hilang. Ketika tim Anda berasal dari tujuh, delapan, atau sembilan negara dan wilayah berbeda, dengan budaya dan bahasa yang juga berbeda, mengatasi perbedaan tersebut hanya dalam satu pekan jelas menjadi tantangan yang sangat besar.

“Secara kiasan dan harfiah, tugas sebagai Kapten Tim Internasional merupakan tugas yang sangat besar buat saya. Tapi menurut saya kami memiliki rencana yang bagus untuk melangkah ke depan.”

Kami meluangkan banyak waktu dan berusaha mengumpulkan berbagai pemain yang mungkin menjadi bagian dari skuad. Kami berusaha untuk saling mengenal dan merasa nyaman satu dengan yang lain dalam lingkungan tim. Ernie benar-benar berusaha keras untuk membangun kesatuan di dalam grup ini, dan kami belajar banyak melalui proses tersebut. Kami belajar mengenai diri sendiri, mengenai para pemain yang berbeda, dan saya pikir hal tersebut membantu kami.

Itulah sesuatu yang ingin ia ciptakan, tak hanya bagi dirinya sendiri dan tim pada tahun 2019 itu, tapi juga untuk tim-tim berikutnya. Ia merasa tim kami membutuhkan semacam panduan dan sebuah identitas. Dengan menciptakan logo Tim Internasional, identitas tersebut pun lahir.

Kami memiliki ikatan yang luar biasa dalam ruangan tim kami di Australia. Saya yakin semua orang akan melihat dan merasakan hal tersebut. Dan semua itu diterjemahkan di lapangan golf, di mana para pemain kami benar-benar bersaing sebagai satu kesatuan. Bahkan kami nyaris menciptakan salah satu kemenangan terbesar, yang saya pikir mungkin terjadi di dunia olahraga.

Semua itu berkat Ernie. Ketika dia memasui ruangan tim, seluruh tim merasakan aura dan kehadirannya. Kami merasa intensitasnya. Kami merasa emosinya. Kami merasa betapa ingin ia mengubah keadaan dan mendorong tim kami untuk kompetitif. Dan semua itu benar-benar menyatukan pasukan kami. Ketika Ernie berbicara, ia menyampaikan sesuatu yang sangat berdampak. Dia bukan orang yang banyak bicara. Dia lebih suka sedikit di luar sorotan dan membiarkan club-nya yang bicara.

 

Trevor Immelman (kanan) meluangkan waktu berdiskusi dengan Ernie Els untuk melanjutkan platform yang telah dibangun legenda Afrika Selatan tersebut. Foto: Getty Images.

 

Secara kiasan dan harfiah, tugas tersebut merupakan tugas yang sangat besar buat saya. Tapi menurut saya kami memiliki rencana yang bagus untuk melangkah ke depan. Saya akan memanfaatkan semua hal berbeda yang saya dapatkan selama bertahun-tahun ini, dari sudut pandang kepemimpinan, dari berbagai orang sukses di seluruh dunia dan dari berbagai periode. Tapi kami juga akan menikmati semua ini. Kami akan memiliki komunikasi yang sangat baik. Seperti hal-hal lain dalam karier saya, saya bakal memberi perhatian kepada hal-hal yang rinci.

Semua yang Ernie tunjukkan kepada saya sebagai seorang kapten pasti akan memainkan peranan besar dalam persiapan ke depan. Belum lama ini saya mengobrol dengannya tentang hal-hal apa saja yang ingin saya dapatkan, sekadar memberi informasi kepadanya tentang segala sesuatu, sekaligus menegaskan kepadanya bahwa apa yang ia ciptakan bagi tim kami akan menjadi bagian besar dalam budaya tim untuk selanjutnya.

Semua yang ia lakukan bagi kami bakal menjadi titik balik bagi Tim Internasional. Seusai Presidents Cup kami duduk bersama dan mencoba mencari tahu apa saja yang berjalan dengan baik dan apa yang salah; apa yang ingin kami pertahankan dan apa yang perlu kami tingkatkan. Kami memiliki cetak biru yang semoga bisa memberi kemenangan, dan dia akan menjadi bagian dari sukses tersebut, meskipun mungkin suatu saat nanti. Dia akan selalu bersama kami. Dan mungkin sekarang, dengan bantuan dan warisan yang ia tetapkan, kami akhirnya bisa kembali memenangkan Presidents Cup.

 

CATATAN: Aksi-aksi para pegolf dunia PGA TOUR dapat Anda saksikan melalui GOLFTV powered by PGA TOUR.