Sentosa Golf Club telah menebar karpet merahnya kepada seluruh dunia lewat gelaran HSBC Women’s World Championship yang dimulai besok (29/4).

Oleh Calvin Koh

Sentosa Golf Club telah siap menyambut para pegolf wanita terbaik di dunia ketika HSBC Women’s World Championship yang memperebutkan hadiah sebesar US$1,6 juta kembali digelar di Singapura.

Ajang bertabur para pemain bintang ini akan menampilkan enam pegolf dari jajaran 10 besar dunia. Dari total 69 peserta yang bertanding, seluruh pemenang medali Olimpiade Rio 2016 juga ikut hadir. Mereka adalah pegolf Korea Park Inbee (medali emas), pegolf Selandia Baru Lydia Ko (perak), dan pegolf China Feng Shanshan (perunggu).

Pemenang Major dari Amerika Danielle Kang, bersama pemegang lima gelar LPGA Lee Minjee dari Australia juga akan mulai bertanding di lapangan yang baru saja menyabet status World’s Best Golf Club pada World Golf Awards 2019 dan berperingkat 59 pada Top 100 World’s Greatest Golf Courses 2020-2021 dari Golf Digest.

Meskipun dunia masih jauh dari sepenuhnya pulih, Andrew Johnston, General Manager/Director of Agronomy dan Resident Golf Course Designer Sentosa Golf Club merasa yakin klubnya bisa menjadi salah satu pionir dalam menjadi tuan rumah bagi ajang besar olahraga internasional secara aman.

 

Tim Sentosa Golf Club telah berjuang keras mempersiapkan kondisi lapangan terbaik untuk memberi ujian yang layak bagi para pegolf top dunia pada HSBC Women’s World Championship. Foto: Getty Images.

 

”Mungkin inilah kejuaraan tersulit yang pernah saya persiapkan dalam karier saya. Semua orang menyaksikan dan saya berharap turnamen ini akan membantu mengembalikan panggung kejuaraan bagi seluruh Asia, supaya kita bisa kembali menjalankan bagian masing-masing,” ujar Johnston.

”Ini ajang yang unik dengan golf menjadi sesuatu yang sekunder, sedangkan negara menjadi yang utama. Tanggung jawabnya begitu besar dalam banyak hal pada tahun ini. Namun, ajang ini memberi kesempatan bagi kami untuk menunjukkan kepada dunia betapa kami telah melakukan persiapan dengan sangat baik dan bisa kembali memulai pariwisata.”

Langkah-langkah manajemen yang ketat telah diterapkan untuk menjamin HSBC Women’s Worl Championship, yang dianggap sebagai salah satu ajang golf terbesar di Asia, bisa sepenuhnya diselenggarakan dengan aman.

Tidak ada tiket yang dijual kepada publik dan hanya ada 250 tamu korporat yang diperkenankan hadir setiap harinya. Kecuali mereka telah sepenuhnya menjalani vaksinasi, para tamu diwajibkan untuk menjalani Antigen Rapid Test (ART) sebelum tiba di klub ini.

 

Sentosa Golf Club tahun ini hanya akan menerima maksimal 250 tamu korporat dan menerapkan protokol yang ketat selama penyelenggaraan HSBC Women’s World Championship. Foto: Getty Images.

 

Sebagian besar peserta tiba di Singapura pada hari Senin (26/4) kemarin dari Amerika Serikat, setelah bertanding pada Los Angeles Open akhir pekan lalu. Penerbangan selama 17 jam yang mereka tempuh kemudian disambung dengan 12-14 jam karantina di kamar hotel, sembari mereka menunggu konfirmasi negatif dari hasil PCR (plymerase chain reaction) COVID-19 masing-masing.

Pergerakan para pemain dibatasi dengan ketat antara hotel dan Sentosa Golf Club.

Pada turnamen ini, seluruh staf, panitia, dan tamu harus sepenuhnya menjaga jarak dan diwajibkan senantiasa mengenakan masker, kecuali saat hendak makan, minum, atau melakukan aktivitas-aktivitas berat. Suhu tubuh mereka juga wajib diukur dan menyediakan informasi yang detail untuk pelacakan kontak sebelum memasuki clubhouse.

Ketika ditanya apa yang akan memberikan kepuasan terbesar baginya pada hari Minggu nanti, Johnston yang merupakan orang Amerika ini menjawab, ”Saya menginginkan turnamen yang berjalan dengan sukses tanpa satu pun kasus COVID-19 dan mendapati seorang juara yang layak untuk mengangkat trofi. Semua jaringan televisi dunia akan menayangkan turnamen ini dan menunjukkan Singapura ke seluruh dunia. Bagi saya, itulah sukses pada hari Minggu nanti.

”Bagi para pemain, saya ingin memastikan kondisi bermain yang luar biasa, layanan kami kepada mereka kelas ssatu, dan ketika meninggalkan lokasi ini, mereka akan pulang dan merasa bahwa mereka benar-benar merasa puas bisa kembali ke Singapura.”

HSBC Women’s World Championship akan mulai berlangsung pada hari Kamis (29/4) besok.

 

Tentang Calvin Koh
Selama bertahun-tahun Calvin berkarier secara profesional di bidang komunikasi dengan lebih dari satu dekade pengalaman media di industri olahraga. Sepanjang kariernya itu, ia juga telah bertugas pada berbagai turnamen golf profesional dan kejuaraan Major.