Sebanyak 112 peserta meramaikan 7th Pondok Indah Senior Amateur Open Golf Tournament.

Pondok Indah Senior Amateur Open Golf Tournament menjadi salah satu kegiatan olahraga yang menjadi korban COVID-19 ketika pandemi ini menghantam Indonesia. Namun, sekitar enam bulan setelah pandemi memaksa hampir seluruh kegiatan olahraga prestasi dihentikan, turnamen terbuka yang ditujukan bagi para pegolf berusia 50 tahun ke atas ini menjadi turnamen resmi pertama yang bisa dilangsungkan kembali.

”Sekitar bulan Juli lalu, kami meminta izin ke Dinas Pariwisata DKI Jakarta untuk mengadakan turnamen yang sempat tertunda penyelenggaraannya ini,” tutur Ketua Panitia Pondok Indah Senior Amateur Open Golf Tournament Herry Winarno. ”Akhirnya, kami mendapatkan izin dengan beberapa batasan. Salah satunya, jumlah peserta yang boleh bertanding hanya sebanyak 120 peserta.”

Selain batasan peserta, langkah-langkah yang memastikan keselamatan dan kesehatan peserta dan seluruh pihak yang berbagian dalam kegiatan ini juga harus dipastikan berjalan, mengingat kelompok usia senior cenderung lebih rentan terhadap COVID-19. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, penataan antrian untuk registrasi ulang, sampai pada penerapan pemisah pada golf cart, dan penempatan anjungan wadah pencucian tangan dan sabun menjadi pemandangan yang terlihat sepanjang pelaksanaan kegiatan ini.

Meskipun jumlah peserta dibatasi, dan akhirnya hanya tercatat sebanyak 112 peserta, para pegolf senior dari daerah juga masih cukup terwakilkan, meskipun beberapa daerah hanya diwakili oleh segelintir pegolf. Herry memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peserta yang berasal dari luar Jakarta karena tetap berkomitmen untuk bertanding.

 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Zainuddin Amali, S.E., M.Si. menyempatkan hadir untuk ikut melakukan pembukaan turnamen. Foto: GolfinStyle.

 

”Kami sangat mengapresiasi partisipasi peserta, terutama yang berasal dari luar Jakarta, mengingat upaya yang dilakukan untuk datang ke sini sangat besar. Dalam kondisi yang normal, ke Jakarta tentunya sudah biasa bagi mereka, tapi ini kondisi yang sangat istimewa. Jadi, saya sangat mengapresiasi kehadiran mereka,” jelas Herry.

Konsistensi penyelenggaraan turnamen senior sejak tahun 2012 turut menjadi kunci penting dalam mendapatkan komitmen dengan sponsor. Herry menjelaskan pihaknya telah mendapatkan konfirmasi sejak sebelum turnamen terpaksa diundur.

”Mereka melihat, kegiatan ini adalah kegiatan yang konsisten dilakukan setiap tahun. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-7, dan tahun depan tentu kami akan kembali mengadakannya,” jelas Herry.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Zainuddin Amali, S.E., M.Si., pun sengaja menyempatkan hadir untuk melakukan pukulan peresmian bersama sejumlah pengurus dan panitia.

Pondok Indah Senior Amateur Open Golf Tournament ini mempertandingkan nomor individu yang terbagi atas lima flight untuk memperebutkan gelar Best Nett Overall dan Best Gross Overall. Selain itu, nomor beregu juga turut dipertandingkan untuk menentukan Best Nett Team dan Best Gross Team. Ajang ini dimainkan dalam dua putaran (31 Agustus-1 September).