Lima pemain membukukan skor 4-under 67 dan bersaing sengit di puncak klasemen setelah putaran pertama Royal Cup dimainkan hari ini di Phoenix Gold Golf and Country Club, Pattaya, Thailand.

Untuk menggambarkan persaingan yang sengit, sebanyak 27 pegolf lainnya hanya berjarak 3 stroke dari para penghuni peringkat teratas pada turnamen yang memperebutkan total hadiah sebesar USS$500.000 ini.

Pegolf asal India yang baru saja melapas status lajangnya, Gaganjeet Bhullar, menikmati putaran tanpa bogey. Ia mencatatkan birdie di hole 6, 7, 10, dan 11. Meskipun ia sama sekali tak sempat melakukan putaran latihan, Bhullar berhasil beradaptasi dengan set-up lapangan dan menjadi salah satu penghuni puncak klasemen.

”Tahun lalu saya bermain di sini, jadi saya punya sedikit gambaran mengenai lapangan ini. Tapi saya butuh beberapa hole agar terbiasa dengan kecepatan green dan slope-nya,” ujar Bhullar.

Adapun pegolf tuan rumah, Jazz Janewattananond mengalami situasi serupa dengan Bhullar dan mencatatkan hasil serupa. Hanya saja, tak seperti Bhullar yang bermain tanpa bogey, Jazz mencatatkan lima birdie dengan satu bogey untuk menorehkan skor yang sama.

”Saya gembira dengan skor putaran pertama saya. Tak banyak watku untuk berlatih dan mempersiapkan diri untuk turnamen ini karena saya baru terbang semalam. Lapangan ini cukup basah karena hujan, tapi rencana saya masih memukul ke fairway dan green untuk memberi peluang birdie,” ujar Jazz sambil menegaskan bahwa ia akan tetap memainkan strategi ini pada putaran kedua.

Pegolf India lainnya, Shiv Kapur yang berniat untuk mencatatkan kemenangan ketiganya tahun ini—setelah menjuarai Yeangder Heritage di China Taipei dan Panasonic Open India di negerinya sendiri—sempat mendapat birdie di hole 12, namun justru kena bogey di hole 14, yang merupakan hole kelimanya pada putaran pertama. Kapur, yang baru saja menyambut kelahiran putri pertamanya, kemudian mencatatkan empat birdie dalam dalam tujuh hole berikutnya sebelum akhirnya menutup putaran dengan par dan bergabung di puncak klasemen.

Juara Indonesia Open 2017 Panuphol Pittayarat dari Thailand sempat membukukan skor 31 pada sembilan hole pertamanya berkat dua birdie dan sebuah eagle. Tampaknya ia bakal menjadi kekuatan paling dominan pada putaran pertama. Sayang, di sembilan hole berikutnya, ia gagal menampilkan performa serupa dan mendapat bogey di hole 18.

Pegolf Thailand lainnya, Raththee Sirithanakunsak juga menyamai perolah skor 67 untuk menjadi pegolf kelima yang ada di puncak klasemen turnamen spesial ini. Ia mencatatkan dua eagle di hole 6 dan 16. Putarannya nyaris sempurna kalau saja tidak mendapat bogey di hole 2, 7, dan 17.

Royal Cup merupakan ajang khusus yang diikuti 78 pemain dan tidak memiliki cut-off. Pemenangnya akan secara otomatis mendapatkan kartu Asian Tour untuk musim 2018.